Thursday, December 03, 2009

Hore, 6 Desember 2009

>

Virus, Kecil Tapi Jahat

Ketika tubuh kita menderita sakit, salah satu penyebabnya bisa diakibatkan karena virus. Misalnya, ketika musim penghujan datang, dan kita terserang pilek. Salah satu virus inilah yang menyebabkan pilek itu menyerang kita, yaitu virus orthomyxo (influenza).

Virus itu apa sebenarnya sih? Virus adalah parasit berukuran sangat kecil (mikroskopik) yang menginfeksi sel organisme biologis. Saking kecilnya, virus hanya bisa dilihat melalui mikroskop elektron. Virus ini hidup dan berkembang biak di dalam tubuh mahluk hidup. Pada manusia, biasanya virus menyerang saluran pernafasan, kulit, organ dalam, dan bagian saraf.

Tidak hanya manusia, virus juga menyerang hewan dan tumbuhan. Karena itu, ada virus yang hanya menyerang manusia, hewan, atau tumbuhan saja. Jenis virusnya pun bermacam-macam, tergantung jenis penyakit yang dibawanya.


Jenis-jenis Virus dan Penyakit yang Ditimbulkan


Apa saja ya virus yang bisa menyerang kita? Banyak sekali. Yuk, kita kenali!

Virus yang menyerang manusia:


  • Virus orthomyxo penyakit flu/pilek

Penyakit flu akan diawali dengan timbulnya demam, sakit kerongkongan, sakit kepala, sakit otot, dan bersin-bersin. Karena virus ini cepat sekali menular, penderita diharapkan untuk tidak berdekatan dengan orang lain terlebih dahulu.

Virus ini dapat menyebar melalui udara (dari bersin ataupun sentuhan kulit) dan menular kepada orang lain dengan cepat. Dengan istirahat yang cukup dan makan makanan bergizi, flu dapat disembuhkan dalam beberapa hari.


  • Virus herpes – penyakit herpes

Gejala awal dari penyakit herpes ini adalah timbulnya demam, sakit tenggorokan, dan sakit kepala. Setelah itu akan diikuti oleh munculnya bintik-bintik kecil yang melepuh pada kulit. Lepuhan ini akan terasa panas dan gatal.


  • Virus hepatitis – penyakit hepatitis (A, B, C, D, E).

Hepatitis adalah penyakit peradangan hati. Virus hepatitis A menyebar melalui tinja, virus hepatitis B menyebar melalui darah, virus hepatitis C menyebar melalui transfusi darah, virus hepatitis D yang menyerang kepada para pecandu obat-obatan terlarang, virus hepatitis E yang kadang menyebabkan wabah yang menyerupai hepatitis A.

Virus lain yang dapat menyebabkan penyakit hepatitis adalah virus mumps, virus rubella, virus cytomegalovirus, dan virus epstein-barr.


  • Human immunodeficiency virus penyakit HIV

Virus ini menyerang terhadap sistem kekebalan tubuh manusia. Infeksi dari HIV akan menyebabkan pengurangan cepat dari sistem kekebalan tubuh, yang menyebabkan kekurangan imun. HIV merupakan penyebab dasar timbulnya penyakit AIDS.


  • Virus picorna – penyakit polio

Polio adalah penyakit yang mengakibatkan kelumpuhan. Virus ini masuk melalui mulut dan menginfeksi saluran usus. Setelah itu, virus memasuki aliran darah dan menyerang sistem saraf pusat yang mengakibatkan melemahnya otot. Dari sanalah akhirnya terjadi kelumpuhan.


  • Paramyxovirus – penyakit campak.

Campak biasa menyerang pada anak-anak. Meskipun demikian, orang dewasa pun dapat terkena penyakit ini. Ciri-ciri orang yang kena campak adalah timbulnya bercak-bercak merah di sekujur tubuh disertai demam tinggi. Gejalanya diawali dengan adanya flu, batuk, dan demam. Penularan campak ini melalui udara dan air ludah yang terhisap oleh orang yang berada di dekat penderita.


  • Virus avian influenza – penyakit flu burung.

Selain menyerang terhadap unggas dan mamalia, virus ini pun ternyata menyerang manusia. Virus ini menular melalui makanan dan minuman yang sudah terkontaminasi. Virus avian influenza ini akan mati apabila berada pada suhu yang sangat tinggi. Karena itu, sangat dianjurkan untuk memasak makanan yang terbuat dari daging dan telur sampai matang, sehingga virus tersebut akan mati dan tidak menular.

Untuk mengurangi resiko tertular virus ini, kebersihan kandang unggas harus selalu dijaga. Begitu pula dengan lokasi kandang yang tidak boleh terlalu berdekatan dengan lokasi tempat tinggal


  • Selain virus di atas, ada juga virus papiloma (penyakit kutil dan kanker leher rahim), virus ebola (penyakit yang menyerang paru-paru), virus toga ( demam kuning dan ensefalitis), virus arena (penyakit meningitis/radang membran pelindung sistem syaraf pusat), dan lain-lain.

Virus yang menyerang hewan:


  • New castle disease virus –penyakit tetelo pada unggas.
  • Virus rabies – penyakit rabies pada anjing, kucing, dan monyet.
  • Virus borna – penyakit saraf pada kuda.
  • Rous sarcoma virus – penyakit kanker pada ayam.
  • Virus avian influenza – menyerang unggas dan mamalia.

Virus yang menyerang tumbuhan :

  • Tobacco mosaic virus – penyakit yang menyerang tanaman tembakau.
  • Virus tungro – penyakit tungro yang menyerang tanaman padi.
  • Virus citrus vein phloem degeneration – penyakit degenerasi pembuluh tapis pada jeruk.


Penanggulangan


Hidup sehat adalah salah satu cara untuk menghindari dari terjangkitnya virus ke dalam tubuh kita. Menjaga kebersihan tubuh dan lingkungan di sekitar kita harus selalu diperhatikan. Begitu pula dengan mengkonsumsi makanan bergizi dapat menghindarkan kita terhadap serangan virus.



Salah satu cara yang ampuh untuk menangkal virus yang menimbulkan penyakit adalah vaksinasi. Karena itu, pemerintah mewajibkan vaksinasi/imunisasi bagi bayi yang baru lahir, untuk meningkatkan kekebalan tubuhnya. Imunisasi tersebut diantaranya: BCG (untuk mencegah penyakit tuberculosis), hepatitis B, polio, DTP (Difteri, Tetanus, Pelusis), dan campak. Dengan diberikan vaksinasi sedari dini, setiap bayi dapat terhindar dari penyakit-penyakit tersebut pada masa pertumbuhannya.

Apa sih vaksinasi itu? Vaksinasi adalah proses pemberian vaksin (bibit penyakit yang sudah dilemahkan) ke dalam tubuh kita. Vaksin ini akan membentuk sistem kekebalan dalam tubuh dengan sendirinya. Pada saat bibit penyakit menyerang tubuh, sistem antibodi ini akan menghancurkannya, atau membuat tubuh kebal dari serangan penyakit tersebut. Sistem kekebalan tubuh ini dinamakan kekebalan aktif.

Sementara itu, sistem kekebalan pasif dilakukan dengan menyuntikkan serum ke dalam tubuh. Serum adalah plasma darah yang mengandung antibodi suatu penyakit. Dengan adanya serum ini, tubuh tidak perlu lagi membentuk antibodi sendiri.

Ayo, siapa yang belum mendapatkan vaksinasi? [ben]

No comments: