Saturday, March 07, 2015

Hore, 8 Oktober 2015

   Jamu Baik  Untuk Anak




Anakkecil minum jamu? Boleh saja sepanjang untuk penyakit ringan. Dan harus perhatikan faktor kebersihannya. 
 
Saat harga obat-obatan farmakologi melambung, obat tradisional kembali dilirik. Hanya , orang tua kadang ragu untuk memberikannya pada anak. "Apa boleh, ya, anak dikasih obat tradisonal? Kalau boleh, harus bikin sendiri atau beli yang sudah jadi?"

Boleh-boleh saja, tapi hanya untuk penyakit ringan. Penyakit ringan itu antara lain flu, batuk, tak nafsu makan. Jadi, penyakit yang diakibatkan oleh menurunnya daya tahan tubuh. Pemakaian obat tradisional,lanjutnya, tidak dianjurkan untuk penyakit yang disebabkan superinfeksi kuman tertentu.

Sebagai langkah awal, katanya, anak boleh diberi obat tradisional. Namun jika sampai dua  hari penyakitnya tidak kunjung sembuh, segera bawa ke dokter.

TANPA EFEK SAMPING
Pada umumnya, obat tradisional yang banyak beredar, berasal dari hewani (misalnya dari tanduk rusa) dan nabati (sayuran, buah-buahan, serta umbi-umbian). Khusus untuk balita, biasanya berasal dari nabati. Bahan-bahan tersebut mudah diperoleh, karena banyak terdapat di sekitar kita. Harganya pun relatif terjangkau. Bahkan mungkin bisa diperoleh cuma-cuma.

Bentuknya bisa berupa air rebusan, puyer, jamu, kapsul, tablet, atau tapel (yang ditempelkan ke kulit). Malah bisa juga dijadikan lalapan (sayuran, buah-buahan, umbi-umbian) yang dicampur dalam menu si kecil. Justru pemanfaatan bahan alami ini sesuai dengan himbauan dari organisasi kesehatan dunia/WHO, yaitu back to nature.

Tubuh manusia memiliki alat penyaring atau zat anti terhadap serangan dari luar. Jamu  hanya bersifat mendorong untuk lebih menguatkan pembentukan zat anti itu.Bila tubuh tak bisa menerima jamu, biasanya akan muncul reaksi. Entah diare, mencret, muntah, panas, atau berkeringat. Jika ini terjadi, jamu harus distop dan segera ke dokter.
 .
JANGAN DICAMPUR

Jamu atau obat tradisonal oke-oke saja untuk anak. Tapi hindari pemberian jamu bersamaan dengan obat farmasi. . Yang boleh dilakukan,  misalnya memberi obat farmakologi untuk anak panas, sementara tubuh dibalur obat tradisonal. Atau beri jeda waktu 1-2 jam jika ingin mengkombinasikan obat farmakologi dan tradisional.

Khasiat manfaat obat tradisional akan maksimal jika bahan dipetik dan diolah dengan benar. Lokasi dan media tanam juga mempengaruhi kualitas kandungan zat di dalamnya. Misalnya, kandungan jahe yang ditanam di daerah pegunungan dengan dataran rendah, sangat berbeda.

Kita harus benar-benar memperhatikan proses pembuatan obat tradisional. Bahan harus dicuci bersih dengan air matang. Kalau proses pembuatannya tak bersih, bukan khasiat yang kita dapat, melainkan penyakit.

Jamu yang dibuat dengan tidak memperhatikan faktor kebersihan, akan cepat basi dan berjamur. Kalau bersih, maksimal jamu bisa tahan 3 hari. Tentu saja jika jamu itu dibuat dari bahan yang masih segar sehingga enzim-enzim yang dikandungnya belum rusak atau menguap.

Tentang jamu atau obat tradisonal buatan pabrik, yang harus diperhatikan saat membeli adalah kemasannya. Pilih yang dilapisi dengan alumunium foil . Soalnya, kalau kemasannya gampang rusak, berbahaya untuk kesehatan.

No comments: