Friday, August 12, 2016

Hore, 14 Agustus 2016


Kita Main Yuk!


 Apakah kalian ska bermain? Tahukah jika bermain itu bisa membuat kita cerdas? Nah belum tahu, kan. Yuk kita cari tahu alasannya.


Belajar bagaimana dunia ‘bekerja’.
 


Penah main sekolah-sekolahan atau dokter-dokteran? Permainan ‘pura-pura’  ini memperagakan apa yang kita lihat dalam dunia orang dewasa. Dari permainan ini, kita akan tahu bagaimana dunia itu ‘bekerja’ dan belajar bagaimana orang dewasa berinteraksi.

 Berhubungan dengan orang lain

Tak hanya membantu dalam pengembangan kemampuan sosial saja, bermain peran juga akan mendorong kita untuk bisa belajar menempatkan diri pada posisi orang lain dan memiliki perasaan terhadap orang lain.
Permainan ini akan membuat kita melatih perilaku, sopan santun, dan bahasa yang diperlukan ketika  berinteraksi dengan dunia sebenarnya kelak. Termasuk mengetahui tingkah laku apa saja yang tidak diterima dalam masyarakat.

  Perkembangan bahasa.

Bermain juga akan meningkatkan kemampuan berbahasa kita. Karena kita dilatih terus berbicara dengan teman-teman. Juga mengenal kata-kata baru. Apalagi jika kita mengulang-ulang terus kata-kata baru itu.

 Mengasah imajinasi.

Bermain juga mengasah imajinasi kita. Jadi kita mendapatkan ide apa saja. Tak hanya penting untuk masa anak-anak saja, tapi imajinasi juga sangat krusial dalam menjalani hidup kelak. Bayangkan dunia tanpa ada imajinasi, maka kita tidak akan mengenal ilmuwan yang dapat menemukan temuan baru, atau seniman yang menciptakan karya baru yang luar biasa.

 Memupuk rasa percaya diri.

Bermain juga membuat kita tambah percaya diri. Kita tidak takut melakukan kesalahan asal nanti diperbaiki. Kita akansemakin berani melakukan hal-hal baru.


nah, ternyata bermain itu ada positifnya. Tapi tentu saja asal ingat waktu. Kita kan harus belajar juga.

No comments: