Friday, November 19, 2010

HORE, 21 November 2010

10 Hewan Terpandai di Dunia


Manusia merupakan makhluk berakal. Itu sebabnya kepandaian manusia jelas lebih di atas makhluk hidup lain di dunia. Namun, beberapa peneliti juga menyimpulkan bahwa binatang pun memiliki kepandaian. Kira-kira binatang apa saja ya?


Laba-laba



Ilmuan telah banyak mencoba meneliti seberapa pintar laba-laba dapat memecahkan masalah. dan terbukti. Laba-laba memang sangat pintar bagi hewan sekelas serangga kecil. Namun memang, tak semua laba-laba memiliki kecerdasan yang sama. Spesies paling pintar dari semua laba-laba adalah Portia Labiata, Laba-Laba pelompat dari timur.


Tikus



Film Tom & Jerry sebenarnya tidak bohong. Jerry seekor tikus rumahan yang jail dan pandai memang benar-benar ada. Tikus-Tikus memang sangat cerdik dan licik. Tikus adalah salah satu makhluk pintar dan cerdik yang populer digunakan sebagai binatang uji coba laboratorium. Tikus memiliki psikologi yang hampir mirip dengan manusia. Mereka dapat merasa stress, sedih, gembira, bahkan menyesal. Tikus juga dapat bermimpi layaknya manusia dan mempelajari hal-hal baru. Kecerdasannya banyak digunakan untuk mengenali berbagai makanan. Mereka mengenal makanan beracun, enak, pahit, dll lewat pengalamannya.

Gagak





Gagak adalah Rajanya para Unggas. Ia adalah unggas terpintar yang pernah diciptakan! Maka dari itu, Gagak menjadi icon utama pada logo JFA (Persatuan sepakbola Jepang).


Gagak hidup berkelompok, mereka dapat membuat prabotan sendiri layaknya manusia dan juga mereka dapat mengatur strategi pemburuan yang jenius. Gagak mampu membuat pisau dari rerumputan dan dedaunan kering untuk memetik buah, mereka menggunakan serpihan roti untuk memancing ikan keluar, atau menunggu mobil piknik lewat dan mengambil makanan yang disimpan diatas mobil.


Menurut Al-Quran, Allah memerintahkan Qabil (Anak Nabi Adam) untuk memakamkan saudaranya seperti "Gagak memakamkan sesamanya".


Gurita



Gurita adalah hewan bertentakel terpintar di dunia. Gurita memiliki otak yang sangat besar. Kemampuan memecahkan masalah adalah hal yang paling mereka kuasai. Seekor Gurita sering ditemukan berada di bagian dalam bawah kapal pesiar sedang menangkap kepting, Entah bagaimana caranya ia masuk.


Percobaan yang pernah dilakukan Ilmuan pada gurita membuahkan hasil yang luar biasa.


Percobaan pertama, Ilmuan memberikan toples berisi kepiting kepada si Gurita. Gurita dengan cerdik meremas tutup toples dengan tentakel-tentakelnya. Setelah tentakel-tentakelnya kuat menempel pada tutup toples. Ia menarik tutup toples keatas hingga tutup terbuka dan langsung menangkap si kepiting.


Percobaan kedua, Ilmuan bahkan dengan iseng memberikan Rubik kepada Gurita. Tanpa diduga, Gurita memainkannya hingga mendekati selesai. Walaupun Rubik tidak terpecahkan.


Gurita-pun dapat dengan cepat mengerjakan soal matematika.


Anjing



Tak dipungkiri. Anjing adalah hewan yang sangat cerdas yang pernah ada di Bumi ini. Spesies paling cerdas dari semua anjing adalah Border Collie yang berasal dari Scotland. Di tempat asalnya, anjing ini digunakan manusia untuk menggembalakan ternak. Anjing memang dapat membantu berbagai urusan sehari-hari manusia. Mereka berguna dalam menjaga rumah, melacak penjahat, mengejar copet,dll. Selain itu, Anjing juga dapat diajarkan hal apa saja sesuka kita. Anjing dapat diajarkan Main Sepabola, Menyelesaikan perhitungan matematika, Menonton TV, bahkan dapat diajarkan memainkan video game.


Kakatua



Kakatua tidak dapat diajari bermain Video Game. Kakatua Tidak dapat diajari membuka toples atau membuat pisau dari dedaunan kering. Namun Kakatua sangat cerdas dalam permainan kata-kata. Selain dapat menirukan perkataan manusia dan hewan. Bila dilatih sedikit saja, Kakatua dengan cerdas mampu menjawab pertanyaan dan bahkan berdebat atau berpendapat tentang sesuatu hal !


Gajah



Gajah memiliki berbagai macam indera yang tajam, terutama pendengaran dan memori otaknya. Otak gajah merupakan otak terbesar dari semua makhluk darat yang hidup saat ini.


Kemampuan memori gajah dapat dibuktikan dari bagaimana mereka mengingat rute dan jarak tempuh perjalanan mereka, mengingat anggota satu koloni, dan kemampuan mereka membedakan panggilan untuk masing-masing gajah lainnya. Gajah bahkan dapat memanggil gajah lainnya dalam jarak berkilo-kilo meter dengan suara teriakan, suara terompet, atau dengan panggilan melalui tanah.


Gajah pun memiliki psikologi yang hampir mirip dengan manusia, mereka dapat tertawa, menangis, dan marah. Tidak heran gajah banyak dijadikan lambang kebijaksanaan oleh beberapa budaya tua di dunia. Di Sekolah Gajah di Lampung, gajah dilatih untuk dapat mengenali berbagai bentuk, melakukan atraksi, dan bahkan melukis gajah lainnya!


Monyet



Monyet adalah hewan yang sangat pintar. Kita sering lihat Doger Monyet/Topeng Monyet di jalanan. Atraksi yang ditampilkan sangatlah luar biasa bagi seekor monyet. Namun seiring berjalannya waktu. Kita melihat monyet memakai topeng, mendorong gerobak, jungkir balik, dan meminta uang adalah hal yang biasa. Karena kita sadari, Monyet mirip dengan manusia.


Ilmuan sering menggunakan monyet untuk percobaan penerbangan apollo keluar angkasa. Psikologi monyet sangat mirip dengan manusia. Bahkan bila mereka putus asa, mereka juga dapat melakukan Bunuh Diri layaknya manusia!


Lumba-lumba



Keluarga mamalia laut memang terkenal memiliki kecerdasan yang luar biasa. Mereka mudah dijinakkan dan dilatih oleh manusia. Di antara banyak mamalia laut yang cerdas tersebut, lumba-lumba hidung botol adalah yang paling cerdas.


Otak lumba-lumba jenis ini lebih besar daripada otak lumba-lumba lainnya. Selain itu mereka memiliki koteks serebral 40% lebih besar daripada manusia. Korteks serebral adalah wilayah otak yang berfungsi untuk komunikasi sosial, informasi pengolahan abstrak, pemecahan masalah, dan kecerdasan dalam menerima hal-hal yang baru.


Lumba-lumba menggunakan sonar bunyi yang disebut echolocation untuk mendeteksi mangsa, peringatan bahaya, serta mencari koloninya. Kemampuan inilah yang digunakan oleh Angkatan Laut Amerika (US Navy) dalam berbagai misi penelitian maupun pembersihan ranjau laut.


Simpanse



Binatang ini sangat populer di Hollywood sebagai “Binatang Film” paling laris selain anjing. Simpanse adalah binatang primata tercerdas di dunia, dan para ilmuwan juga mengakui bahwa mereka adalah binatang paling cerdas di dunia saat ini.


Primata ini berasal dari hutan tropis di Afrika. Mereka hidup berkelompok, bersosialisasi dengan sesama, bahkan berorganisasi. Mereka adalah makhluk yang menunjukkan aktivitas menyerupai manusia purba. Mereka dapat membuat tombak untuk berburu kelinci dalam lubang, memetik buah dengan galah, memecahkan kacang dengan batu, bahkan memancing ikan dengan cabang pohon!


Bahkan, bila dilatih. Simpanse dapat makan dengan sendok, Main sepakbola, Main PS, Menggunakan Komputer, bahkan menyetir Mobil !


Seorang profesor dari Primate Research Institute of Kyoto University bernama Tetsuro Matsuzawa, mendedikasikan hidupnya untuk meneliti simpanse ini. Beliau mengatakan bahwa simpanse bahkan dapat mengalahkan Manusia pada saat tes memori angka 1-9. Tentunya tes memori yang dimaksud dibuat serumit mungkin dan dengan kecepatan tinggi !


(ben)

No comments: