Friday, December 26, 2008

Cernak, 28 Desember 2008


Terompet Tahun Baru

Oleh Benny Rhamdani

Sore yang basah. Gerimis turun sejak pagi. Jamal yang sedang libur ikut dengan beberapa temannya menjajakan jasa ojek payung di mal.

“Hujannya tanggung nih. Jadi nggak semua orang mau nyewa payung,” keluh Usman.

“Iya, mestinya lebih gede lagi,” tambah Rizal.

Jamal terdiam. Dia tak sepenuhnya sependapat. Hujan memang bias jadi mendatangkan rezeki buat dirinya dan teman-temannya. Tapi Buat beberapa orang, hujan bisa berarti surut rezeki. Termasuk bagi Bapaknya.

“Aku pulang dulu ya. Udah sore. Aku belum shalat ashar,” pamit jamal.

“Rajin benar kamu, Mal. Nanti aja dekat-dekat magrib. Sebentar lagi pasti rame,” sela Usman.

“Wah, nanti malah kebablasan.” Jamal langsung berlari meninggalkan teman-teman. Dia sudah merasa cukup dengan uang yang diperolehnya.

Tiba di rumah dia melihat ibu dan adiknya berada di ruang tengah. Di dekat mereka bergeletakan kertas karton dan kertas warna-warni. Juga lem dan gunting. Tak jaug dari Ibu, tersusun ebberapa terompet aneka bentuk. Terompet untuk menyambut tahun baru.

“Wah, sudah banyak ya?” Jalal memerhatikan susunan terompet yang sudah jadi.

“Ya, sudah banyak. Kalau tidak hujan, mestinya sudah terjual banyak,” jawab Ibu.

“Bapak jualan di mana?” tanya Jamal.

“Dekat Masjid Agung. Tapi masih dijinjing. Bapak belum dapat tempat yang bagus buat jualan tetap. Tempat yang tahun lalu sudah ditempati orang lain,” jawab Ibu.

“Jamal mandi dan shalat dulu ya!” pamit Jamal.

Lima belas menit kemudian Jamal kembali ke ruang tengah. Dia menyarhkan seluruh uang yang didapatnya hasil mengojek payung tadi.

“Wah, banyak juga uang yang kamu dapat. Alhamadulillah,” kata Ibu.

“Iya, Bu. Bisa buat modal bikin terompet lagi,” usul Jamal.

“Kalau hujan melulu, mendingan uangnya buat yang lain. Terompet yang sudah jadi sudah banyak. Yang terjual hanya sedikit. Nanti malah menumpuk yang tidak terjual,” kata Ibu.

“Kalau begitu buat modal yang lain saja,” timpal Jamal.

Ibu mengangguk.

“Kalau terompetnya sudah banyak. Nisha boleh nggak ngojek payung kayak Kak Jamal?” tanya Nisha.

“Ya, jangan. Nisha kan masih kecil,” cegah Ibu.

“Tidak apa-apa, Bu. Biar duit kita banyak. Nah, nanti di malam tahun baru Bapak dan Ibu nggak usah dagang terompet. Kita sama-sama ke pusat kota merayakan tahun baru melihat kembang api,” kata Nisha.

“Kalau dapat duit banyak. Kalau Nisha malah sakit gimana? Nanti malah harus keluar banyak uang untuk berobat Nisha,” kata Ibu.

“Oh iya ya,” ucap Nisha. “Nisha jadi ingat dulu waktu kecil sekali. Kita jalan-jalan di malam tahun baru….”

Ibu menghela nafas. Air mata Ibu menitik.

Tiga tahun lalu, kondisi keluarga mereka memang cukup berada. Tinggal di rumah yang bagus dengan halaman luas. Tapi kemudian Bapak ditipu seorang temannya. Bapak juga dituduh melakukan perbuatan criminal. Kondisi keluartga jadi kacau. Semua benda berharga di sita, sebagian lagi dijual untuk membayar pengacara mahal agar Bapak tak dipenjara.

Setelah itu mereka harus pndah rumah. Mengontrak rumah di sebuah gang kecil. Berbagai usaha dicoba Bapak, tapi tak berjalan baik.

“Bu, sudahlah jangan menangis,” bisik Jamal sambil menyeka air mata Ibu.

“Maafkan Nisha ya, Bu,” kata Nisha kemudian.

Ibu mengangguk. Bersamaan dengan itu pintu dibuka. Bapak masuk ke rumah kebasahan. Mukanya tampak senang.

“Bapak mau memberi kabar gembira,” kata Bapak langsung. “Tadi Bapak ketemu teman Bapak dulu. Dia kaget melihat bapak jualan terompet. Akhirnya dia malah memesan seratus terompet untuk pesta tahun baru di perusahaannya. Nah, terompet yang Bapak bawa tadi diborongnya utuk keluarganya.”

“Alhamdulillah,” ucap Ibu.

“Wah, uang kita banyak ya nanti! Kalau begitu kita tinggal buat saja seratuis terompet. Bapak tidak usah cape menjualnya di sisi jalan. Kak jamal juga jangan ngojek payung melulu. Nah, nanti malam tahun baru kita jalan sama-sama,” kata Nisha.

“Ya, kita lihat pesta kembang api,” tambah Jamal.

Ayah dan Ibu mengangguk. Mereka berangkulan, bersyukur bersama.

Thursday, December 25, 2008

Hore, 28 Desember 2008

Melihat Perayaan Tahun baru di Jepang


Hai, tak lama lagi kita akan menginjak tahun baru 2009. Apa yang kalian siapkan menghadapi tahun baru kali ini? Hm, bagaimana kalau kita terbang ke Jepang untuk mengintip cara mereka merayakan tahun baru?


Tahun baru di Jepang dirayakan tanggal 1 Januari dan berlangsung hingga tanggal 3 Januari. Tanggal 1 Januari disebut Ganjitsu, sedangkan pagi hari 1 Januari disebut Gantan (pagi pertama). Perayaan tahun baru berlangsung selama tiga hari yang disebut Sanganichi. Kegiatan menyambut tahun baru sudah dimulai sejak dua atau tiga minggu sebelum pergantian tahun.



Makan Osechi

Osechi adalah sebutan untuk masakan istimewa yang dimakan di tahun baru. Sup zōni dari kuah dashi yang berisi mochi dan sayur-sayuran merupakan salah satu masakan osechi. Berbagai macam lauk masakan osechi dimasak berhari-hari sebelumnya dan diatur di dalam kotak kayu bersusun yang disebut Jūbako. Toko swalayan besar sejak beberapa minggu sebelum tahun baru juga sudah membuka pemesanan osechi.

Lauk pada masakan osechi biasanya sangat manis atau asin, seperti: kuromame, tatsukuri (gomame), kombumaki, kamaboko, kurikinton, kazunoko, dan datemaki. Makanan tahun baru diharapkan bisa tahan lama, karena tahun baru merupakan kesempatan libur memasak bagi ibu rumah tangga di Jepang.


Ikan yang dimasak berbeda menurut daerahnya, di Jepang bagian timur digunakan ikan salem sedangkan di Jepang bagian barat digunakan ikan sunglir (buri). Beberapa daerah juga memiliki masakan khas yang tidak bisa dinikmati di tempat lain. Daerah Kansai memiliki masakan khas berupa ikan cod kering (bōdara) yang dimasak dengan gula pasir dan shōyu.


Penutupan perayaan tahun baru ditandai dengan memakan bubur nanakusa yang dimasak dengan 7 jenis sayuran dan rumput. Bubur ini dimakan tanggal 7 atau 15 Januari agar perut bisa beristirahat setelah dipenuhi makanan tahun baru.



Mochi


Acara menumbuk mochi (mochitsuki) merupakan salah satu tradisi menjelang tahun baru. Beras ketan yang sudah ditanak dimasukkan ke dalam lesung dan ditumbuk dengan alu. Satu orang bertugas menumbuk, sedangkan seorang lagi bertugas membolak-balik beras ketan dengan tangan yang sudah dibasahi air. Beras ketan ditumbuk hingga lengket dan membentuk gumpalan besar mochi berwarna putih.



Selain dimakan sebagai pengganti nasi selama tahun baru, mochi juga dibuat hiasan tahun baru yang disebut Kagami mochi. Secara tradisional, kagami mochi dibuat dengan cara menyusun dua buah mochi berukuran bundar, ditambah sebuah jeruk di atasnya sebagai hiasan.


Kartu pos tahun baru


Orang Jepang mempunyai tradisi berkiriman kartu pos Nengajō yang tiba persis tanggal 1 Januari. Kartu pos ucapan tahun baru dijamin sampai ke alamat yang dituju pada tanggal 1 Januari, asalkan dikirim tidak melewati jangka waktu penerimaan yang ditetapkan kantor pos. Penerimaan kartu pos biasanya dimulai pertengahan Desember hingga beberapa hari terakhir sebelum penutupan tahun. Kantor pos membutuhkan pegawai ekstra yang direkrut dari kalangan pelajar, agar semua kartu pos bisa disampaikan tanggal 1 Januari.


Sebagai penghormatan terhadap orang yang meninggal, anggota keluarga yang baru ditinggalkan tidak merayakan tahun baru dan tidak mengirim kartu pos tahun baru. Sebagai gantinya, anggota keluarga yang baru ditimpa musibah mengirim kartu pos berisi pemberitahuan tidak bisa mengirim kartu pos ucapan tahun baru.


Setiap tahunnya, Kantor Pos Jepang memiliki tradisi mencetak kartu pos dengan tema yang berbeda-beda. Kartu pos dihiasi dengan lukisan tempat terkenal di Jepang dan gambar binatang zodiak Tiongkok untuk tahun yang baru. Kartu pos tahun baru yang diterbitkan kantor pos juga memiliki nomor undian yang diundi di awal tahun. Penerima kartu pos yang beruntung bisa memenangkan berbagai hadiah berupa barang. Selain di kantor pos, kartu pos ucapan tahun baru juga bisa dibeli di berbagai tempat. Kartu pos yang dijual di toko buku memiliki pilihan gambar yang lebih banyak, tapi sering masih perlu ditempeli prangko.


Kartu pos ucapan tahun baru bisa ditulisi sendiri dengan berbagai pesan dan ucapan. Gambar binatang atau kalimat ucapan standar bisa ditambahkan dengan menggunakan stempel karet beraneka warna yang dijual di toko buku atau stempel yang disediakan di kantor pos. Kartu pos ucapan tahun baru sering digunakan untuk memamerkan kemampuan menulis indah bagi

pengirim yang pandai menulis kaligrafi. Pemilik komputer pribadi bisa menggunakan perangkat lunak khusus untuk mencetak kartu pos. Bagi orang yang memiliki banyak kenalan dan relasi, kartu pos biasanya sudah ditulisi sejak awal bulan Desember.


Amplop

Orang Jepang mempunyai tradisi memberikan angpao yang dikenal dengan sebutan Otoshidama. Sewaktu memberikan otoshidama untuk anak-anak, sejumlah uang kertas yang masih baru atau uang logam dimasukkan ke amplop kecil bernama pochibukuro (otoshidama-bukuro) yang berhiaskan aneka gambar kesukaan anak-anak. Otoshidama sangat ditunggu-tunggu anak-anak di Jepang, terutama bila memiliki paman atau bibi yang murah hati.


Permainan


Perayaan tahun baru juga dimeriahkan dengan menulis aksara kanji pertama untuk tahun tersebut. Tradisi menulis aksara kanji yang dilakukan tanggal 2 Januari disebut kakizome (kaligrafi pertama).


Tahun baru juga dirayakan dengan berbagai permainan, seperti: permainan fukuwarai (meletakkan gambar bagian-bagian wajah, seperti hidung, alis mata, dan mulut pada tempat yang tepat dengan mata tertutup), hanetsuki (bulutangkis tradisional), menaikkan layang-layang (takoage), gasing (koma), bermain dadu (sugoroku), dan permainan memungut kartu yang disebut karuta.


Wah, seru ya! Hebatnya perayaan tahun baru di Jepang didukung oleh pemerintah. Mereka juga tidak hanya membuat perayaan tahun baru untuk orang dewasa, melainkan banyak acara untuk anak-anak. Hm, bagaimana kalau di tempat kalian?


(ben)

Friday, December 19, 2008

Cernak, 21 Desember 2008


Hadiah di Hari Ibu

Oleh Benny Rhamdani

“Kalian sudah menyiapkan hadiah Hari Ibu?” tanya Resti.


“Aku sih sudah. Renacananya, aku bersama kakakku dan ayahku akan membuat kejuatan di pagi hari. Kami akan mengerjakan semua pekerjaan rumah yang biasa dikerjakan Ibu, lalu membuatkan Ibu kue keju kesukaanj Ibu,” ucap Wita.


“Kalau aku sudah membelikan kado khusus untuk ibuku. Dompet kulit cantik. Uangnya sih minta sama ayahku. Oh iya, malamnya kami akan malam di luar rumah. Biar Ibu tidak repot memasak untuk kami,” tambah Anna.


“Aku dan ayahku juga sudah menyiapkan hadiah khusus. Gaun cantik untuk ibuku. Lalu, malamnya kami akan nonton bersama film kesukaan ibuku. Keren, kan?” papar Nisha.


Dea terdiam. Dia bingung mau ngomong apa.


“Kamu gimana?” tanya Wita ke arah Dea.


“Terus terang, aku tidak biasa merayakan Hari Ibu,” jawab Dea.


“Duuuh, kamu ini kok tega sih nggak merayakan Hari Ibu? Ibu itu kan orang yang paling menyayangi kita. Ya, coba dong diberui hadiah khusus di Hari Ibu,” serobot Anna.


“Memangnya ayahmu tidak mengajakmu merencanakan sesuatu di Hari Ibu?” tanya Resti yang berencana ke luar kota bersama ayah dan ibunya merayakan Hari Ibu.


Dea menggeleng.


“Ya, selagi masih ada waktu menyiapkannya. Coba kamu tanyakan sama ayahmu,” saran Wita.


“Baiklah. Nanti aku tanyakan,” jawab Dea.


Sepulang sekolah., Dea tak sabar menunggu Ayah pulang kerja. Tapi sepertinya Ayah baru akan pulang tengah malam nanti karena ada pekerjaan lembuir di kantornya. Dea pun lupa menanyakan keesokan harinya. Akhirnya, Dea benar-benar lupa dengan niatnya merencanakan Hari Ibu dengan Ayah.


Sehari sebelum Hari ibu, malamnya Dea baru teringat. Ia berusaha bicara dengan ayahnya di kamar ketika Ibu sedang di ruang tengah.


“Ayah, besok kita kasih hadiah apa untuk Ibu?” tanya Dea.


“Lho, besok kan bukan ulangtahu Ibu,” kata Ayah.


“Iya sih. Tapi besok itu Hari Ibu. Teman-teman Dea member hadiah untuk ibu emreka di Hari ibu.”


“O ya? Wah, ayah kok nggak kepikiran ya. Lagipula ini sudah malam. Tidak mungkin kita membeli hadiah sekarang,” kata Ayah.


Dea kecewa.


“Percayalah, Ibu bukan jenis orang yang akan sedih jika kita tidak memberi hadiah di Hari Ibu. Ibu pasti akan mengerti kita,” kata Ayah sambil memeluk Dea.


Dea terdiam. Begitu Ayah meninggalkan kamarnya, Dea berpikir kerasa untuk tetap memberi kado buat Ibu. Akhirnya Dea menuju ke gudang, mencari sesuatu yang dapat dijadikan hadiah di Hari Ibu.


Sampai tengah malam Dea mengerjakannya. Di tengah mengerjakannya, Dea teringat saat-saat bahagia dengan ibunya.


Keesokan hari, ketika Ibu bangun terkejut. Ibu melihat sepucuk surat tertempel di kaca lemari riasnya. Buru-buru Ibu membaca isinya.


“Selamat hari Ibu. Ada kado kecil buat Ibu di dekat kaca. Saat mengerjakannya, Dea terus berdoa untuk kebahagiaan Ibu.”


Ibu menemukan kado yang dimaksud. Ternyata sebuah saputangan yang disulam oleh dea. Sulamannya berbentuk bunga matahari. Ya, Dea tahu bunga matahari adalah kesukaan Ibu.


Ibu menangis bahagia menerimanya. Buru-buru Ibu menemui Dea yang masih tertidur karena keletihan semalam. Ibu mengecup kening Dea.


“Terimakasih, anakku. Ibu senang dengan hadiah darimu. Ibu senang dengan doamu …” bisik Ibu pelan takut membangunkan Dea.



^-^


Hore, 21 Desember 2008



Hari Ibu Juga Ada di Negara Lain!

Coba tebak, 22 Desember hari apa? Ya, Hari Ibu! Masyarakat Indonesia biasanya merayakan Hari Ibu setiap tanggal tersebut. Di berbagai Negara juga merayakan Hari Ibu lho. Tapi waktunya tidak sama dengan di Negara kita.

Jika di Indonesia, Hari Ibu diperingati tanggal 22 Desember, di Amerika jatuh pada minggu kedua bulan Mei. Sekitar sebulan sebelumnya, hampir semua iklan baik di radio, televisi maupun media cetak mengingatkan datangnya Hari Ibu.

Berbicara mengenai makna Hari Ibu, tertulis dalam sejarah yang berawal dari peringatan musim semi bagi masyarakat Yunani kuno untuk menghormati Rhea, ibunda para dewa.

Setelah itu, pada abad ke-16, bangsa Inggris memperingati hari yang mereka sebut “Mothering Sunday”, untuk menghormati para ibu. Pada masa itu, banyak kaum miskin di Inggris bekerja sebagai pelayan dan pembantu rumah tangga bagi orang-orang kaya. Sebagian besar bekerja jauh dari tempat tinggalnya, jadi para pelayan itu tinggal di rumah majikannya.

Pada hari Mothering Sunday itu, para pelayan tadi diperkenankan untuk berlibur dan dihimbau untuk pulang ke rumahnya masing-masing dan meluangkan waktu bersama ibu mereka. Sebuah kue khusus sering disajikan dalam peringatan ini sebagai tanda penghargaan bagi para ibu.


Kemudian, ketika agama Kristen tersebar di seluruh Eropa, peringatan hari ibu berubah dengan menghormati Mother Church, yang dianggap sebagai sumber kehidupan yang melindungi mereka dari kelaliman. Maka, festival di gereja setelah itu bercampur dengan peringatan Mothering Sunday, dan sejak itu masyarakat menghormati ibu mereka sama halnya dengan menghormati gereja.


Peringatan Hari Ibu di Amerika pertama kali diusulkan pada tahun 1872 oleh Julia Ward Howe, penulis lirik lagu “The Battle Hymn of the Republic” yang ditujukan untuk kedamaian. Tiap tahun, Howe mengurus pertemuan Hari Ibu di Boston, Massachusetts.

Pada 1907, Ana Jarvis asal Philadelphia, mulai mengkampanyekan agar Hari Ibu diakui secara resmi. Jarvis berupaya membujuk seorang ibu di gereja di West Virginia untuk memperingati dua tahun kematian ibunya, pada minggu kedua bulan Mei. Tahun berikutnya, Hari Ibu juga diperingati di Philadelphia pada minggu dan bulan yang sama.


Jarvis dan para pendukungnya mulai menulis surat kepada menteri-menteri, pengusaha dan politisi untuk meminta pengesahan Hari Ibu nasional. Pada tahun 1911, usahanya berhasil dan sejak itu, Hari Ibu diperingati di hampir seluruh negara bagian Amerika. Presiden Woodraw Wilson pada tahun 1914 mengumumkan secara resmi Hari Ibu sebagai hari libur nasional yang diperingati tiap minggu kedua bulan Mei.


Banyak negara lain juga memperingati Hari Ibu pada hari yang berbeda, namun negara-negara seperti Denmark, Finlandia, Belgia, Itali, Australia, dan Turki merayakannya pada hari yang sama dengan Amerika.


Pada Hari Ibu, banyak warga Amerika mengajak ibu dan atau isteri mereka makan siang atau makan malam bersama. Sebagian besar rumah makan dipenuhi oleh mereka yang enggan masak di rumah. Bagi mereka yang suka masak dan tinggal di rumah saja, mereka memasak untuk ibu atau isteri mereka hari itu. Memanjakan dan menghormati kaum perempuan pada umumnya, dan ibu pada khususnya sebagai suatu balas jasa mereka yang bekerja keras tiap hari untuk keluarga, suami dan anak-anaknya.


Nah, lain di Amerika, lain pula di Indonesia ya. Kalian juga dapat merayakannya dengan berbagai cara. Intinya sih, kalin bias mengungkapkan cinta kasih kalian kepada Ibu secara istimewa. Biar bagaimanapun Ibu adalah orang yang sudah semstinya paling kita hormati. Setuju, kan?


(ben)

Saturday, December 13, 2008

Cernak, 14 Desember 2008


Menunda


Oleh Benny Rhamdani


Suka menunda pekerjaan yang semestinya segera dilakukan? Hehehe, sama dong dengan Indra. Lihat saja kamarnya yang berantakan. Padahal, Ibu sudah jauh-jauh hari meminta merapikan kamarnya.


“Nanti ya, Bu. Indra lagi banyak pe-er nih,” begitu alasan Indra.


Pe-er itu sendiri sebenarnya menjadi banyak karena Indra mengerjakannya saat hari pengumpulan hampir tiba. Misalnya, tugas matematika yang diberikan minggu lalu, baru dikerjakan hari ini karena besok harus dikumpulkan. Sementara tugas pelajaran lainnya yang diberikan tiga hari lalu dan dua hari lalu ada juga yang harus dikumpulkan besok. Akhirnya, semua menumpuk.


“Bu, lihat jangka dan busur derajat punya Indra nggak?” tanya Indra keluar kamar menemui Ibu.


“Lho, benda-benda itu kan punya Indra. Ibu nggak berani pakai. Lagipula buat apa?” Ibu balik bertanya.


“Ya, barangkali Ibu melihatnya. Solanya, di tas Indra nggak ada,” ucap Indra.


“Coba dicari di kamar dulu,” kata ibu.


Indra balik ke kamar. Dia langsung malas melihat kamarnya yang berantakan. Cari di mana ya? Pikirnya.


“Sambil dibereskan dulu kamarnya. Siapa tahu nanti ketemu,”saran Ibu yang ikut masuk ke kamar Indra.


Indra pun mulai merapikan kamarnya mulai dari merapikan tumpukan CD gamenya, komik-komik yang bertebaran, kaos-kaos olahraga yang tidak disimpannya ke keranjang cuci, dan masih banyak lagi. Lama juga Indra merapikannya.


“Sebenarnya, kalau Indra rajin merapikan kamar setiap hari, tentu tidak harus lama begini,” kata Ibu yang ikut membantu Indra. Saat memungut kaos kaki kotor dari sudut kamar, Ibu menemukan tempat pensil Indra. Di dalam tempat pensil itulah Indra menyimpan jangka dan busur derajat.


“Wah, ketemu juga. Terima kasih, Bu,” kata Indra. Dia pun bersiap mengerjakan tugas-tugas sekolahnya. Namun karena sejam tadi Indra kecapekan merapikan kamarnya, konsentrasinya buyar. Ia merasa letih.


Tidur-tiduran dulu, ah. Begitu niat Indra sambil berbaring di tempat tidurnya. Tak terasa matanya terpejam, lalu Indra tertidur lelap. Tengah malam Indra terbangun. Dia teringat banyak pe-er yang belum dikerjakan padahal harus dikumpulkan besok.


Buru-buru Indra membuka buku-bukunya. Ia pun berusaha mengusir kantuk. Karena tugas sekolah yang ditumpuknya, Indra baru bisa menyelsaikannya saat subuh. Setelah shalat subuh, Indra kembali tidur.


“Indra! Bangun! Sudah siang lho,” seru Ibu membangunkannya.


Indra bangun dengan mata masih mengantuk. Buru-buru Indra ke kamar mandi lalu melakukan kegiatan rutin lainnya dengan terburu-buru. Indra tiba di gerbang sekolah bersamaan dengan bunyi bel sekolah tanda masuk.Tidak sempat Indra memeriksa lagi pe-ernya, membandingkan dengan teman-temannya.


Pelajaran pertama mestinya matematika. Tapi sampai beberapa menit Pak Juhro belum juga masuk kelas. Ternyata yang datang malah Pak Kepala Sekolah.


“Anak-anak, Pak Juhro tidak mengajar hari ini karena tadi mengalami kecelakaan saat berangkat hendak mengajar. Sekarang kalian kerjakan dulu latihan-latihan soal yang akan bapak berikan. Mohon jangan berisik, karena sampai jam sembilan nanti sebagian guru akan menjenguk Pak Juhro ke rumah sakit,” jelas Pak kepala Sekolah.


“Jika latihan sudah dikerjakan, tapi guru-guru belum kembali dari rumah sakit, kalian silakan ke perpustakaan atau ke aula olahraga. Tapi jangan ada yang keluar sekolah. Sebelumnya, mari sama-sama kita berdoa untuk kesembuhan Pak Juhro. Berdoa mulai ....”


Kelas tak bisa benar-benar tenang ketika kemudian Pak Kepala Sekolah meninggalkan mereka.


“Indra, kamu kok lesu gitu? Yuk, kita kerjakan soal latihan ini buru-buru. Biar bisa main bola di aula nanti!” kata Adi teman sebangku Indra.


“Aku ngantuk ah. Mau tiduran dulu.”


“Lho, kok ngantuk jam segini? Memangnya semalam kamu nggak tidur?”


Indra tidak menjawab. Ia benar-benar mengantuk. Kepalanya terkulai di meja. Huh, kalau saja tidak banyak menunda pekerjaan, Indra tak perlu mengantuk seperti ini. Karena di kelas hanya dia yang tertidur semenit kemudian.

^-^

Thursday, December 11, 2008

Hore, 14 Desember 2008

Asyiknya Bermain di Alam


Pernah mendengar kata outbound? Sudah pasti sering ya. Outbound untuk anak sering diadakan oleh sekolah untuk merangsang si anak jadi lebih kreatif dan berani.

Outbound pada awalnya dulu diadakan bagi orang dewasa dan biasanya di perusahaan. Namun kini, kegiatan outbound bagi anak juga banyak diadakan. Selain juga karena trend, outbound bagi anak memang sangat banyak manfaatnya.


Manfaat Outbond

Ada tipe outbound yang hanya membolehkan anak mengikuti sendiri tanpa orangtuanya untuk nantinya bergabung dengan teman-temannya. Sedangkan jenis yang satu lagi justru ‘mendaulat’ orangtua untuk juga ikut serta dalam kegiatan outbound. Keduanya memiliki tujuan dan manfaat yang sam

a baiknya.

Sangat diharapkan setelah mengikuti outbound anak akan menjadi lebih berani, serta bila orangtua juga ikut serta diharapkan anak akan mendapatkan kembali figur orangtua yang selama ini sempat hilang karena kesibukan bekerja. Ini akan membuat anak lebih komunikatif dan mau terbuka dengan orangtua.


Dari sebuah kegiatan outbound akan bisa didapat beberapa manfaat seperti :

  • Komunikasi membaik. Bila memang outbound tersebut berhasil, kita akan memiliki pola komunikasi yang membaik, entah itu dengan orangtua maupun teman dan lingkungan sekitarnya.

  • Problem solving. Kemampuan kita memecahkan masalah akan dilatih dalam outbound. Contohnya saat si kita dan tim dapat berhasil memecahkan suatu teka-teki untuk mendapatkan poin tambahan. Sebelumnya, kita pasti telah mengerahkan pikiran untuk menganalisa dan mencari jawabannya.

  • Kreativitas. Berbagai macam permainan pun dirancang sedemikian rupa untuk merangsang kreativitas kita.

  • Keberanian. Anak yang semula memiliki rasa takut karena terbiasa dengan orangtua yang over-protective dapat ‘memaksakan’ dirinya untuk jadi lebih berani pada permainan yang menuntut keberanian seperti flying fox ataupun jalan di atas bambu.

DUKUNGAN PENUH


Sebagai anak, tentunya kita harus punya bekal kesiapan mental dan kemandirian. Mungkin saja kita sebenarnya tergolong mandiri, namun belum tentu terbiasa beraktivitas di luar ruangan, terutama dalam situasi dan kondisi seperti outbound.


Ada beberapa teman kita yang karena terlalu dilindungi orangtuanya maka ia tumbuh menjadi ‘anak mami’ yang mudah gentar jika menghadapi sesuatu yang asing atau di luar kebiasaannya. Ikut outbound pun mungkin akan menjadi sesuatu yang menakutkan bagi mereka. Untuk itu andil orangtuanya dan kita sebagai teman-teman tentu sangat diperlukan.


Jenis Permainan Outbound

Ingin ‘mengintip’ apa saja jenis permainan yang ada di dalam kegiatan outbound?

  • Flying fox : anak berpegangan pada peluncur dan meluncur turun di seutas tambang yang terbentang dari ujung satu ke ujung di sebrangnya.

  • Kayak : mendayung sendiri perahu kecil (kayak)

  • Panjat dinding : memanjat dinding ataupun jalinan tambang yang dibentangkan dengan tegak seperti dinding

  • Meniti jembatan tali / bambu : berjalan di atas jembatan yang terbuat dari tambang ataupun bilahan bambu

  • Pamper pole : berdiri di ketinggian sekiar 10 meter dan meloncat bebas ke bawah sambil tangan menggapai ke atas untuk menepuk sesuatu yang digantung tinggi. Biasanya pada outbound anak-anak yang digantung adalah boneka.


Tantangan Lain



Kalian suka tantangan? Cobalah berenang di Devil's Pool alias kolam renang setan. Dinamakan demikian karena letaknya di bibir Victoria Falls, air terjun terbesar dunia dengan ketinggian 108 meter dan panjang 1,7 km. Kolam renang ini diyakini sebagai yang paling berbahaya di dunia. Devil's bukanlah buatan manusia tapi ceruk alami di air terjun terbesar yang terletak di perbatasan Zimbabwe dengan Zambia.


Deretan karang alami yang muncul tepat di bibir jurang dan ceruk di ujung air terjun bisa dijadikan tempat berenang ketika air sedang dangkal dan tidak deras. Biasanya selama September sampai Desember. Di saat seperti ini, para perenang bahkan bisa melongok ke dasar jurang dari ujung air terjun itu tanpa perlu takut terseret derasnya air.


Tempat wisata yang terletak di benua Afrika ini tiap tahunnya dibanjiri wisatawan yang ingin melihat dasar air terjun dari puncaknya. Beberapa bahkan berani membiarkan diri terbawa arus deras sampai ke bibir air terjun sebelum mentok karena terhalang karang. Di bawah mereka, sejauh 108 meter, Sungai Zambezi mengalir deras.


Di bulan-bulan selain September - Desember, yang berani berenang di Devil's akan langsung terseret dan terempas di dasar Sungai Zambezi karena karang penghalang di bibir air terjun itu terendam air yang mengalir deras. Para wisatawan yang mengunjungi tempat itu mengatakan tempat ini lebih menyeramkan dari bungee jumping. Tapi seperti terlihat pada gambar, anak-anak pun banyak yang berani berenang di sana lho.



Dikenal dengan nama Mosi-oa-Tunya atau asap menggelegar dalam bahasa setempat, air terjun ini menumpahkan 500 juta liter air setiap menitnya dari bibir air terjun yang panjangnya tak kurang dari 1,6 km.
Pelangi yang dihasilkan dari uap air terjun ini bahkan bisa dilihat dari jarak 48 km. Total ada tujuh jeram utama yang termasuk dalam air terjun Victoria ini.


(ben)

Friday, December 05, 2008

Cernak, 7 Desember 2008


Futsaluv

Oleh Benny Rhamdani

Kiera mendatangi lapangan itu lagi. Anak-anak lelaki sedang bermain futsal di depannya. Tampak seru. Ketika salah satu anak menendang, bola keluar lapangan, menghampiri kaki Kiera.


Kiera memungut bola itu. Seorang anak lelaki menghampirinya.


“Kemarikan bolanya!” seru anak lelaki bernama Bidin itu. Dia sudah tiga kali melihat anak perempuan itu mengamati mereka latihan futsal.


“Noleh aku bergabung bermain dengan kalian?” tanya Kiera.


Bidin malah tertawa. “Cepat sinikan bolanya! Futsal bukan untuk anak perempuan. Mendingan kamu nari balet atau main karet sana!” kata Bidin.


Kiera mendengus kesal. Bukannya menyerahkan bola itu, Kiera malah menendang sekras mungkin hingga bola itu makin jauh.


“Heh! Apa maksudmu menendang bola itu?” tanya Bidin.


“Ambil saja sendiri bolanya.” Kiera membaikan badannya.


“Heh, jangan pergi dulu!” Bidin menarik bahu Kiera.


“Apa sih?” Kiera menepis tangan Bidin. Matanya manatap tajam ke mata Bidin.


Beberapa anak lelaki menyusul Bidin karena Bidin terlalu lama mengambil bola.


Ada apa sih? Sudah, anak perempuan nggak usah dilawan!” kata Rifan. Sepertinya dia anak yang paling disegani di antara anak-anak itu.


“Dia sih nyari gara-gara!” tunjuk Bidin.


“Enak aja! Aku kan Cuma ingin ikut bermain futsal!” sahut Kiera.


“Maaf, bukannya kami tidak mau mengajakmu. Tapi tim kami sedang berlatih. Dua bulan lagi akan ada pertandingan futsal. Sebagai juara bertahan, ya kami harus latihan serius,” kata Rifan.


Kiera tidak membantah apa-apa lagi. Dia mundur perlahan lalu menjauh meninggalkan lapangan futsal itu.


“Heh tunggu!” teriak suara perempuan di belakang Kiera.


Kiera langsung nengok. Ternyata ada anak perempuan yang sebaya dengannya.


“Aku tadi melihatmu menendang bola mereka. Hebat sekali! Kamu suka main bola ya? Aku juga. Kenalkan namaku Dea.”


“Namaku Kiera. Apa yang sedang kamu lakukan di sini?” tanya Kiera. Ia menduga Dea adalah adik salah satu anak lelaki yang bertanding tadi.


“Aku sedang mengintip latihan Klub Galaksi. Ya, meereka itu!”


“Untuk apa?”


“Untuk mengalahkan mereka di pertandingan nanti.”


“Hah? Maksudmu…..”


“Ya, aku punya klub futsal juga. Namanya Futsaluv. Kami beranggota lima orang. Anak perempuan semua. Sebenarnya, kami akan senang jika tim kami bertambah. Jadi kalau bertanding akan ada pemain cadangan kalau pemain utama kecapaian,” kata Dea.


Kiera terbelalak. Ia kagum karena baru pertama kali mendengar ada tim futsal anak perempuan.


“Kamu mau bergabung dengan kami?” ajak Dea.


“Ya, tentu saja. Kapan kalian latihan?” tanya Kiera.


“Besok sore. Tempatnya tidak di sini. Kami punya tempat latihan khusus. Kalau kamu mau ikut, biar aku nanti yang menjemputmu. Rumahmu di mana?”


“Pasirjati 55.”


“Oh iya, aku tahu daerah itu. Besok aku jemput ya.”


Mereka kemudian berpisah.


Esok sorenya Kiera dijemput. Bukan hanya oleh Dea. Tapi juga Jovita, Mutya, Lia dan Flo. Senangnya Kiera bisa bertemu dengan teman-teman yang suka menendang bola, bukan menari balet.


Ternyata tempat latihan mereka di sebuah gudang tua. Lumayan luas.


“Kalau mau menang kita harus punya pelath,” kata Kiera.


“Kami sudah punya. Sebentar lagi juga dia dating,” kata Flo.


Benar saja, tak lama kemudian datang seorang lelaki. Tapi … lho kok dia memakai kruk? Jalannya terpincang-pincang pula.


“Ssst, jangan pandang remeh dia. Yang aku tahu, dia adalah pelatih terbaik futsal,” bisik Jovita.


Dea mengenalkan Kiera kepada pelatih bernama Om Pasha itu. Kiera akhirnya ingat nama itu. Ya, bukankan Pasha adalah atlet sepakbola terkenal yang kemudian berhenti menjadi pemain sepakbola setelah kecelakaan lalu lintas tahu lalu. Kiera tadi tidak mengenainya karena m Pasha terlihat lusuh. Wajahnya berewkan tidak seperti dulu yang pernah ia lihat di Koran.


Mereka kemudian berlatih. Om Pasha ternyata benar-benar pelatih yang handal. Kiera terus berlatih serius karena tak mengecewakan teman-teman barunya.


Minggu demi minggu berlalu, pendaftran lomba futsal pun dibuka. Kiera dan Dea mendaftarkan klub mereka ke panitia. Ternyata panitai malah menertawakan.


“Apa? Kalian mau ikut futsa? Anak perempuan semua? Hahahahaha!”


Kiera dan Dea kesal. Untung kemudian di belakang mereka muncul Om Pasha. Melihat sosok pemain sepakbola terkenal itu, panitia jadi terdiam.


“Biarkan mereka ikut!” kata Om Pasha.


Panitia pun menerima pendaftraan tim Futsaluv. Memang tidak ada peraturan melarang anak perempuan main futsal.


Kompetisi pun bergulir. Dari pertandinga satu ke pertandingan lainnya tim Futsaluv terus emmenangkan pertandingan. Dari yang semula dicemooh penonton, jadi tim yang selalu ditunggu-tunggu penampilannya. Dari yang semula dianggap remeh, jadi dianggap tim yang paling ditakuti. Bayangkan sayja, ada satu tim yang dihajar habis-habisan 10-0. Dan delapan gol berkat tendangan geledek dari kaki kiera. Ya, kiera jadi bintang lapangannya.


Akhirnya tim Futsaluv masuk ke final. Lawannya tim pemenang tahun lalu. Galaksi!


Kiera makin bersemangat bertanding. Dia ingin membuktikan kepada anak-anak lelaki itu bahwa mereka salah telah meremehkannya.


Pertandingan berjalan seru. Tim Galaksi terbilang kompak. Jadi agak susah menembus pertahanan mereka. Tapi akhirnya Kiera menemukan celah. Ya, setiap bola berada di kaki Bidin, Kiera dengan mudah merebutnya dan menendang ke gawang Galaksi. Tapi rupanya Rifan pun sangat lihai. Dia juga banyak memasukkan gol ke gawang Futsaluv.


Semenit menjelang pertandingan usai, kedudukan angka adalah 5-5.


Akhirnya …. Kiera berhasil memasukan bola di detik terakhir. Tim Futaluv pun menang! Rifan yang tertunduk lesu segera menyalami kiera dan memberi selamat.


Tim ini kemudian jadi terkenal. Bahkan masuk teve dan media cetak.


Nah, apakah kalian ingin bertanding juga dengan tim Futsaluv?


Wednesday, December 03, 2008

Hore, 7 Desember 2008

Fakta-fakta Menarik Geografi



Teman-teman tahu Geografi, kan? Ya, Geografi adalah ilmu tentang lokasi serta persamaan dan perbedaan (variasi) keruangan atas fenomena fisik dan manusia di atas permukaan bumi. Kata geografi berasal dari Bahasa Yunani yaitu gê ("Bumi") dan graphein ("menulis", atau "menjelaskan"). Kita biasanya menyebut geografi sebagai ilmu tentang bumi.



Berdasarkan temuan para pakar geografi, ada sejumlah fakta yang menarik. Nah, kita simak saja yuk, apa saja faktanya.



Ketinggian dan Kedalaman



* Titik tertinggi adalah puncak Everest setinggi 8.850 m (29.035 kaki) diatas permukaan laut.

* Titik terendah adalah Challenger Deep di Palung Mariana 200 mil dari Guam di Samudra Pasifik sedalam 10.911 m (36.198 kaki) di bawah laut.

* Titik terendah di daratan adalah permukaan Laut Mati di Israel Yordania, 417 m (1.349 kaki) di bawah permukaan laut.

* Titik terjauh dari pusat bumi adalah puncak Chimborazo sejauh 6384,4 km (dikarenakan bentuk bumi yang tidak bulat sempurna). Puncak Everest hanya sejauh 6382,3 km dari pusat bumi.

* Titik terdekat dari pusat bumi kemungkinan adalah titik tertentu di dasar samudra Artik dekat kutub utara sejauh 6353 km. (dasar palung Mariana hanya sejauh 6366.4 dari pusat bumi).

* Daratan dengan ketinggian rata-rata tertinggi adalah benua Antartika dengan ketinggian rata-rata 2.300 m (7.544 kaki) di atas permukaan laut.



Terjauh



* Titik di daratan yang merupakan titik terjauh dari lautan adalah 320 km dari kota Urumqi di daerah otonomi Xinjiang di Republik Rakyat Cina pada 46°16.8′ LU 86°40.2′ BT. (sekitar gurun Dzoosotoyn Elisen). Posisi ini adalah garis lurus sejauh 2648 km dari garis pantai terdekat.

* Titik di lautan yang merupakan titik terjauh dari daratan disebut titik Nemo berada di Samudra Pasifik pada koordinat 48° LS 125° BB yaitu sejauh kurang lebih 2670 km dari daratan terdekat. Berada di tengah-tengah wilayah lautan seluas 22.420.000 km². Wilayah ini lebih luas dari keseluruhan wilayah bekas Uni Sovyet.

* Pulau yang paling terpencil adalah Pulau Bouvet yaitu pulau yang tidak berpenghuni yang merupakan wilayah Norwegia yang berada di koordinat 54°26′ LS 3°24′ BT. Daratan terdekat merupakan daerah tidak berpenghuni Queen Maud di Antartika sekitar 1.600 km sebelah selatan.

* Kepulauan yang paling terpencil terdiri atas Pulau Paskah dan Isla Sala y Gómez berjarak sekitar 480 km satu sama lain. Berada sejauh 2.250 km sebelah barat laut Kepulauan Pitcairn dan 3.300 km dari pantai barat Chili.



Suhu



* Suhu tertinggi dicatat oleh stasiun meteorologi di El Azizia, Sahara pada tanggal 13 September 1922 berada pada 57.8°C (136°F). Suhu tertinggi sebelumnya yaitu pada 56.7 °C (134 °F) berada di Death Valley, California pada tanggal 10 Juli 1913. Dari 6 Juli sampai dengan 17 Agustus 1917 selama 43 hari berturut-turut suhu di Death Valley berada di atas 48°C (120° F).

* Suhu terendah yaitu pada -89.2°C (-128.6°F) berada di Vostok, Antartika pada 21 Juli 1983.

* Titik terbasah berada di Cherrapunji, Bangladesh berada di ketinggian 1.290 m di atas permukaan laut menerima curah hujan rata-rata per tahun sebesar 1270 cm.

* Titik terkering berada di gurun pasir Atacama, Chili yang hanya menerima curah hujan rata-rata per tahun sebesar 0.01 cm. Beberapa lokasi di gurun Atacama malah tidak pernah turun hujan selama 400 tahun!



Yang Ter-



* Danau terluas di dunia adalah Laut Kaspia di Azerbaijan - Rusia - Kazakhstan - Turkmenistan - Iran seluas 394.299 km² (152.239 mil²).

* Danau tertinggi di dunia adalah danau Titicaca di Peru yang berada pada ketinggian 12.500 kaki di atas permukaan laut.

* Laut terbesar adalah laut Mediterania yang memiliki luas 1.144.800 mil².

* Samudra terdalam adalah Samudra Pasifik yang memiliki kedalaman rata-rata 13.215 kaki.

* Samudra terbesar adalah Samudra Pasifik yang memiliki luas 60.060.700 mil².

* Samudra terkecil adalah Samudra Arktik yang hanya memiliki luas 5.427.000 mil².

* Teluk terbesar adalah Teluk Meksiko yang memiliki luas 615.000 mil².

* Sungai terpanjang adalah sungai Nil di Afrika sepanjang 6.690 km (4.180 mil).

* Sungai terpendek adalah sungai Roe di Montana, Amerika Serikat yang hanya sepanjang 200 kaki.

* Sungai terbesar adalah sungai Amazon dengan luas 2.500.000 mil².

* Gurun subtropis terluas adalah gurun Sahara di Maroko - Sahara Barat - Aljazair - Tunisia - Libya - Mesir - Mauritania - Mali - Niger - Chad - Ethiopia - Eritrea - Somalia seluas 3.5 juta mil².

* Benua terbesar adalah benua Asia dengan luas 44.579.000 km² (17.212.000 mil²).

* Benua terkecil adalah benua Australia dengan luas 3.132.000 mil².

* Negara dengan garis perbatasan di daratan terpanjang adalah Republik Rakyat Cina yang memiliki garis perbatasan sejauh 22.117 km.

* Negara dengan jumlah negara yang berbatasan langsung terbanyak adalah Republik Rakyat Cina yang berbatasan dengan 14 negara tetangga.

* Perbatasan antara 2 negara terpanjang adalah perbatasan antara Kanada dan Amerika Serikat sejauh 8.891 km.

* Gunung terbesar adalah Mauna Loa di Hawaii. Hanya 4.100 m (13.448 kaki) dari gunung tersebut berada di atas permukaan laut. Tetapi apabila diukur dari dasar laut, ketinggian Mauna Loa melebihi Everest kurang lebih 3/4 mil. Mauna Loa mempunyai volume sebesar 15.520 km³ (9.700 miles³).

* Gelombang laut tertinggi terjadi pada 9 Juli 1958 di Teluk Lituya, Alaska ketika sebuah gempa besar menimbulkan longsor besar di teluk Lituya menimbulkan gelombang setinggi 524 m (1.720 kaki).

* Kecepatan angin tertinggi terjadi di Belgrano II, wilayah Argentina di Antartika pada kecepatan 351 km/h.

* Negara dengan garis pantai terpanjang adalah Kanada dengan 243.792 km (termasuk garis pantai dari 52.455 pulau-pulau di Kanada).

* Pulau terbesar adalah pulau Greenland yang memiliki luas 839.999 mil².

* Semenanjung terbesar adalah Semenanjung Arabia yang memiliki luas 1.250.000 mil².

* Kepulauan terbesar adalah negara kepulauan Indonesia yang memiliki 17.000 pulau dalam bentang 3.500 mil.

* Gugus pegunungan terpanjang adalah pegunungan Andes di Amerika selatan yang membentang sejauh 5.000 mil.

* Air terjun tertinggi adalah Angel Falls di Venezuela yang memiliki ketinggian 3.212 kaki

  • Laguna terbesar adalah Lagoa dos Patos, Brasil sepanjang 150 mil dengan luas 4.500 mil².


Nah, tugas kalian sekarang adalah membuka atlas, lalu tunjuklah letak nama-nama yang disebut di atas. Asyik kan?!

(ben)

Friday, November 28, 2008

Cernak, 30 November 2008


Gadis Kecil Misterius

Oleh Benny Rhamdani


“Bisakah kamu menemui aku?”


Itu bunyi SMS yang diterima Sita sore ini. Sita tidak mengenal nomor pengirimnya.


“Ini siapa?” Begitu kalimat SMS balasan dari Sita.


“Aku sangat memerlukan pertolonganmu.” SMS balasan malah tidak menjawab pertanyaan Sita.


“Kamu di mana?” tanya Sita.


“Aku di taman kota. Di kursi dekat pohon bougenvil besar.”



“Baik aku akan ke sana. Tunggu ya.” Sita membalas SMS itu.


Sita meninggalkan kamarnya. Jarak ke taman kota tak terlalu jauh. Cukup berjalan kaki pasti akan sampai sana dalam waktu sepuluh menit.Gm, sebenarnya Sita tadi berniat mengurungkan diri ke taman kota. Soalnya tidak yakin benar dengan yang mengirim SMS tadi. Bagaimana kalau orang iseng? Bagimana pula kalau orang jahat.

Ah, tapi tidak ada salahnya kalau ke taman kota. Di sana banyak orang, tidak mungkin ada orang yang berani berbuat jahat, pikir Sita. Nah, kalau ternyata yag mengirim SMS itu teman-temannya yang iseng, hanya untuk menyuruh Sita berjalan ke taman kota, itu pun tak masalah. Anggap saja sedang olahraga jalan kaki di sore hari, pikir Sita.


Sore ini taman kota tampak ramai seperti iasanya. Ada yang jogging, bersepeda, bermain bola, atau sekadar duduk-duduk. Sita bergegas menuju letak pohon bougenvil besar. Matanya kemudian mencari bangku semen di sekitarnya.


Ada seorang nenek dengan anjing pudelnya, di kursi lain ada dua perempuan sedang membaca buku tebal, lalu ada seorang ibu dengan kereta dorong bayi. Dan … diakah? Sita melihat seorang gadis kecil tengah duduk di kursi taman sendirian. Sita pun mendekati gadis kecil itu. Tapi saat Sita di dekatnya, gadis kecil itu tidak reaksi.

“Maaf, apakah kamu tadi yang mengirim sms untukku?” tanya Sita.


Gadis itu menoleh, tapi pandangan matanya tidak tertuju langsung ke wajah Sita. “Ya. Maaf aku mengganggumu,” kata gadis kecil tu. “Silakan duduk. Oh iya namaku Veni.”


Veni menjulurkan tangannya tapi tidak tepat kea rah Sita.


“Maaf, apakah kamu tidak bisa melihat?” tanya Sita.


“Ya, aku tunanetra,” kata Veni.


Sita menyambut uluran tangan itu, menyalaminya. Dia pun duduk di samping Veni. “Apa yang bisa kubantu untukmu? Dan dari mana kamu tahu nomor HP-ku?” tanya Sita. Dia bingung bagaimana Veni bisa sampai di taman kota ini sendirian. Adakah orang yang mengantarnya?


“Aku tadi asal pencet saja nomornya. Aku tidak meyangka yang akan datang anak perempuan sebaya denganku. Oh iya, aku minta bantuan untukmu …. Maukah kamu menjaga binatang kesayangku ini?”


Sita terbelalak. Veni mengeluarkan hamster putih. Sita meloncat karena takut.


“Aduh sebaiknya orang lain saja,” kata Sita. “Aku takut.”


“Kenapa takut?”


“Bintang ini mengggigit kan?”


“Tentu tidak. Peganglah. Lihat, aku saja tidak pernah digigit.”


Sita menolak memegangnya.


“Masa kalah dengan orang buta seperti aku?” kata Veni.


“Mengapa kamu ingn menitipkannya padaku?”


“Umurku tak lama lagi. Nah, di keluargaku tak ada yang suka hamster ini. Makanya ingin kutitipkan kepada orang lain. Kupikir kamu akan mau memeliharnya.”


“Baiklah aku mau memeliharanya. Tapi tak mau memegangnya.”


Veni mengeluarkan kandang kawat di sampingnya. Hamster itu di masukan ke kandangnya. “Ini. Sudah kukandangkan.”


Sita mengambilnya walau agak ketakutan.


“Terima kasih. Maaf aku tidak bisa lama-lama di sini.” Veni kemudian mengeluarkan tongkat penuntun yang bisa dilipat. Ia kemudian berjalan sendiri meninggalkan taman kota.


Sita kemudian membawa hamster itu ke rumah. Untung ayah da ibu tak keberatan. Sita merawatnya dengan baik. Hanya sehari dia tak mau memegang hamster itu. Hari-hari berikutnya Sita tak takut lagi. Malah kini Sita jadi berani dengan binatang peliharaan lainnya seperti anjing, kucing. Padahal dulu Sita paling takut dengan binatang peliharaan.


Setiap sore Sita kemudian membawa hamster itu ke taman kota. Sita berharap bisa ketemu lagi dengan Veni. Tapi gadis itu tak pernah muncul lagi. Mengirimkan SMS pun tak pernah dibalas. Padahal Sita ingin sekali berterimakasih karena dia sekarang tak takut lagi dengan hewan peliharaan.


Oh iya, jika kalian punya teman tunanetra bernama Veni, jangan lupa beritahu Sita ya!

^-^

Hore, 30 November 2008

Mengenal Sosok Fiktif Vampir


Kalian pernah melihat film-film horor asing? Kalau kalian berjiwa pemberani tentu tidak akan terpengaruh menjadi penakut setelah menyaksikan film itu. Dan karena film itu sebagian besar adalah hayalan (fiktif), kita juga tidak perlu memercayai seratus persen. Termasuk kepada tokoh-tokoh horornya.


Vampir Barat


Di barat saat ini tengah digandrungi film bertema vampire. Bahkan buku-buku anak, remaja dan dewasa di sana banyak berkisah tentang vampire ini. Apa sih vampire itu?

Vampir adalah tokoh fiksi berupa setan yang suka menghisap darah manusia. Vampir umumnya diceritakan keluar dari makamnya pada malam hari. Ia menyamar sebagai kelelawar untuk menghisap darah orang-orang yang sedang tidur. Korbannya akan menjadi vampir juga.


Menurut beberapa mitos, vampir tidak tampak di cermin karena mereka tidak memiliki jiwa.Dongeng modern mengatakan bahwa vampir bisa menjelma menjadi kelelawar, serigala, bahkan gumpalan gas. Mereka mempunyai taring yang panjang untuk menggigit darah manusia. Mereka harus menjauhkan diri dari sinar matahari. Vampir dapat dibunuh dengan cara menikam jantungnya.kaum vampire memiliki satu musuh yaitu werewolf (manusia serigala).


Vampir Cina


Untuk vampire di film-film berbahasa mandarin ini kerap disebut sebagai jiang-shi. Sebenarnya cerita tentang vampire ini merupakan semacam cerita legenda di masyarakat. Memang ada literatur sejarahnya namun cuma tercatat di dalam sejarah tidak resmi jadi cuma berupa catatan pengalaman dari seseorang. Perlu diketahui, catatan sejarah di Tiongkok dibagi atas 2 bagian besar, catatan resmi dari kamar sejarah kekaisaran dan catatan tidak resmi yang sumbernya dari masyarakat. Yang terakhir ini disebut "Wai-shi" atau "Ye-shi" yang artinya Catatan Tak Resmi.


Vampire dalam kebudayaan Tionghoa sebenarnya adalah sebutan untuk jenazah yang dikuburkan di tempat yang sangat kering, kurang lembab untuk memungkinkan organisme kecil membusukkan jenazah sehingga beberapa tahun berlalu, jenazah tadi tetap saja seperti sediakala. Jenazah seperti ini mengandung dan menyebarkan sejenis racun. Ini tidak heran karena mayat biasapun memang mengandung racun.


Karena ketakutan psikologis masyarakat zaman dulu terhadap kegelapan, kemudian ada cerita bahwa jenazah tadi dapat bangun dan mencari mangsanya berupa manusia hidup untuk dihirup darahnya dan dimakan dagingnya. Bila terkena racun jenazah tadi, korbannya juga akan menjadi vampire sejenis. Hal ini lumrah dalam kehidupan masyarakat zaman dulu dan ada di kebudayaan manapun tidak terkecuali.


Pakaian vampire hitam-hitam yang seperti kita lihat di film-film berbahasa mandarin adalah pakaian pejabat kekaisaran Dinasti Qing, jadi itu cuma semacam skenario film dan bukan pakaian seragam dari vampire Tiongkok. Jadi, sampai di sini jelas sudah. Vampire melompat2 seperti yang digambarkan dalam film2 buatan Hong Kong itu tidak pernah ada dan hanya rekaan manusia saja.


Drakula


Drakula adalah tokoh fiksi ciptaan Bram Stoker dalam novelnya Dracula yang diterbitkan pada tahun 1897. Drakula adalah seorang vampir yang diceritakan berasal dari kota Transylvania yang berada di Rumania. Kelemahan Drakula ialah sinar matahari, benda terbuat dari perak, dan bawang putih. Tokoh ini kemungkinan terinspirasi Raja Vlad III yang memerintah Walakia pada abad ke-15 dengan tangan besi. Jika ada yang bertanya apa bedanya drakula dan vampire, sudah jelas bahwa drakula adalah vampire, tapi vampire belum tentu drakula.


Manusia Serigala


Manusia serigala (bahasa Inggris: werewolf) adalah makhluk siluman jadi-jadian setengah manusia, setengah serigala. Konon manusia serigala akan berubah pada saat bulan purnama tiba. Ketika itu kekuatan mistiknya mencapai pada puncaknya. Manusia serigala senantiasa memburu manusia. Barang siapa yang tergigit atau terkena cakarannya akan menjadi salah satu dari manusia serigala pula. Dia konon hanya bisa mati jika ditembak dengan silver bullet (peluru perak)manusia serigala memiliki nama lain yaitu lychantrops atau lycans dan ceritanya werewolf bermusuhan dengan kaum vampire.


Nah, di film-film Indonesia juga ada cerita-cerita horror yang mengangkat tokoh imajinasi makhluk halus. Kalian pasti apa saja, kan? Nah, sebenarnya hanya sedikit yang pernah menyaksikan sendiri kehadiran mereka, tapi kemduian dikemas dalm cerita film seperti kejadian nyata, maka jadi banyak yang percaya. Dalam agama manapun, makhluk halus memang dikenal. Tapi kita diajarkan untuk tidak takut terhadap mereka karena manusia selalu dilindungi Tuhan.

(ben)