Friday, July 12, 2013

HORE, 15 Juli 2013

Bulan puasa yang selalu dijalani oleh umat Islam selalu memberikan kekhasan kuliner dalam berbuka puasa atau menu khusus yang ada pada bulan Ramadhan saja. Selain Indonesia beberapa negara yang mayoritas penduduknya beragam Islam juga memiliki menu khusus untuk berbuka. Apa saja sih?

Turki

Penduduk setempat punya dua makanan khas untuk berbuka puasa. Dua makanan tersebut wajib ada di setiap kali waktu buka puasa tiba. Pertama adalah Roti Pide yang hanya dijual pada saat bulan puasa. Roti ini disantap dengan Sup Iftariye sebagai makanan pembuka. Ada juga Güllaç makanan yang disantap setelah hidangan utama atau bisa disebut sebagai pencuci mulut. Makanan ini terbuat dari air mawar dan disajikan dengan berbagai rempah khas Turki.

Lebanon

Di negara ini banyak sekali makanan yang dijumpai ketika berbuka puasa. Namun, menu khas untuk buka puasa di Lebanon adalah Mezza, Houmus, dan berbagai macam daging panggang. Semua menu itu disajikan menjadi satu.

Yordania

Pendudukan Yordania biasa berbuka puasa dengan dua menu khas Ramadhan. Dua menu makanan itu adalah seperti Mansaf. Makanan ini adalah hidangan khas Yordania yang berupa daging domba yang dibumbui dengan rempah-rempah. Qatayef, makanan ini adalah hidangan sejenis pancake dengan kayu manis dan diisi dengan kenari dan gula. Biasanya Qatayef disantap sambil ditemani sirup madu.

Mesir

Mesir punya makanan khas berbuka puasa bernama Medames dan Molokheya. Menu-menu tersebut wajib ada di saat Ramadhan tiba. Molokheya yang dibuat dari ayam dan nasi, disantap sebagai hidangan utama.

India

Masyarakat muslim di India punya satu makanan khas untuk berbuka puasa. Makanan khas tersebut adalah Hyderabad Haleem. Nama makanan ini diambil dari nama daerah yang mayoritas adalah umat muslim. Hyderabad Haleem merupakan makanan yang mirip bubur gandum dengan citarasa yang pedas, gurih, dan biasanya disajikan dengan daging domba.

Pakistan

Negara ini punya satu menu khas untuk berbuka puasa bernama Samosa. Saat bulan Ramadhan tiba, banyak sekali warung atau toko yang menjual makanan ini. Samosa adalah makanan khas yang lezat dan punya rasa pedas serta berbentuk segitiga. Makanan ini akan disiram saus di atasnya.

No comments: