Friday, March 17, 2017

Hore, 19 Maret 2017

Agar Fokus Belajar




Masa ujian tengah semester sudah berakhir. Tak lama lagi akan ada ujian kenaikan kelas. Bagi yang akan lulus akan ada ujian kelulusan. Kita harus fokus belajar. Bagaimana ya caranya?



Suasana

Cari suasana yang cocok untuk belajar. Kamar tidur atau ruang kelas tidak selalu cocok. Cari tempat yang nyaman dan tenang yang memiliki kursi besar seperti di ruang tamu; lebih bagus lagi kalau jauh dari TV, komputer atau telepon seluler.

Perpustakaan biasanya tempat yang bagus untuk belajar karena suasananya sunyi. Barangkali kantor orang tua juga lokasi yang memungkinkan jika cukup sunyi dan tidak mengalihkan perhatian kita.

Siapkan

Kumpulkan materi belajar sebelum memulai. Jangan mencari-cari pena, stabilo, penggaris, dan lainnya. ketika sedang belajar karena hal ini bisa mengalihkan perhatian kita. Jadi, persiapkan semuanya sebelum mulai belajar.

Teman
Cari teman belajar. Pilih seseorang yang bertenggang rasa dan berfokus pada hal yang sama. Jangan selalu pilih teman dekat  karena konsentrasi  bisa buyar. Bukannya belajar malah mengobrol. Memiliki teman belajar itu ide yang bagus karena kita bisa saling bertukar pikiran dan mendapatkan perspektif yang berbeda.

    Tidak semua orang dapat berfokus dengan adanya teman belajar.  Jika kita seorang introver, alias cenderung menyendiri dan pemalu, teman belajar bisa jadi sangat bermanfaat. Pastikan saja teman belajar  bukan seseorang yang terlalu ekstrover, jika tidak, ia akan mengajak  mengobrol saat kita berusaha belajar.
    Cari orang yang lebih pintar. Tampaknya ini urusan sepele, namun banyak orang yang mengabaikan hal ini. Jika ingin belajar, pilihlah teman yang pintar, berdedikasi dan tidak keberatan mengajar. 

Camilan

Kumpulkan kudapan yang sesuai. Jangan pilih minuman  bersoda karena sebentar saja kita akan lemas lagi. Buah-buahan dan air putih bagus karena sederhana dan efektif dalam mengeluarkan karbohidrat.
Istirahat sejenak. Setelah 45 menit belajar, istirahatlah 10 menit dan lakukan hal lain. Usahakan kembali belajar setelah beristirahat, jangan sampai waktu istirahat melebihi 20 menit.

Istirahat
 
    Atur pola istirahat  dengan menggunakan alarm. Jika istirahatnya diatur, kita jadi lebih tepat waktu dan tidak berlebihan dalam beristirahat. Mengapa perlu beristirahat? Otak kita memerlukan waktu untuk pulih kembali setelah memproses banyak informasi. Hasil beberapa penelitian menunjukkan bahwa beristirahat dan berjalan-jalan dapat memperkuat kemampuan mengingat dan meningkatkan skor saat ujian.

Motivasi

Dapatkan motivasi yang tepat. Jika kita mengulang pelajaran dengan baik dan bersiap-siap untuk ujian, kita akan dapat menjalankannya dengan baik. Tetapkan tujuan ketika mengulang pelajaran supaya nyaman ketika ujian. Jangan menganggap ujian sebagai beban, anggap saja ujian itu sebagai tantangan dalam proses belajar.

   
Lakukan

 
    Gunakan flash cards (kartu memori) dan catatan singkat. Flash cards bermanfaat bagi beberapa orang karena mengandung informasi penting secara ringkas. Gunakanlah jika kita menganggapnya bermanfaat. Urutkan kartunya atau atur dengan cara lain jika ingin mendapatkan makna tertentu.
    Gunakan alat bantu ingatan. Ubah suatu informasi menjadi lagu yang lucu atau atur informasinya menjadi singkatan  untuk membantu ingatan. Misalnya warna pelangi dengan mejikuhibiniu.
    Pastikan kita tahu untuk memprioritaskan informasi yang terpenting.

Selamat belajar.

No comments: