Friday, August 15, 2008

Hore, 17 Agustus 2008




Merayakan Hari Kemerdekaan dengan Cara Berbeda!


Apa yang kalian lakukan di hari Kemerdekaan Negara tercinta kita ini? Siapa yang ikut jadi pasukan pengibar bendera? Siapa yang ikut lomba balap kerupuk? Siapa yang ikut lomba marathon mini? Siapa yang tampil di pentas Agustusan?

Wah, tentu menyenangkan bisa ikut meramaikan suasana Agustusan di sekitar rumah ataupun sekolah kita ya. Tapi, kita juga bisa lho merayakan hari Kemerdekaan kita itu tidak seperti yang ditulis di atas. Hm, kita rayakan saja Hari Kemerdekaan kita dengan cara istimewa yang benar-benar berbeda tahun ini. Cara merayakan berdasarkan tanggal, bulan dan tahun kemerdekaan kita tentunya!



Menyumbang 17 Benda

Angka 17 menunjukkan tanggal Hari Kemerdekaan kita. Nah, kita mulai kegiatan kita merayakan HUT Proklamasi dengan angka ini yuk!

Coba kamu bongkar isi kamar dan rumahmu. Eh, tentu saja kalian harus bilang dulu kepada mama dan papa. Cobalah kemudian kalian kumpulan 17 benda yang tidak kamu pakai lagi tapi masih bisa bermanfaat bagi orang lain. Misalnya saja buku, pakaian, dan mainan.

Ya, kumpulkan sebanyak 17 benda tersebut. Tentu saja bisa dicampur-campur. Jika masih kurang dari 17 jumlah benda yang kamu kumpulkan, kamu bisa meminta kepada Mama dan papa, atau kakak dan adik.

Misalnya saja, kamu kumpulkan 10 buku cerita, 4 mainan, 2 potong pakaian, sepasang sepatu. Nah jumlahnya kan jadi 17 benda. Jika kamu hanya punya 5 buku cerita yang ingin kamu sumbangkan, kamu bisa menggantinya dengan 5 potong baju kakak ataupun adikmu. Atau mungkin kamu bisa membeli 5 buku tulis baru. Yang penting jumlahnya jadi 17 benda.

Nah, 17 benda yang dikumpulkan itu kemudian kamu sumbangkan ke panti asuhan atau bahkan ke teman kamu yang membutuhkannya. Seru, kan?


Menanam 8 Pohon

Angka 8 menujukkan bulan Agustus. Nah, kita bisa lho merayakan Hari Emerdekaan dengan kegiatan menanam pohon. Jumlahnya kita sesuaikan dengan bulan Agustus, yakni sebanyak 8 pohon.

Kalian bisa menanam 8 pohon dengan jenis pohon yang berbeda. Mungkin ada yang berbuah nantinya, ada tanaman obat, ada juga tanaman hias. Pokoknya terserah kalian saja.

Jika halaman rumah kalian luas, 8 pohon itu bisa ditanam di halaman. Tapi jika sempit, kalian bisa memnanamnya di pot. Kalian tidak usah kebingungan dengan pot tanaman jika tak punya uang. Manfaatkan saja kaleng bekas yang ada di sekitar rumah. Jangan lupa bertanya sama Mama dan papa cara menanam pohon yang benar di dalam pot.

Pohon yang kalian tanam jangan lupa dirawat dan dijaga ya! Sebab, menanam pohon sebenarnya hal mudh. Tapi merawatnya itu yang kita sering lalai. Ayo ngaku!



Menulis 1945 Huruf



Kalian masih ingin merayakan Hari Kemerdekaan dengan cara berbeda lagi? Cobalah menulis cerita tentang kegiatan Agustusan di rumahmu ataupun menulis pendapat kamu tentang Hari Kemerdekaan. Nah, tulisan kamu panjangnya bisa sekitar 1945 huruf. Tidak panjang lho. Masih lebih pendek dibandingkan artikel ini.

Tulisan itu bisa kalian kirimkan ke majalah dinding sekolah, atau kalau kalian punya blog di Internet ya kalian pasang di blog. Jika kalian simpan untuk sendiri pun tidak apa-apa, karena sebenarnya kalian sudah mencoba melatih kamapuan menuangkan apa yang ada di pikiran kita ke dalam tulisan. Itu sudah pekerjaan yang hebat.


Oh iya, jika kalian punya sahabat, bisa juga lho melakukan kegiatan di atas bersama. Rasanya pasti akan heboh dan seru. Mau dicoba mulai sekarang? Silakan mencoba!
(ben)

No comments: