Friday, June 21, 2013

HORE, 23 Juni 2013


Tak cuma alam, karya seperti patung juga bisa menjadi daya tarik bagi wisatawan. Contohnya empat patung aneh yang ada di dunia ini. Bentuk dan ukurannya bisa membuat wisatawan tak percaya dan melongo. Patung manusia tentunya tidaklah aneh. Tapi, lain cerita kalau patung tersebut memiliki tinggi hingga puluhan meter dan ukuran super besar.

Hand of the Desert di Chili

Sekitar 47 km ke sebelah selatan Kota Antofagasta, terdapat sebuah gurun pasir tandus bernama Gurun Atacama. Gurun yang berada tepi jalan Pan-Ameriucan Highway ini punya patung yang tak biasa.

Telapak tangan setinggi 10,8 meter, terlihat seperti terkubur di gurun pasir tersebut. Telapak tangan raksasa dari pasir ini dibuat oleh pematung asal Chili Mario Irarrazabal. Pada awal pembuatannya, sekitar tahun 80-an, telapak tangan raksasa ini diberi nama Mano de Desierto dan sampai kini dikenal dengan nama Hand of the Desert.

Posankka di Finlandia

Posankka adalah nama patung yang dalam bahasa Finlandia diartikan sebagai babi dan bebek. Patung karya dari Alvar Gullichsen ini terbentuk dari bahan katun dan permen warna-warni yang menjadi patung bebek-babi setinggi 4,8 meter.

Ide awalnya, patung yang ingin dibuat adalah sebuah truk minyak dan penyedot limbah beracun dari Pelabuhan Turku yang disebut Bonk's Atomic LLBH Succer. Namun, tiba-tiba muncul patung babi-bebek yang terlihat aneh.



Le Passe-Murraile di Prancis

Saat berlibur di Montmartre, Paris, Prancis, Anda akan dikejutkan dengan seorang pria yang keluar dari dinding. Namun, bila Anda mendekatinya ternyata itu hanyalah sebuah patung pria yang terbuat dari perunggu.

Pembuatan patung ini terinspirasi dari cerita 'Le Passe-Muraille' karangan Marcel Ayme. 'Le Passe-Muraille' menceritakan tentang seorang pria yang memiliki kemampuan supranatural. Tapi, dia memanfaatkan kemampuannya untuk merampok bank. Akhirnya dia terjebak di dalam dinding.

Floralis Generica di Argentina

Buenos Aires di Argentina punya bunga raksasa yang terbuat dari baja dan alumunium. Lucunya, setiap pukul 08.00 WIB patung Floralis Generica yang ada di pelataran United Nations Plaza ini mekar.

Patung bunga ini dibuat pada tahun 2002 oleh Eduardo Catalano. Saat mekar di siang hari, kelopak bunga bisa meregang sampai 31,5 meter. Begitu juga pada malam hari, kelopak bunga akan menutup dan tingginya bisa mencapai 22,5 meter.

Kalau patung yang menurutmu paling menarik yang mana?

(ben/net)

No comments: