Friday, September 01, 2017

Hore, 3 September 2017

Sedih Karena Ditinggal Orang Tercinta


Perasaan kehilangan bukanlah hal yang mudah untuk diatasi, terlebih lagi jika kehilangan orang yang amat kita cintai. Saudara maupun orangtia kita. Kita jadi memiiki perasaan sedih mendalam. Tentunya kita butuh beberapa waktu untuk dapat pulih kembali ke keadaan semula.

Nah, berikut adalah hal yang  bisa  kita lakukan untuk menghadapi kesedihan

1. Bergantung kepada teman atau kerabat

Inilah saatnya untuk bersandar kepada orang-orang yang peduli. Rangkul orang-orang yang kita cintai  dan dekat. Terima bantuan yang mereka berikan tidak usah malu.

2. Beribadah

Aktivitas spiritual seperti, berdoa, membaca kitab suci, atau pergi ke tempat ibadah dapat membantu menghibur hati kita juga lho..

3. Hadapi perasaan

Kita bisa mencoba untuk memendam kesedihan, namun tak akan bisa menghindar dari hal ini untuk selamanya. Mencoba untuk menahan perasaan sedih dan kehilangan hanya akan memperpanjang proses kesedihan. Kesedihan yang belum terselesaikan juga dapat menyebabkan depresi, gelisah, sampai gangguan kesehatan.

4. Mengekspresikan perasaan dengan jelas

Tulis cerita tentang rasa kehilangan kita. Jika kehilangan orang yang dicintai, tulis sebuah surat dan ungkapkan kata-kata yang belum sempat diungkapkan. Buat scrapbook atau album foto untuk mengenang masa-masa ketika ia hidup dan ikut berpartisipasi dalam kegiatan atau organisasi yang berarti bagi dirinya. Bagi yang suka menggambar, bisa dengan menggambar sesatu yang bisa melepas kesedihan.

5. Menjaga diri sendiri

Makan yang teratur, berolahraga, dan istirahat yang cukup dapat membuat kita lebih kuat dari hari ke hari untuk terus maju.

6. Membantu orang lain

Membantu orang lain akan memberi manfaat untuk membuat kita merasa lebih baik. Berbagi cerita mengenai orang yang telah tiada juga akan membuat orang lain mampu mengatasi kepedihan.

Nah, jangan lupa tanamkan perasaan bahwa orang yang meninggal lebih suka jika tidak larut dalam kesedihan. Lagi pula kita harus terus mengisi kehidupan ini agar lebih berarti, bukan?


No comments: