Friday, January 16, 2015

Cernak, 22 Januari 2014




Koki  Cilik
oleh Benny Rhamdani


Ulang tahun Dion tiba. Seisi kelas diundang pada Minggu sore. Kalian mau tahu kejutan apa yang dibuat Dion untuk mereka?

"Salamat datang, teman-temanku. Hari ini kita akan mememperebutkan gelar Junior Chef!" begitu sambutan Dion.

Tentu saja saja ada yang bersorak karena hobi memasak. Ada juga yang bersorak karena hobi makan. Sisanya hanya penasaran.

"Aku tidak bisa masak nih," keluh Frans. "Itu kan pekerjaan perempuan."

"Kata siapa? Ayahku chef restoran terkenal. Teman ayahku banyak yang lelaki," kata Dion. "Lombanya mudah kok."

Dion sudah menyiapkan banyak sekali pancake. Tapi belum ada topingnya. Kalian tahu toping kan? Itu lho, hiasan di atas pancake. Tentu saja semua bisa ikut.

"Semua siap? Kita mulai pada hitungan ke tiga. Ingat, waktunya hanya 3 menit. Satu ... dua.. tiga!"

Mereka berebut mengambil pancake. Ada yang meletakkan keju di atasnya, ada ccokelat, meisis, selai, es krim, buah-buahan, madu dan tentu saja ada yang mencampurnya. Ketika waktu tiga menit habis, Din berteriak," Selesai!"

Semua berhenti sambil menjilati jari mereka. Mereka memandangi karya toping mereka.

"Sekarang, aku akan memilih lima yang terbaik dari kalian. Beri aku waktu. Kalian bisa menunggu sambil memakan kue-kue buatan ayahku," kata Dion.

Dion menilai semua pancake yang tersajai di meja besar. Hanya lima menit kemudian, Dion sudah menentukan lima nama.

"Lima orang yang masuk babak final adalah Dita, Rein, Gwen, Etna dan David!"

Hah? Aku! Dan akulah satu-satu anak lelaki yang lolos final. Padahal aku tuh tadi cuman menghias pancake dengan madu dan es krim teh hijau.

"Hiasan kalian sederhana tapi menarik," lanjut Dion. "Nah, untuk final, lombanya adalah memasak nasi goreng. Bahan-bahannya kalian pilih sendiri ya."

Nasi goreng? Aku tuh paling nggak suka goreng.

Aku mengikuti peserta lainnya ke ruang khusus. Rupanya banyak sekali bahan masakan di sana. Ada telur, sayur, daging dan lainnya. Aku tidak tahu memilih apa. Aku paling suka madu. Makanya tadi pancake kuhias pakai madu. Hm, bagaimana kalu nasi goreg pakai madu ya? Mungkin masni ya. kalau ditambah keju?

Aku mengambil bahan yang kuperlukan. Sedikit mencontek teman yang lain.

Akhirnya, aku mulai memasak. Mengolak bumbunya seperti yang kulihat kalau ibuku memasak nasi goreng untuk adikku. Teman-teman yang lain emasukkan sosis, telor, baso, daging. Aku tidak suka masakan yang terlalu ramai begitu. Aku malah memakai jamur.

Setelah hampir selesai kuberi madu dan sedikit keju. Aku menghidangkannya di atas piring dengan hiasan tomat.

"Waktunya habis!" teriak Dion bersamaan masakan selesai. Yang lain sudah lebih dariku. Entah bagaimana mereka bisa masak nasi goreng dengan cepat begitu.

Tiba-tiba  muncul ayah Dion. Chef Bima. Namanya sangat terkenal sebagai koki internaisonal. Beberapa kali aku melihatnya di TV. Asyiknya punya ayah yang jago masak. Makan enak setiap hari.


Rupanya Chef Bima diminta Dion menjadi juri spesial. Wow, aku pernah melihat Chef Bima di TV menjadi juri lomba masak. galaknya minta ampun. Tapi kali ini terlihat ramah.

Chef Bima mencicipi satu persatu hidangan kami. Dia sempat berhenti agak lama ketika mencicipi nasi gorengku.

"Ini pakai madu ya?" tanya Chef Bima.

"Iya."

"Kamu berani sekali membuat nasi goreng manis. Biasanya orang pakai kecap biar rasanya agak manis."

"Sedikit kok madunya."

"Ya, ini pas sekali."

Chef Bima kemudian berdiri di depan kami semua.

"Pemenang Junior Chef untuk tahun ini adalah ... nasi goreng jamur madu karya David!" Chef Bima mengumumkan.

Aku kaget. Aku nggak suka nasi goreng tapi bisa menang masak nasi goreng. Yang lain bersorak.

"Nasi gorengnya unik dan sederhana. Orang tidak bingung dengan rasanya," tambah Chef Bima.

Dion kemudian memberi aku hadia PSP terbaru. Aku senang. Kadoku untuk Dion saja tak semahal ini.

Acara berikutnya adalah makan-makan. Tentu saja semua makanannya lezat. Kalau kamu ingin ikut makan kami, buruan ya datang. Nanti kamu menyesal lho.

Hore, 22 januari 2014


Yuk, Makan Lele



Kalian suka makan ikan lele?  Ternyata banyak hal menarik tentang ikan satu ini. Termasuk manfaatnya. Apa saja ya?

Lele atau ikan keli, adalah sejenis ikan yang hidup di air tawar. Lele mudah dikenali karena tubuhnya yang licin, agak pipih memanjang, serta memiliki "kumis" yang panjang, yang mencuat dari sekitar bagian mulutnya.

Lele, secara ilmiah terdiri dari banyak spesies. Tidak mengherankan pula apabila lele di Nusantara mempunyai banyak nama daerah. Antara lain: ikan kalang (Sumatera Barat), ikan maut (Gayo), ikan seungko (Aceh), ikan sibakut (Karo), ikan pintet (Kalimantan Selatan), ikan keling (Makassar), ikan cepi (Sulawesi Selatan), ikan lele atau lindi (Jawa Tengah) atau ikan keli (Malaysia), ikan 'keli' untuk lele yang tidak berpatil sedangkan disebut 'penang' untuk yang memiliki patil (Kalimantan Timur).

Di negara lain dikenal dengan nama mali (Afrika), plamond (Thailand), gura magura (Srilangka).. Dalam bahasa Inggris disebut pula catfish, siluroid, mudfish dan walking catfish. Nama ilmiahnya, Clarias, berasal dari bahasa Yunani chlaros, yang berarti ‘lincah’, ‘kuat’, merujuk pada kemampuannya untuk tetap hidup dan bergerak di luar air.

Ikan-ikan marga Clarias dikenali dari tubuhnya yang licin memanjang tak bersisik, dengan sirip punggung dan sirip anus yang juga panjang, yang kadang-kadang menyatu dengan sirip ekor, menjadikannya nampak seperti sidat yang pendek. Kepalanya keras menulang di bagian atas, dengan mata yang kecil dan mulut lebar yang terletak di ujung moncong, dilengkapi dengan empat pasang sungut peraba (barbels) yang amat berguna untuk bergerak di air yang gelap. Lele juga memiliki alat pernapasan tambahan berupa modifikasi dari busur insangnya. Terdapat sepasang patil, yakni duri tulang yang tajam, pada sirip-sirip dadanya. Ada yang mengatakan,bahwa patil ini tidak hanya tajam tapi juga beracun dan mengakibatkan panas tinggi jika orang tak sengaja terkena patil tersebut.

Habitat dan Perilaku



Lele tidak pernah ditemukan di air payau atau air asin, kecuali lele laut yang tergolong ke dalam marga dan suku yang berbeda (Ariidae). Habitatnya di sungai dengan arus air yang perlahan, rawa, telaga, waduk, sawah yang tergenang air. Bahkan ikan lele bisa hidup pada air yang tercemar, misalkan di got-got dan selokan pembuangan.

Ikan lele bersifat nokturnal, yaitu aktif bergerak mencari makanan pada malam hari. Pada siang hari, ikan lele berdiam diri dan berlindung di tempat-tempat gelap. Di alam, ikan lele memijah pada musim penghujan. Walaupun biasanya lele lebih kecil daripada gurami umumnya,namun ada beberapa jenis lele yang bisa mencapai panjang 1-1,5 m dan beratnya bisa mencapai lebih dari 2 kg,contohnya lele Wels dari Amerika.

Kegunaan


Banyak jenis lele yang merupakan ikan konsumsi yang disukai orang. Sebagian jenis lele telah dibiakkan orang, namun kebanyakan spesiesnya ditangkap dari populasi liar di alam. Lele dumbo yang populer sebagai ikan ternak, sebetulnya adalah jenis asing yang didatangkan (diintroduksi) dari Afrika.

Lele dikembangbiakkan di Indonesia untuk konsumsi dan juga untuk menjaga kualitas air yang tercemar. Seringkali lele ditaruh di tempat-tempat yang tercemar karena bisa menghilangkan kotoran-kotoran. Lele yang ditaruh di tempat-tempat yang kotor harus diberok terlebih dahulu sebelum siap untuk dikonsumsi. Diberok itu ialah maksudnya dipelihara pada air yang mengalir selama beberapa hari dengan maksud untuk membersihkannya.

Kadangkala lele juga ditaruh di sawah karena memakan hama-hama yang berada di sawah. Lele sering pula ditaruh di kolam-kolam atau tempat-tempat air tergenang lainnya untuk menanggulangi tumbuhnya jentik-jentik nyamuk.


Ikan lele mengandung VItamin D yang cukup tinggi. Ikan lele hasil budi daya mengandung asam lemak omega-3 yang rendah namun memiliki asam lemak omega-6 yang tinggi.

Ikan lele yang banyak dipasarkan di Amerika Serikat merupakan ikan dari famili Ictaluridae. Sedangkan di Indonesia, ikan lele yang dikonsumsi paling banyak berasal dari famili Clariidae pada ordo yang sama.

Arena KKPK, 22 Januari 2014

Catatan Desainer Cilik







Judul: It's Me
Penulis Marion
112 halaman



Enak, enggak, sih, mempunyai orang tua yang sama-sama seorang desainer baju? Wah, pasti enak banget! Bisa dapet baju dari rancangan desainer orang tua sendiri dan bisa mengunjungi acara fashion week yang mendunia! Sama seperti Nikki. Dia mengunjungi acara fashion week bersama Mamanya.
                Tidak hanya itu, masih banyak petualangan hidupnya di Inggris! Ada petualangan Nikki bersama teman-temannya menyelidiki akun Twitter yang misterius, mempertemukan salah satu teman Nikki dengan murid baru, sampai traveling bersama ke Singapore bersama keluarganya! Waah, pasti mengasyikkan! Yuk, kita ikuti petualangan kehidupannya di Inggris!
Cerita KKPK satu ini seru banget karena ada cerita tentang dunia fashion. Buat kamu yang suka dunia fashion wajib lho membaca.
(Geus Rama  S, Palembang)


Friday, January 02, 2015

Cernak, 4 Desember 2015

Ghost





Joey memiliki anjing putih bernama Ghost . Mereka senang berpetualang di pinggir desa, mendaki batu dan mengarungi sungai.

Suatu hari Joey dan Ghost berburu tupai. Mereka tidak pernah menangkap apapun. Tapi mengejar adalah bagian yang menyenangkan. Ghost akan mengendus hingga mereka keluar.

 Tiba-tiba, Ghost melihat tupai dan berlari di sekitar batu. Ketika Joey sampai ke sisi lain dari batu, ia berhenti. Ghost menyalak. 


"Ada apa?" tanya Joey.

Ghost terus menggonggong. Kemudian Ghost pindah. Sekarang Joey bisa melihat mengapa temannya menggonggong. Seekor ular hitam besar melingkar di samping batu! Ghost telah melindungi Joey.

"Kau hebat!" Kata Joey. "Mari kita pulang."

Malam itu, Joey mengucapkan selamat malam pada Ghost. Lalu ia meninggalkan dia di ambang pintu. "Sampai jumpa di pagi hari," katanya.

Keesokan paginya, Joey melompat dari tempat tidur dan berlari ke bawah. Di luar, ia bersiul untuk Ghost. "Gho-o-o-st! " serunya. Tapi Ghost tidak datang. Dia berlari ke gudang untuk menemukan ayahnya.

"Ayah melihat Ghost?" tanyanya. Ayah  


Joey turun dari traktor. "Nak, aku menemukan Ghost pagi ini," ayahnya berkata. "Dia tidak bergerak, jadi aku  membawanya ke Dr. Parker. Ghost sudah sangat tua."

Joey bersedih. Setelah Ghost sudah pergi, Joey menghabiskan sebagian besar waktunya sendirian di hutan. Dia berjalan di sepanjang sungai di mana ia pernah bermain dengan Ghost.

Suatu hari, Joey berada lebih jauh dari yang pernah ia pergi sebelum. Dia berjalan di sepanjang tepi jurang. Tiba-tiba, ia kehilangan pijakan. Kaki Joey terkilir dan tergores. Dia tidak bisa memanjat keluar dari jurang.

Joey berteriak minta tolong. Tapi tidak ada yang cukup dekat untuk mendengarnya.

Beberapa mil di jalan, seorang petani  bekerja di kebunnya. Dia menyeka keringat dari keningnya. Saat itu, ia melihat seekor anjing putih berjalan ke arahnya. Itu tampak seperti anjing Joey.

Anjing itu menggonggong dan menyalak. "Hei Ghost, Bagaimana kabarmu?" tanya petani yang sudah mengenal Ghost.


Anjing itu terus menyalak padanya. Petani mencoba untuk menggerakkan traktor . Tapi anjing itu berlari tepat di depan roda traktor.

Petani menyalakan klakson  traktor. Tapi anjing itu tidak bergerak. Akhirnya, petani mematikan mesin dan turun dari traktornya.

"Di mana temanmu?" tanyanya.

Anjing itu sangat gigih. Dia terus menggonggong . Lalu ia  meraih celana pria itu dalam mulutnya dan mencoba untuk menariknya bersama.

"Whoa! Oke!" kata Farmer Green. "Aku datang. Mari kita pergi."

Petani mengikuti anjing itu melalui hutan. Mereka berjalan bermil-mil melalui sikat tebal dan pohon-pohon tinggi. Setiap beberapa meter anjing itu akan melihat kembali petani. Dia ingin memastikan orang itu mengikuti dia.

Anjing itu mengarah petani untuk melihat ke jurang.

Kemudian petani itu  mendengar suaran tangisan.

Joey berusaha berteriak minta tolong. Dia hampir menyerah. Kemudian ia mendengar seseorang berteriak kembali kepadanya.

"Halo-o-o!" teriak Petani. "Apakah kau terluka?"

Joey mendongak. Dia bisa melihat Petani  berdiri di tepi jurang. Pria itu mengintip ke bawah Joey. Dia hampir tidak bisa melihat anak itu melalui pohon-pohon.

"Aku baik-baik saja, tapi kakiku terluka," Joey berteriak kembali. "Aku tidak bisa ke atas sendirian."

"Tunggu," kata petani. "Aku akan membantumu."

Petani  menemukan pohon anggur yang kuat. Dia memegang salah satu ujung anggur. Kemudian ia melemparkan ujung yang lain ke Joey.

"Gunakan ini untuk naik," katanya.

Joey meraih ke pokok anggur yang kuat dan tebal seperti tali. Joey menarik dirinya ke sisi jurang. Di bagian atas, Petani mengulurkan tangan dan menarik Joey.

"Terima kasih," kata Joey. Dia mencoba mengatur napas.

Petani  membantu Joey duduk di bebatuan. "Biar kulihat kakimu," katanya. Kaki Joey masih berdarah.

"Rasanya sakit," Joey berkata, "tapi aku masih bisa berjalan."

"Aku cari cabang yang dapat kau gunakan sebagai penopang."

Petani menarik sebatang dahan. Kemudian ia membantu Joey berdiri.

"Gunakan cabang ini sebagai penopang," katanya. "Sekarang mari kita pulang."

Joey berdiri gemetar. "Terima kasih, Pak," katanya.

Joey dan Petani berjalan kembali melalui hutan.

Ketika mereka datang ke tempat terbuka, Petani berbicara. "Untunglah anjingmu mendatangiku."

"Apa maksudnya?" tanya Joey.

"Maksudku, saat kau di jurang, anjing putihmu datang padaku dan menunjukkan di mana kau berada," kata Petani.


Joey tidak percaya. "Itu tidak mungkin anjingku, Pak," bisik anak itu. "Anjingku meninggal hampir sebulan yang lalu."


Kali ini giliran Petani yang terkejut.

^_^



Arena KKPK, 4 Januari 2014

 Kue Brownies Lezat




Judul; The Sweet Brownies

Penulis: Kharissa

112 halaman



"Uh … sebal banget enggak ada brownies!" keluh Rania.

Rania memang penggemar berat brownies, sehingga jika sehari tiada brownies, dia selalu mengeluh. Karena tiada hiburan, dia mendekati anak baru bernama Agitha. Ternyata, Agitha baik dan asyik! Sehingga, mereka bersahabat. Tapi, perjalanan persahabatan mereka sungguh panjang. Agitha rupanya sangat bertingkah aneh saat melihat brownies, yaitu menangis dan marah. Akhirnya, Rania mengetahui kalau Agitha sangat tidak suka pada brownies. Inilah yang menjadi rahasia Agitha!

Kalian penasaran membaca ceritanya? Kalau suka kisah-kisah persahabatan pastinya penasaran. Sama seperti aku. Soalnya, aku seperti melihat ceritaku sedniri bersama teman-teman. Baik di sekolah dan di rumah.

Membaca KKPK tentang persahabatan itu menarik. Termasuk buku satu ini.

(Salsa, Palembang)

Hore, 4 Januari 2015




Mengenal Pesawat Terbang

Cerita tentang musibah pesawat terbang akhir-akhir ini snagat menyedihkan. Tapi kaian tidak perlu menjadi takut naik pesawat lho. Berikut adalah cerita seputar pesawat terbang.

Pesawat terbang adalah pesawat udara yang lebih berat dari udara, bersayap tetap, dan dapat terbang dengan tenaga sendiri. Secara umum istilah pesawat terbang sering juga disebut dengan pesawat udara atau kapal terbang atau cukup pesawat dengan tujuan pendefenisian yang sama sebagai kendaraan yang mampu terbang di atmosfer atau udara.

Sejarah

Pesawat terbang yang lebih berat dari udara ini diterbangkan pertama kali oleh Wright Bersaudara (Orville Wright dan Wilbur Wright) dengan menggunakan pesawat rancangan sendiri yang dinamakan Flyer yang diluncurkan pada tahun 1903 di sekitar Amerika Serikat.

Setelah zaman Wright, pesawat terbang banyak mengalami modifikasi baik dari rancang bangun, bentuk dan mesin pesawat untuk memenuhi kebutuhan transportasi udara.Pesawat komersial yang lebih besar dibuat pada tahun 1949 bernama Bristol Brabazon.Sampai sekarang pesawat penumpang terbesar di dunia di buat oleh airbus industrie dari eropa dengan pesawat A380.

Ada dua klasifiksai pesawat terbang. Pertama, pesawat yang lebih berat daripada udara (aerodin). Pesawat yang termasuk jenis ini, yaitu autogiro, helikopter, dan pesawat bersayap tetap. Kedua, pesawat yang lebih ringan daripada udara (aerostat). Pesawat yang termasuk dalam jenis ini di antaranya kapal udara.


Sayap
Sebuah pesawat terbang memberikan gaya angkat yang dibutuhkan untuk terbang. Gaya angkat terjadi oleh aliran udara dari bagian depan di sekitar sayap. Kuncinya terletak pada bentuk dari sayap: yang melengkung pada bagian atas dan relatif rata pada bagian bawah. Ini artinya aliran udara yang melintas pada bagian atas berbeda dengan bagian bawah dari sayap.

Saat udara menerpa bagian atas sayap, menyebabkan aliran melintas menjauhi sayap.Karena bentuk lengkungan pada sayap pada bagian atas menyebabkan daerah tekanan rendah tercipta. Perbedaan tekanan bagian atas dan bagian bawah akan menciptakan gaya angkat pada sayap.

Mesin jet


Untuk bergerak ke depan melintasi udara pesawat terbang menggunakan daya dorong yang dihasilkan mesin. Hampir semua pesawat terbang komersial menggunakan mesin jet yang biasa disebut turbofans. Turbofans adalah salah satu dari keluarga mesin yang disebut mesin turbin gas. Udara dingin dimasukan pada bagian depan dengan menggunakan sudu-sudu besar (biasanya berdiameter lebih dari 3 meter). Udara yang dimasukkan ke dalam mesin dan menekan ke luar dengan menghasilkan gaya dorong.

Udara mengalir melalui sudut-sudut pada mesin yang biasa disebut kompresor. Kompresor menekan udara dan mengalir ke ruang pembakaran dengan menaikan tekanannya terlebih dahulu.Di dalam ruang pembakaran, udara dicampur dengan bahan bakar kemudian dibakar menyebabkan letupan yang terkendali.

Panas yang terjadi pada ruang pembakaran menyebabkan adanya ekspansi termal yang sangat cepat dan keluar ke bagian belakang mesin. Saat keluar dari ruang pembakaran udara panas melintasi turbin menghasilkan gaya dorong. Turbin yang terhubung akan berputar agar kompresor dapat bekerja memasukan udara dingin pada bagian depan, sehingga proses tersebut dapat dilakukan berulang-ulang secara kontinu.

Pengendali
Pada saat terbang pilot harus mengubah bentuk sayap agar pesawat dapat dikendalikan. Untuk melakukan ini dia memakai bagian sayap yang dapat digerakan yang biasa disebut permukaan control. Ini akan mengubah perggerakan udara yang melintas pada permukaan sayap dan juga mengubah arah penerbangan.

Untuk melakukan gerakan ke turun atau naik, tuas pilot menggerakan panel pada bagian ekor yang biasa disebut elevator. Jika tuas pilot digerakan ke belakang maka panel pada bagian depan elevator akan naik dan menyebabkan aliran udara menekan bagian ekor ke atas sehingga pesawat akan naik. Jika tuas pilot digerakan ke depan maka panel pada bagian depan elevator akan turun dan menyebabkan aliran udara menekan bagian ekor ke bawah sehingga pesawat akan turun.

Untuk menggerakan pesawat agar pesawat miring terhadap permukaan bumi, pilot menggerakan panel pada bagian ujung dari sayap yang disebut ailerons. Untuk tuas pilot ke kiri akan menggerakan ailerons bagian kiri ke atas akan menyebabkan sayap sebelah kiri turun. Pada saat yang sama, ailerons pada sayap kanan bergerak ke bawah menyebabkan sayap sebelah kanan ke atas.

Kombinasi dua gaya akan menyebabkan gerakan bidang pesawat miring terhadap permukaan bumi. Demikian pula, untuk kasus tuas pilot digerakan ke kanan akan meggerakan pesawat miring ke kanan terhadap permukaan bumi.

Saat membelok, pilot juga menggunakan stabiliser vertikal pada bagian ekor pesawat.Saat belok ke kiri, stabiliser bergerak ke kiri.Bagian ekor ini berbentuk seperti sebuah sayap terletak pada vertikal terhadap bidang pesawat, yang dapat digerakan ke kanan dan ke kiri.Sehingga dapat membantu pembelokan pesawat ke kanan dan ke kiri.

Saat melakukan take off bagian flaps membuat daerah permukaan sayap lebh besar dan lebih lengkung, sehingga memberikan daya angkat lebih pada sayap.

Stabilitas Pesawat
Stabilitas pesawat atau model adalah kemampuan untuk kembali ke posisi tertentu dalam suatu penerbangan ( setelah mendapat gangguan atau kondisi yang tidak normal ) . Pesawat atau model dapat menjadi stabil dalam keadaan tertentu dan tidak karena kondisi lainnya. Sebagai contoh suatu pesawat dapat stabil dalam keadaan terbang normal  tetapi menjadi tidak stabil dalam keadaan posisi terbang terbalik, demikian sebaliknya.

Keseimbangan adalah hal yang paling penting, dan harus yang diperiksa pertama kali. Untuk model yang telah dipublikasikan atau model yang telah dijual dalam bentuk kit, biasanya titik keseimbangan ini diberi tanda dengan CG ( Centre of Gravity ).

Salah satu penyebab kecelakaan pesawaat adalah cuaca yang buruk sehingga mengganggu kestabilan pesawat di udara.

(ben/net)