Friday, September 07, 2012

HORE, 9 September 2012



Taman Kota Terkenal di Dunia

Taman merupakan sebuah areal yang berisikan komponen material keras dan lunak yang saling mendukung satu sama lainnya yang sengaja direncanakan dan dibuat oleh manusia dalam kegunaanya sebagai tempat penyegar dalam dan luar ruangan. Taman dapat dibagi dalam taman alami dan taman buatan. Taman yang sering dijumpai adalah taman rumah tinggal, taman lingkungan, taman bermain, taman rekreasi, taman botani.

Saat ini hampir di setiap kota di seluruh dunia memiliki dinas pertamanan yang tugasnya mengurusi perencanaan, pembuatan dan perawatan taman di sebuah kota. Semua kota gencar menata pertamanannya untuk mengimbangi polusi kendaraan bermotor. Kota besar idealnya memiliki ruang sebesar 30 persen dari luas kotanya untuk pertamanan.

Taman bisa mencirikan sebuah ekosistem, seperti taman tropis, taman sub tropis, pegunungan, pantai dan padang pasir. Menyangkut aspek yang berhubungan dengan kebudayaan, taman bisa mencirikan suatu kebudayaan, seperti taman gaya Perancis, Taman gaya Jepang atauTaman gaya Bali.

Yuk, kita kenalan dengan beberapa taman terkenal di dunia.

Central Park, New York






Taman ini terletak di New York, Amerika Serikat,  diselesaikan selama periode 25 tahun dan merupakan salah satu taman terbesar di negeri ini. Taman ini bisa juga di sebut sebagai salah satu taman yang paling banyak dikunjungi di dunia. Kamu bisa melakukan apa aja di dalam taman ini seperti bersepeda, skating dan banyak lagi. Museum, restoran dan galeri seni semua ada di taman ini.


Chapultepec Park, Mexico City

 

Taman di ibu kota negara Mexico ini memiliki wilayah yang luas dan merupakan salah satu tempat berkumpul paling populer di kota. Taman ini memiliki sejumlah museum, kebun binatang, tempat berenang, berperahu di taman ini juga terdapat tempat kediaman presiden Meksiko.

Stanley Park, Vancouver

 

Taman yang berada di kota Vancouver, Canada,  ini sangat mudah di akses oleh siapa saja karena banyak rute dan jalan yang menuju taman ke taman ini. Taman ini berisi sejumlah kolam, hutan, deretan jalan pejalan kaki, sejumlah tempat olahraga, pantai yang indah dan zona game. Taman ini memiliki luas 1100 hektar dan merupakan salah satu taman terbesar di dunia.


Kings Park, Australia

 

Kings Park merupakan taman yang paling terkenal di barat Australia. Taman ini dilengkapi dengan berbagai pohon dan bunga dari semua jenis yang ada di duniakamu bisa menemukan pohon dan bunga langka yang sulit di temukan di dunia, berjalan jalan di taman ini bersama teman dan keluarga sunguh mengasikan dan bisa mengusir stres kamu.

Di Indonesia, kita juga bisa menemukan taman di beberapa kota. Yang paling terkenal adalah Kebun Raya Bogor. Di Palembang, kita memiliki taman peninggalan masa penjajahan Belanda yakni Taman Kambang iwak. Selain sebafgai paru-paru kota, taman juga bisa dijadikan tempat belajar mengenai ekosistem, dan juga obyek wisata.

Yuk, kita jaga bersama keasrian dan kebersihan taman kotayang kita singgahi.

(ben/net)

No comments: