Friday, February 20, 2015

Hore Aku Tahu, 22 Februari 2015



Asal-usul Seragam Sekolah




Memakai seragam ke sekolah adalah salah satu kewajiban kita sebagai pelajar. Tahukah kamu kenapa kita diwajibkan menggunakan seragam? Sebelum mendapatkan jawaban dari pertanyaan tadi, kita cari tahu dulu sejarah seragam , yuk!

Asal-usul

Seragam sekolah  pertama kali dikenalkan di Inggris pada abad ke-16. Waktu itu, sekolah yang pertama kali mengenalkan seragam sekolah ini bukanlah sekolah untuk golongan bangsawan. Justru sebaliknya, seragam sekolah itu hanya diberlakukan untuk sekolah-sekolah bagi rakyat miskin atau kalangan bawah.

Salah satu sekolah yang menggunakan seragam adalah sekolah desa Jan Steen’s Dutch. Sekolah ini berdiri di Inggris tahun 1665. Selain itu, masih banyak sekolah gratis untuk kalangan bawah yang juga mewajibkan muridnya berpakaian seragam. Pada waktu itu, tujuan diwajibkannya memakai seragam adalah adalah untuk membedakan murid-muridnya dari sekolah umum yang saat itu sudah berbayar.

Tujuan Memakai Seragam di Indonesia



Di Indonesia, tidak semua pelajar harus menggunakan seragam sekolah . Ada juga beberapa sekolah swasta yang membebaskan muridnya untuk tidak memakai seragam, yang penting menggunakan pakaian yang sopan.

Pemakaian seragam tujuannya, yang pertama adalah untuk menyeragamkan siswa . Maksudnya agar tidak ada perbedaan antara siswa yang mampu dan kurang mampu, karena pakaian yang digunakan sama. Jadi, tidak ada siswa yang menggunakan pakaian mewah yang mencolok.

Kedua adalah untuk melatih kedisiplinan  siswa. Biasanya seragam sekolah itu juga ada atribut pelengkap, seperti dasi, topi, dan lain-lain. Nah, kelengkapan itu menujukkan kita disiplin atau tidak. Misalnya apakah kita menggunakan atribut sesuai peraturan atau tidak. Jika iya, berarti kita bisa dinilai disiplin karena mengikuti peraturan sekolah.



Ketiga adalah sebagai identitas  seorang pelajar. Dengan menggunakan seragam sekolah , orang akan tahu kalau kita adalah pelajar. Di sekolah swasta, seragam yang digunakan biasanya berbeda-beda tiap sekolah. Maka dari itu, seragam sekolah swasta juga bisa jadi identitas sekolah atau penanda, mana murid sekolahnya dan mana yang bukan.

 (ben\net)


No comments: