Friday, April 25, 2008

Hore, 27 April 2008


Mengenal Laut Mati

Teman-teman pernah mendengar laut mati ? Kenapa disebut laut mati ya?? Terus apa bedanya dengan laut biasa ? Kalau kamu mau tahu lebih lengkap baca terus artikel ini ya…

Kenapa Disebut Laut Mati ?


Laut Mati ialah danau yang membujur di daerah antara Israel, Daerah Otoritas Palestina dan Yordania. Di 417,5 m di bawah permukaan laut, merupakan titik terendah di permukaan bumi. Laut Mati amat asin, yang membuatnya tak mungkin bagi makhluk hidup untuk hidup. Inilah alasan namanya. Bagaimanapun, ini tak benar-benar mati, karena beberapa jenis bakteri bisa hidup di sini. Karena airnya begitu asin, orang bisa mengapung dengan mudah di Laut Mati tanpa kesulitan. Wisatawan datang dari seluruh dunia untuk mengapung di sini.

Sejarah Singkat Laut Mati


Banyak literatur sejarah mengenai Laut Mati ini, terutama bila di kaitkan dengan sejarah beberapa agama besar dunia (Islam, Kristen dan Yahudi). Laut Mati ini berkaitan erat dengan kisah Nabi Lut As yang mengemban misi dari Tuhan untuk menyadarkan bangsa Sodom dan Gomorah. Petunjuk yang di bawa Nabi Lut tidak mereka hiraukan sama sekali, sehingga kemudian Tuhan meminta Nabi Lut untuk pergi meninggalkan kota tersebut sebelum kemudian Tuhan menurunkan bencana dan merubah daerah tersebut menjadi apa yang sekarang kita kenal dengan Laut Mati.

Tidak akan tenggelam


Pada umumnya, setiap orang yang tercebur ke laut hampir dapat dipastikan akan tenggelam, apalagi jika tak bisa berenang. Tapi percayakah anda bahwa di Laut Mati anda tak akan pernah tenggelam, bahkan disana anda bisa mengapung di laut sambil baca koran. Kekuasaan Tuhan memang seringkali diluar jangkauan alam pikiran manusia, tapi apapun bisa terjadi bila Tuhan menghendakinya. Laut Mati memiliki daya apung yang tinggi karena mengandung kadar garam yang sangat tinggi. Menurut beberapa penelitian, dikatakan bahwa kadar garam di Laut Mati sebanding dengan 9 kali kadar garam di air laut biasa. Selain garam, air Laut Mati ini mengandung banyak Kalium, Magnesium dan Bromium.

Secara geografis, Laut Mati terletak di ujung selatan lembah Yordania. Wilayahnya terbagi dua, sebagian milik Yordania dan sebagian lagi milik Israel. Sebagai tanda perbatasan, dibeberapa tempat laut dipasang kawat berduri dan pada daerah ini pengunjung dilarang mandi.

Titik Terendah di Dunia


Laut Mati merupakan titik terendah di dunia, letaknya 407,5 meter dibawah permukaan laut. Sebenarnya, Laut Mati bukanlah laut. Ia adalah danau yang dikelilingi daratan Israel dan Yordania. Laut Mati juga merupakan muara dari Sungai Jordan. Sungai ini mengalir dari Danau Tiberias menerobos Lembah Jordan, dan akhirnya masuk ke Laut Mati.

Mengandung Lumpur Mineral Untuk Kesehatan karena mengandung khasiat tertentu untuk kesehatan, banyak orang yang sengaja mandi untuk menyembuhkan macam-macam penyakit kulit. Lumpur dan macam-macam mineral dari Laut Mati ini juga banyak digarap menjadi bahan kosmetika. Bahkan, disana terdapat salah satu pabrik kosmetika besar Israel yang melulu membuat bahan-bahan kosmetik dari mineral yang terkandung di dalam Laut Mati.

Untuk para wisatawan, terdapat banyak hotel-hotel besar yang siap melayani pengunjung. Kebanyakan wisatawan berkunjung ke sini untuk mandi dan mengunjungi Masada yang merupakan benteng terakhir pertahanan bangsa Yahudi melawan kekaisaran Romawi.

Keindahan Laut Mati

Selain berkhasiat, konon kabarnya Laut Mati juga memiliki keindahan tersendiri. Air biru kehijau-hijauan yang amat tenang dan bongkah-bongkah garam yang bagaikan unggukan kristal membuat pemandangan menjadi sangat istimewa. Di tepi Laut Mati ini kita bisa menyerok garam yang putih bersih, yang dapat dipakai sebagai garam dapur. Kadar garam yang sangat tinggi di Laut Mati ini juga mempengaruhi kadar garam di udara.

(ben)

No comments: