Friday, July 09, 2010

HORE, 11 Juli 2010

Semangat Kembali Sekolah

Liburan akan segera berakhir ! Kita akan kembali menghadapi pelajaran dan rutinitas sekolah. Bukan hal yang mudah untuk tetap semangat kembali ke sekolah. Apalagi, slama waktu yang lumayan panjang kita menikmati liburan dengan bebas tanpa beban seperti : boleh tidur larut malam, nonton tv, main game, dan lainnya.

Nah, biar kita tetap semangat untuk kembali sekolah. Ada beberapa tips yang bisa kita lakukan.

Peralatan Baru

Dengan peralatan baru, kita tentunya akan senang dan semangat. Nah, jika orangtua kita mengajak membeli peralatan sekolah yang baru, mintalah agar kita memilih sendiri alat-alat baru yang kita sukai seperti : tas sekolah, tempat minum/makanan, buku-buku tulis, rautan dan semacamnya. Tentu saja kita harus pandai memilih. Jangan hanya tertarik oleh harga yang mahal, kalau hargannya ada yang lebih murah tapi kualitasnya juga baik, kita bisa pilih. Cobalah memilih dengan teliti barang yang dibeli, jangan hanya karena bagus bentuknya, kita asal pilih.

Oh iya, kita juga harus ingat bahwa kebutuhan di rumah kita tidak hanya untuk membeli perlengkapan sekolah. Orangtua kita punya kebutuhan lainnya juga. Jadi, kalau orangtua membatasi barang yang akan dibeli, kalian tak usah kecewa. Dan saat kalian memakai perlatan yang baru, tidak perlu pamer dan sombong di sekolah nanti. Ingat, tidak semua anak dibelikan peralatan baru oleh orangtuanya.

Bersama Berkreasi

Bagi yang masih menggunakan alat-alat sekolah lama, ajak orangtua dan kakak bersama-sama untuk menciptakan kreasi sendiri, seperti : membuat tempat pensil, menambah pernak-pernik tas sekolah atau melukis apa yang kita suka di tas sekolah lama, mencuci sepatu bersama, dan lainnya. Dengan kebersamaan ini tentu akan menyenangkan hati kita sehingga tetap semangat.

Tak perlu bersedih jika kita tak mengtgunakan hal-hal baru ketika kembali ke sekolah. Bisa saja orangtua kita sedang memerlukan uang untuk hal yang lebih penting. Yang penting kita memakai semuanya dalam keadaan bersih saat kembali sekolah. Dengan begitu, kita akan memiliki semangat baru.

Bekal sekolah yang menarik

Cobalah meminta kepada Ibu untuk memasak menu khusus sebagai sarapan di hari pertama kembali sekolah. Atau cobalah memasak sendiri atau paling tidak memasak sarapanmu sendiri. Cobalah menu baru tapi tidak perlu yang merepotkan. Misalnya, jika sebelumnya kamu biasa sarapan dengan nasi goreng dengan telor dadar, cobalah untuk membuat telur mata sapi ditaburi keju.


Selain untuk sarapan, kamu juga membantu ibu menyiapkan bekal untuk dibawa ke sekolah. Hmm, siapa tahu di hari pertama sekolah, kantin belum buka. Kalaupun buka, makanan yang dijual bleum lengkap. Nah, daripada perutmu kosong, mendingan kita bawa bekal sendiri saja dari rumah. Buatlah bekal yang benar-benar menarik.

Pola Tidur

Bisa jadi selama liburan, pola tidur kita jadi tidak teratur. Jika pada saat sekolah kita terbiasa bangun pagi, di saat liburan lebih bebas bangun siang. Sedangkan malam hari, bisa tidur lebih malam. Palagi ada pertandingan Piala Dunia yang seru.


Agar kita bisa kembali ke pola tidur pada saat sekolah, beberapa hari menjelang liburan berakhir, biasakan menepati jadwal tidur dan bangun seperti saat sekolah. Sehingga pada saat sekolah sudah dimulai, kita sudah siap dengan pola yang lama. Masih susah juga? Buatlah poster di dinding yang mengingatkan kita untuk disiplin tidur. Jika perlu, putarlah alarm pada jam untuk mebangunkan kita agar tidak kesiangan bangun.

Teman-teman sekolah

Dengan mengingatkan teman-teman sekolah sekolah bisa membuat kita bersemangat kembali ke sekolah. Cobalah ingat teman sebangku kita yang menyenangkan, teman kita yang lucu, teman yang baik hati. Wuah, selama liburan kita tidak bisa bermain bersama mereka, kan?

Jika lingkungan dan hubungan dengan teman-teman sekolah cukup baik, akan ada rasa rindu bertemu teman-teman kita itu. Terlebih setelah liburan panjang, kita telah menyimpan banyak pengalaman yang bisa diceritakan pada teman-teman.


Selain teman-teman, kita juga tentunya merindukan bertemu guru-guru kita, pak penjaga sekolah, ibu kantin, termasuk buku-buku di perpustakaan sekolah. Ingatlah hal-hal yang menyanagkan saat kita sekolah sehingga kita terus bersemangat masuk sekolah.

Nah, mudah-mudahan tips ini berguna bagi kalin. Biar kalian tidak terus keenakan liburan. Ayo kita kembali sekolah dengan semangat baru!

(ben)

No comments: