Friday, June 18, 2010

Hore, 20 Juni 2010

Stadion Terunik di Dunia

Kalian sering melihat pertandingan sepakbola internasional, kan? Ya, semua pertandingan diselenggarakan di stadion yang luas. Tapi tahukah kalian lima stadiun yang paling terkenal karena keunikan dan kelebihannya? Yuk kita lihat satu per satu.


Stadion Wembley



Stadion Wembley terletak London,Inggris, dikenal sebagai stadion termahal di dunia. Stadion ini dibangun dengan biaya 800 juta pounds (sekitar Rp 13,6 triliun). Stadion Wembley lama, yang dibangun tahun 1923, dibongkar total setelah menjadi tempat terakhir pertandingan pada Oktober 2000. Setelah tujuh tahun direnovasi, stadion ini kembali digunakan. Pertandingan pertama di stadion yang terletak di London Utara itu adalah tim U-21 Inggris menghadapi tim U-21 Italia. Stadion Wembley berkapasitas 90.000 tempat duduk.


Stadion Apung


Singapura dikenal sebagai Negara yang memiliki sedikit lahan, namun negara ini bertindak kreatif yaitu memanfaatkan tepian Marina Reservoir di Marina Bay untuk membangun stadion sejak April 2007. Dengan panjang 120 meter, lebar 83 meter, dan kapasitas 30,000 orang, stadion yang dinamai Marina Bay Floating Platform ini menjadi stadion mengapung terbesar dan termegah di dunia.


Stadion Terbesar


Stadion Mei Pertama RĊ­ngrado, atau Stadion May Day adalah sebuah stadion multi-fungsi di Pyongyang, Korea Utara yang selesai pada tanggal 1 Mei 1989. Stadion ini dibangun sebagai sebuah stadion utama untuk edisi 13 Festival Pemuda dan Pelajar Dunia pada tahun 1989. Saat ini digunakan untuk pertandingan sepak bola, atletik, beberapa buah pertandingan, tapi paling sering untuk Festival Arirang (juga dikenal sebagai Mass Games). Stadion ini memiliki 150.000 kursi, yang merupakan stadion non-balap mobil berkapasitas terbesar di dunia.

Nama stadion ini diambil dari nama Pulau Rungra yang terletak di Sungai Taedong, tempat stadion ini berasal, dan May Day merupakan perayaan hari buruh internasional, yang terutama dirayakan di kalangan komunis. Atapnya yang bergelombang memiliki 16 lengkungan yang diatur seperti sebuah cincin, yang dapat dikatakan menyerupai parasut atau kembang magnolia.


Stadion Tertinggi

Stadion tertinggi disini adalah stadion yang terletak di posisi wilayah tertinggi, bukan tinggi konstruksi stadionya. Adalah Stadion Hernando Siles Suazo yang dinobatkan sebagai stadion tertinggi di dunia. Stadion Hernando Siles Zuazo adalah stadion milik Bolivia, Stadion ini terletak di daerah Miraflores, La Paz Bolivia. lalu kenapa stadion ini dinobatkan sebagai stadion tertinggi dunia? tak lain adalah karna stadion ini terletak di ketinggian 3.637 meter dari permukaan air laut, dan tak ada stadion lain yang posisinya lebih tinggi dari Stadion ini.


Stadion ini dibuka pada tahun 1931 dengan pertandingan antara The Strongest melawan Universitario, saat itu The Strongest menang telak 4-1 atas Universitario. Stadion ini menjadi kandang klub sepak bola liga Bolivia, Bolivar Club, The Strongest dan La Paz FC.

Stadion berkapasitas 42.000 penonoton ini juga memiliki tuah bagi Timnas Bolivia, terbukti dengan kemenangan besar atas 2 tim raksasa Amerika latin, yaitu menang 6-1 melawan Argentina dan menang 2-1 melawan Brazil di kualifikasi Piala dunia 2010 lalu. Tapi ternyata stadion ini mengundang reaksi keras dari para pelatih tim lawan Bolivia, apa pasalnya? tak lain dan tak bukan adalah karna posisinya yang berada di atas 3.637 meter. Kita semua tahu bahwa bermain di ketinggian lebih dari 3.000 meter bisa menyebabkan sesak nafas, demam tinggi, kejang otot, sampai pneumonia.

Hal ini dinilai menguntungkan Tim Tuan rumah yang sudah terbiasa bermain di ketinggian. Hal inilah yang kemudian memicu FIFA untuk mengeluarkan peraturan baru, yaitu Stadion yang boleh mengadakan pertandingan internasional hanyalah stadion yang berada di bawah ketinggian 2500 meter dari permukaan laut.

Stadion Tertua



Stadion tertua di dunia adalah Sandygate road. Stadion itu terletak di Sheffield, Inggris. Statusnya sebagai stadion tertua di dunia diakui oleh Guiness book of record. Stadion ini berkapasitas 700 orang, dengan 210 tempat duduk. Stadion ini dibuka pada tahun 1804 dan digunakan oleh Hallam FC sejak tahun 1860. Stadion ini menjadi stadion pertama di dunia yang menggelar pertandingan sepakbola antar klub yaitu saat Hallam FC melawan Sheffield FC pada 26 Desember 1860.

Nah, menurut kalian stadion mana yang paling menarik untuk dikunjungi?

(ben)

No comments: