Friday, June 30, 2017

Hore, 2 Juli 2017



Yuk, Belajar Berenang 



Kalian bisa berenang? Berenang itu banyak manfaatnya . Tetapi  tidak semua orang mau belajar berenang karena takut. Hmm, padahala tidak terlalu sulit kok.

Nah ini ada  tips cara mudah belajar berenang bagi pemula. Ayo dicoba!

Belajar Pernapasan

Sebelum mulai berenang pastikan pemanasan dulu. Selanjutnya, hal pertama yang perlu dilakukan pemula adalah mengatur napas dalam air. Caranya ambil napas yang panjang, lalu masukkan semua badan ke dalam kolam. Tahan napas sambil hitung (dalam hati) berapa detik  bisa tahan napas dalam air. Di dalam air usahakan bikin gelembung. Keluarkan nafas sedikit demi sedikit melalui mulut atau hidung. Karena ternyata kalau nahan napas tanpa dikeluarkan malah bikin kita  sesak. Kalau hitungan tahan napas di dalam air masih kurang dari 10 detik, ulangi lagi sampai bener bener napasnya lancar sekitar 15-20 detik. Belajar napas ini penting agar tidak cepet lelah.

Teknik Awal Meluncur

Untuk teknik awal meluncur ini, lakukan  saja seperti biasa. Posisi berdiri (kalau kolamnya dalam) atau jongkok (kalau kolamnya dangkal), dengan kaki kanan ditempelkan di dinding kolam. Sedangkan kedua tangan sejajar ke depan. Untuk awal-awal, kita hanya perlu meluncur  dengan menendang kaki dari dinding kolam , dan meluncur ke depan tanpa menggunakan gaya apapun. Karena teknik ini cuman buat latihan, belum masuk ke teknik gaya renang.

Saat meluncur di dalam air, pastikan kepala menghadap dasar kolam, dagu menyentuh leher dan posisi telinga sejajar dengan lengan. Lakukan teknik ini dalam sekali nafas dan pastikan selama di dalam air sambil bikin gelembung. Kalau napas mau habis, berhenti  dan ulang lagi dari awal. Terus lakukan teknik ini berulang-ulang sampai lancar.

Gaya Renang

Kalau teknik bernapas dan meluncur sudah lancar, baru deh belajar gaya renang. Ada empat jenis gaya renang yaitu Gaya Katak/Gaya Dada, Gaya Kupu-kupu, Gaya Punggung dan Gaya Bebas. Yang paling susah dipelajari dan paling memakan banyak energi adalah gaya kupu-kupu.

Untuk pemula yang baru belajar berenang disarankan untuk mempelajari gaya katak terlebih dahulu. Jika gaya katak sudah bisa dan lancar, belajar gaya punggung dan gaya bebasnya jadi lebih gampang. Untuk belajar gaya renang sebaiknya belajar kepada yang sudah mahir.

Nah, selamat berlatih.

No comments: