Friday, September 19, 2014

Hore, 21 Sptember 2014

5 Tiara Paling Cantik di Dunia



Setiap perempuan tentu pernah bermimpi menjadi seorang putri dengan tiara atau mahkota di kepala. Bentuk tiara atau mahkota yang begitu indah memang mampu memancarkan kecantikan dan keanggunan seorang wanita, sehingga banyak wanita yang ingin untuk mengenakan dan memilikinya.

Secara tradisional, mahkota merupakan simbol dari kekuasaan, kejayaan, dan kemakmuran. Oleh karena itu, sejak dulu mahkota atau tiara menjadi simbol bagi keluarga kerajaan dan hanya bisa digunakan oleh anggota keluarga kerajaan tersebut.

Berikut ini adalah lima mahkota paling indah di dunia milik para keluarga kerajaan:





The Cameo Tiara milik Ratu Josephine (Swedia)
Sepeninggal Josephine dari Leuchtenberg pada tahun 1876, Cameo Tiara ini pun menjadi milik Raja Oscar II. Dari situ, Cameo Tiara ini terus diturunkan ke anggota kerajaan, hingga akhirnya pada tahun 1961 Cameo Tiara ini digunakancsebagai mahkota pernikahan oleh Princess Brigitta saat pernikahannya dengan Pangeran Johann Georg dari Hohenzolern.

Dari sinilah tradisi mengenakan Cameo Tiara sebagai mahkota pernikahan anggota keluarga kerajaan dimulai. Tiara ini juga pernah digunakaan saat pernikahan Princess Désirée pada tahun 1964, pernikahan Ratu Silvia pada 1976, dan pernikahan Putri Victoria di bulan Juni 2010 lalu.

The Burmese Ruby Tiara milik Ratu Elizabeth (Inggris)


Rakyat Birma, atau kini lebih dikenal sebagai Myanmar, memiliki kepercayaan bahwa rubi mampu melindungi pemiliknya dari kejahatan dan penyakit. Mereka meyakini ada 96 penyakit yang dapat menyerang manusia. Oleh karena itu, saat Ratu Elizabeth II menikah pada tahun 1947, mereka menghadiahkan 96 batu rubi kepadanya.

96 rubi ini kemudian dimanfaatkan untuk membuat sebuah tiara oleh Garrard pada tahun 1973 atas perintah Ratu Elizabeth. Tiara yang kemudian dikenal dengan nama The Burmese Ruby Tiara ini memilki desain seperti karangan bunga mawar merah dan tiap mawar memiliki rubi di bagian tengah serta beberapa berlian sebagai kelopaknya.

The Mellerio Floral Tiara milik Putri Sofia (Spanyol)





Tiara ini dibuat oleh pembuat perhiasan asal Prancis, Mellerio, pada tahun 1962. Tiara yang kemudian disebut sebagai The Mellerio Floral Tiara atau The Spanish Floral Tiara ini kemudian diberikan oleh Jendral Franco untuk Putri Sofia dari Yunani dan Denmark sebagai hadiah pernikahannya dengan Juan Carlos.

Tidak hanya digunakan sebagai tiara, The Mellerio Floral Tiara ini juga bisa digunakan sebagai kalung dan bros. Ratu Sofia sendiri pernah mengenakan tiara bermotif floral tersebut sebagai kalung pada pesta pre-weddingnya.

Kabarnya, tiara ini menjadi favorit para anggota kerajaan dan merupakan tiara yang paling banyak digunakan oleh anggota kerajaan, seperti Infanta Elena (putri tertua dari Raja Juan Carlos dan Putri Sofia), Infanta Christina (putri termuda dari Raja Juan Carlos dan Putri Sofia), serta Putri Letizia (istri dari Pangeran Felipe).

Gandik Diraja milik Malaysia



Tiara kerajaan yang dikenal sebagai Gandik Diraja ini dibuat dengan beberapa motif tradisional, yaitu sebuah bulan sabit dengan bintang ditengahnya dan motif awan berliuk atau dikenal sebagai Awan Larat.

Tiara ini merupakan bagian dari perhiasan kerajaan yang akan diturunkan dari ke ratu (Raja Permaisuri Agong) berikutnya yang terpilih melalui pemilihan umum setiap lima tahun. Tiara ini juga dilengkapi dengan kalung yang diberi nama Kalung Diraja. Sama halnya dengan Gandik Diraja, Kalung Diaraja juga terbuta dari platinum dan berlian.

Cambridge Lover’s Knot Tiara milik Ratu Mary (Inggris)



Salah satu tiara yang paling terkenal karena keindahannya adalah The Cambridge Lover’s Knot Tiara, yang dibuat oleh Garrard pada tahun 1913 atas perintah Ratu Mary, istri dari Raja George V. Tiara ini terbuat dari mutiara besar berbentuk tetesan air yang digantung pada 19 berlian berbentuk bulat, dan dilengkapi dengan berlian berbentuk hati di atasnya.


Sepeninggal Ratu Mary pada tahun 1963, tiara ini kemudian diturunkan ke Ratu Elizabeth II. Selanjutnya, Ratu Elizabeth II memberikan The Cambridge Lover’s Know Tiara ini ke Putri Diana sebagai hadiah pernikahan pada tahun 1981. Putri Diana kemudian mengembalikan tiara ini ke Ratu Elizabeth setelah bercerai dengan Pangeran Charles pada tahun 1996.



No comments: