Friday, November 18, 2011

HORE, 20 November 2011


Aku Biasa Mengucapkan …




Teman-teman, apakah kalian terbiasa mengucapkan salam ketika bertemu teman? Apakah sering lupa mengucapkan terima kasih? Apakah kalian sulit meminta maaf? YA, semuanya adalah hal yang sepertinya mudah, tapi kita sering menyepelekannya.


Saat kita bicara berhadapan dengan oranglain, sebaiknya kita berperilaku yang menyenangkan orang lain. Jika kita berperilaku baik, orang akan baik pula.Termasuk mengucapkan kata-kata yang sopan.


Salam

Mengucapkan salam  merupakan kebiasaan di banyak Negara. Antar sesama muslim biasanya akan mengucapkan,” Assalammualaikum.”  Selain itu kita juga bisa mengucapkan, “Selamat pagi, siang atau malam.”  Biasanya orang akan merasa lebih senang jika diberi salam lebih dahulu. Tapi kita sebaiknya tidak menunggu orang mengucapkan lebih dulu.


Mengucapkan salam tidak terbatas kepada orang yang lebih tua lho. Kita juga bisa mengucapkan kepada teman-teman, bahkan kepada yang lebih muda. Kepada yang lebih muda, kita berarti juga member contoh yang baik. Kepada orang yang kita hormati, sertai juga mencium tangan.




Ucapan salam tidak hanya dilakukan ketika bertemu langsung. Kita melakukannya juga di saat menulis surat dan bertelepon.  Satu lagi yang tak kalah penting adalah ketika memasuki rumah orang lain atau bertamu. 


Hal yang tak kalah penting yang sebaiknya kita biasakan adalah membalas salam. Terkadang kita ingin orang lain mengucapkan salam kepada kita, tapi kita tidak mau menjawabnya. Ini akan menjengkelkan orang yang member salam. Jawablah salam yang diberikan kepada kita sesegera mungkin. Bahkan dalam agama Islam, hukum membalas salam adalah wajib.



Terima Kasih



Mengucapkan terima kasih juga merupakan kebiasaan yang harus kita tanamkan sehari-hari. Tidak hanya mengucapkan, tapi juga mengerti maknanya. Masih ada lho teman-teman kita yang  baru mengucapkan terima kasih setelah disuruh orangtuanya. Ada lagi yang mengucapkannya karena meniru teman. Ya,  ada yang merasa bersalah ketika tidak mengucapkannya, tetapi ada yang biasa-biasa saja.

 
Ucapan terima kasih itu sangat penting saat menerima bantuan atau pertolongan. Seseorang yang membantu kita juga akan senang, bahkan dia akan senang membant kita lagi kelak.


Berterima kasih juga berarti telah membuat diri kita bersyukur kepada hal yang telah kita terima. Jika kita berterima kasih dan bersyukur, maka segala kebaikan akan berulang kepada kita.


Jika kita lupa mengucapkan terima kasih, lalu baru teringat beberapa waktu kemudian, jangan tunda untuk segera menyampaikan. Biasanya kita akan berpikir,”ah, sudah terlambat. Biar sajalah.”



Beberapa orang biasanya mengucapkan terima kasih dsertai member sesuatu. Itu juga baik. Tapi jika kita tidak mampu memberikan sesuatu, ucapan terima kasih yang tulus disertai senyuman pasti akan membuat orang lain senang.



Maaf


Mengucapkan maaf banyak kita dengar di saat hari raya Idul Fitri. Sebenarnya, ucapan maaf bisa kita lakukan setiap saat.  Jika kita melakukan kesalahan yang tidak kita sengaja, walaupun kecil, segeralah ucapkan maaf. Misalnya ketika kita menumpahkan susu di meja makan.





Ucapan maaf tidak hanya dari bibir, tapi juga sertai gerakan tubuh yang menunjukkan penyesalan. Orang Jepang biasanya mengucapkan maaf dengan menunduk dalam.  Di Indonesia kita tidakperlu melakukannya demikian. Sedikit menunduk saja orang lain akan mengerti kita benar-benar meminta maaf. Kita juga bisa meminta maaf sambil bersalaman tangan.


Sertai permintaan maaf kita dengan pertanggungjawaban. Susu yang tumpah d meja segera kita bersihkan. Hal ini akan  membuat orang percaya kita benar-benar minta maaf. Apalagi hal itu benar-benar kesalahan kita. 


Kata maaf  bisa diucapkan, yakni saat menyusahkan orang lain, mencelakai orang lain, melanggar janji, melakukan hal-hal yang sudah dilarang, melakukan hal-hal yang tidak disukai orang lain, dan sebagainya. Dengan begitu, yang ditekankan adalah pesan untuk tidak mengulangi kesalahan, bukan semata-mata minta maaf tanpa mengerti alasannya.


 
Jika kita tidak terbiasa mengucapkan kata-kata a yang baik, kita tidak disukai dalam pergaulan. Apalagi kalau sikap masa bodoh ini terbawa sampai usia dewasa. Nah, sudahkan kalian hari ini mengucapkan salam, terima kasih dan maaf?

(ben/net)

No comments: