Friday, December 21, 2012

HORE, 23 Desember 2012

-->
Liburan tetapi hujan. Jangan cemas, karena kita bisa tetap bermain di rumah. Salah satu yang paling digemari adalah permainan papan. Permainan papan merupakan jenis permainan yang dimainkan di atas papan yang khas bagi permainan tersebut.  Di tingkat dasar, terdapat banyak jenis dan gaya permainan papanmisalanya saja catur.
Permainan papan sudah ada sejak zaman kuno, misalnya pada peradaban Jiroft dan Mesir Kuno pada milenium ke-3 SM. Banyak permainan papan sekarang hadir dalam bentuk komputer, yang dapat termasuk komputer itu sendiri sebagai salah satu dari beberapa pemain, maupun lawan tunggal. Beberapa permainan papan menggunakan komponen sebagai tambahan - atau pengganti - papan dan pemain.




Dam Inggris

Dam Inggris, yang kadang-kadang juga disebut Dam Amerika, biasanya disebut dam saja di Amerika Serikat, adalah sejenis permainan papan dam yang dimainkan di atas papan berukuran 8×8 kotak dengan 12 buah permainan di masing-masing pihak yang hanya diizinkan melangkah dan menangkap sambil maju.

Seperti halnya dalam semua jenis permainan dam, dam Inggris dimainkan oleh dua orang yang berhadap-hadapan dengan sebuah papan permainan, dengan melangkah bergantian. Pemain yang satu memainkan buah berwarna hitam, yang lainnya berwarna putih. Biasanya, papan permainan dibagi-bagi dalam kotak-kotak yang berwarna hitam dan merah. Buah-buah permainan melangkah diagonal dan buah-buah lawan ditangkap dengan melangkahinya.

Aturan permainan:

    * Papan - Papan permainan dibagi menjadi 8×8 kotak, dengan warna-warna hitam dan merah berganti-ganti. Permukaan yang dapat dimainkan terdiri atas 32 kotak hitam saja.Akibatnya, dari perspektif masing-masing pemain, sudut-sudut kiri dan kanan menuntut strategi-strategi yang berbeda.
    * Buah permainan - Buah-buah permianan biasanya dibuat dari kayu, berbentuk bulat dan pipih. Mereka biasanya dibagi menjadi buah yang berwarna gelap dan yang lebih terang. Biasanya, warna-warnanya merah dan putih. Ada dua jenis buah permainan: "orang" dan "raja". "Raja" dibedakan dari "orang" dengan cara menumpukkan dua buah permainan yang berarna sama.
    * Posisi awal - Masing-masing pemain mulai dengan 12 buah permainan yang ditempatkan dalam tiga barisan yang terdekat dengan mereka, seperti terlihat dalam diagram. Baris terdekat dengan masing-masing pemain disebut "kepala mahkota" atau "barisan raja". Buah hitam (atau yang berwarna lebih gelap) membuka permainan.

Backgamm
on

Backgammon adalah sebuah permainan papan untuk dua pemain. Setiap pemain memiliki limabelas biji yang digerakkan di atas papan yang terdiri dari duapuluh empat segitiga menurut lemparan dua dadu. Tujuan permainan adalah menjadi pemain pertama yang menempatkan semua bijinya di luar papan permainan.

Backgammon adalah permainan tertua yang pernah dicatat dalam sejarah. Secara tradisional, permainan ini dianggap berasal dari Mesopotamia  (sekarang terletak di Irak). Dalam bahasa Inggris, kata backgammon dianggap berasal dari back (kembali) dan kata bahasa Middle English gamen  (game/permainan).

Scrable

Pada tahun 1948, pengacara James Brunot, penduduk asal Newtown, Connecticut membeli hak memproduksi permainan "Criss-Crosswords" dengan janji memberi Butts royalti dari setiap unit yang terjual. Sebagai pemilik yang baru, Brunot mengganti nama permainan menjadi "Scrabble", sebuah kata dalam bahasa Inggris yang berarti "berjuang membanting tulang". Brunot hanya sedikit mengubah kotak-kotak "bonus" pada papan permainan, dan menyederhanakan aturan permainan. Permainan Scrabble ternyata laku dijual. Salah satu pembelinya adalah toko serba ada Macy's yang berhasil mengangkat Scrabble menjadi mainan yang ingin dibeli konsumen.

Pada tahun 1953, Brunot menjual hak produksi permainan Scrabble kepada Selchow and Righter, karena kapasitas produksi tidak mampu lagi memenuhi permintaan. Seperti halnya Parker Brothers dan Milton Bradley, Selchow and Righter adalah salah satu dari pabrik mainan besar yang dulu pernah menolak untuk membeli permainan Scrabble. Di Britania Raya dan Australia, Scrabble mulai dipasarkan J. W. Spear & Sons tanggal 19 Januari 1955. Perusahaan J. W. Spear & Sons sekarang merupakan anak perusahaan dari Mattel Pada tahun 1986, Selchow and Righter menjual permainan ini kepada Coleco yang kemudian menjualnya lagi kepada Hasbro.
(ben/net)

No comments: