Friday, September 17, 2010

HORE, 19 September 2010


Akuarium Unik di Dunia


Akuarium merupakan wadah atau tempat untuk memelihara berbagai jenis komunitas kehidupan dalam air, seperti: ikan, amphibi, tanaman air, moluska, koral, dan berbagai jenis invertebrata lainnya.

Umumnya dinding akuarium terbuat dari kaca karena transparan memungkinkan kita untuk menikmati aktifitas kehidupan dalam air secara horisontal. Selain kaca, bahan transparan lain yang kerap digunakan untuk akuarium adalah akrilik. Akrilik mempunyai kelemahan antara lain mudah tergores, dan bisa mengalami deformasi bentuk akibat tekanan air, sehingga bisa terjadi distorsi pandangan kedalam akuarium. Hal ini bisa mengurangi kenyamanan dalam menikmati keindahan sebuat akuarium.

Akuarium Terbesar

Akuarium Georgia dibangun di atas kawasan seluas 81.000 m2. Untuk menampung 100.000 lebih satwa air laut dan tawar dari 500 spesies, dibutuhkan 30.000 meter kubik air dan 680 ton garam. Sarana wisata yang diresmikan pada tanggal 23 November 2005 ini merupakan akuarium terbesar di dunia. Pembangunannya memakan waktu 27 bulan dan menelan biaya lebih dari 300 juta US dolar (2001). Dana tersebut terutama berasal dari sumbangan pribadi Bernie Marcus, salah seorang pendiri Home Depot.

Panorama dasar laut digelar dalam lima ruangan pameran, yaitu Georgia Explorer, River Scout, Cold-Water Quest, Ocean Voyager, dan Tropical Diver. Di samping itu, disediakan pula ruang pesta (Oceans Ballroom), toko cendera mata, ruang pemutaran film 3-D, dan kafetaria ala Amerika.

Akuarium Terbesar di Jepang

Akuarium Churaumi Okinawa adalah akuarium yang terletak di Taman Ocean Expo, barat laut Okinawa. Akuarium Churaumi adalah akuarium terbesar nomor dua di dunia setelah dibukanya Akuarium Georgia di Atlanta pada 2005.


Akuarium ini memamerkan kehidupan biologi laut di terumbu karang, laut dalam, dan arus Kuroshio yang mengalir melintasi Kepulauan Jepang. Dari keseluruhan 77 tangki akuarium,tangki terbesar disebut Akuarium Laut Kuroshio yang dapat menampung 7.500 m³ air (panjang 10 m, lebar 35 m, kedalaman 27 m), atau setara dengan kapasitas tiga kolam renang ukuran Olimpiade.

Dari balik kaca akrilik dinding akuarium berukuran tinggi 8,2 m, lebar 22,5 m, tebal 60 cm, dan berat 135 ton, pengunjung dapat menyaksikan sejumlah 70 spesies ikan, di antaranya ikan hiu paus, hiu, dan pari manta sebagai atraksi utama. Akuarium lainnya di Laboratorium Riset Hiu berisi hiu banteng dan hiu harimau.

Terbesar di Afrika

UShaka Marine World, yang terletak di strip tanah antara pantai dan pelabuhan di Durban, KwaZulu-Natal, Afrika Selatan, sebuah taman hiburan yang indah. Akuarium ini merupakan terbesar kelima di dunia dengan 32 tangki air. Makhluk-makhluk laut yang ditemukan dalam rentang akuarium dari kuda laut kecil semua jalan sampai hiu dan lumba-lumba. Aquarium dibangun untuk terlihat seperti tempat yang antic berupa ruangan kapal yang karam di lautan

Aquarium Silinder Terbesar di Dunia

AquaDom berada di sebuah hotel bernama Radisson Hotel Aquarium, Berlin, Jerman. Aquadom merupakan akuarium dengan tinggi 25 meter, dengan kapasitas sebesar 260.000 galon air dan lebih dari 2.500 ikan (56 jenis). Pengunjung dapat berjalan melalui akuarium menggunakan lift dan pergi ke puncak dimana ada restoran dan pandangan terbuka kota. Kamar hotel ini juga dilengkapi dengan panorama tampilan bawah laut.

Wah, seru ya kalau kita bisa melihat akuarum besar itu. Mudah-mudahan saja nanti akan ada akuarium besar di kota kita tercinta ini. Isinya, jenis-jenis ikan yang hidup di sungai Musi. Hm, soalnya kita kan tidak bisa melihat langsung isi sungai musi.

(ben)


No comments: