Saturday, September 08, 2007

Hore, 9 Sptember 2007


Biar Kuat Berpuasa

Hai, adik-adik tidak menyangka ya kita sudah akan bertemu lagi dengan bulan suci Ramadan. Bulan puasa bagi umat islam. Apakah kalian sudah mulai berpuasa. Hm, mungkin ada yang sudah, tapi ada juga yang belum.

Puasa sebenarnya bukan hanya menahan lapar dan dahaga. Banyak hal yang akan kita peroleh jika kita berpuasa. Jika tidak percaya, cobalah Tanya orangtua kalian. Nah, artikel kali ini tidak akan memaparkan manfaat puasa, tapi berbagi tips agar puasa yang kita jalankan tetap membuat kita sehat dan menyenangkan.

Jangan Tinggalkan Sahur

Sahur merupakan salah satu rangkaian dalam ibadah puasa. Walaupun tidak wajib namun sahur memiliki fungsi penting karena memberikan asupan gizi dan simpanan energi untuk aktifitas saat berpuasa. Hm, mungkin di antara kalian ada yang susah bangun dini hari, makanya suka malas sahur. Ayo, jangan malas lagi dong. Anggap saja sahur itu adalah ujian paling pertama bagi kita yang akan berpuasa.

Untuk memperoleh manfaat kesehatan, menu sahur sebaiknya makanan yang berserat dan berprotein tinggi tapi hindari konsumsi makanan yang manis-manis. Makanan berserat membuat proses pencernaan lebih lambat, sedangkan makanan manis lebih cepat sehingga membuat lebih cepat lapar di siang hari. Nah, jadi jangan malas makan sayur-sayran yang dimasak ibu untuk sahur ya. Minum susu juga jangan ketinggalan. Kalau tidak ada, the manis juga cukup kok.

Sahur mendekati imsak lebih baik karena membuat energi sahur lebih tahan lama. Tentu saj kita tidak usah makan sahur sampai kekenyangan. Nanti malah jadi ngantuk dan lupa shalat subuh.

Berbukalah Dengan Benar

Jangan tunda berbuka puasa bila sudah waktunya. Hehehe, mungkin ada di antara kalian yang beranggapan jika waktu puasanya bertambah, maka pahala kita jika bertambah. Tentu saj tidak demikian. Kita harus segera buka ketika waktu magrib tiba.

Hal yang paling diperlukan pada saat berbuka adalah memulihkan tenaga/energi. Untuk itu makanlah sumber karbohidrat sederhana yang terdapat dalam makanan manis, sirup dan lain-lain yang mudah dicerna. Setelah shalat dan beristirahat sejenak, dapat dilanjutkan dengan makan makanan pokok seperti nasi dan lauk-pauk tapi dalam porsi sedang. Cemilan atau minuman ringan dapat dilanjutkan setelah tarawih dalam porsi kecil.

Ada lho orang yang berbuka puasa secara berlebihan. Makan sekenyang-kenyangnya. Wah, padahal masih banyak lho orang lain yang berpuasa hanya dengan air putih dan makanan seadanya.

Tetap Beraktifitas Seperti Biasa

Berpuasa tidak berarti mengurangi aktifitas atau kegiatan kita. Pada beberapa hari pertama memang ada penyesuaian dan adaptasi tubuh terutama pada orang-orang yang jarang berpuasa atau olahraga. Hehehe, kalian pasti tidak malas olahraga, kan?

Aktifitas/olahraga berat memang dilarang tetapi yang bersifat ringan jusrtu dianjurkan. Olahraga ringan seperti jalan kaki, senam, lari kecil, sangat dianjurkan terutama menjelang berbuka puasa. Tarawih juga merupakan aktifitas yang dapat menjaga kebugaran. Nah, kalian suka tarawih juga, kan?

Konsumsi Air Ditambah

Tubuh lebih cepat bereaksi terhadap kekurangan air dibanding kekurangan makan. Artinya kebutuhan air mesti cukup dengan menambah porsi meminum air, termasuk susu, sirup, buah-buahan dan makanan yang berkuah. Nah, di siang hari sebaiknya kalian hindari kegiatan yang berlebihan agar tubuh kita bias menjaga air yang kita miliki. Terutama di siang hari. Sebaiknya kita memang memilih tidak beraktifitas di abawh sianar matahri langsung.

Kendalikan Emosi

Puasa mencakup upaya menahan nafsu. Hati yang tenang karena nafsu yang terkendali akan menurunkan konsumsi energi atau laju metabolisme sehingga menghemat pemakaian tenaga. Maksudnya, jika hati kita tenang dan sabar, maka tubuh kita pun akan bekerja tanpa membutuhkan energi berelbihan. Jika kita marah-marah terus ataupun sedih saat berpuasa, tubuh kita harus bekerja ekstra kuat. Akhirnya, kita akan cepat lemah dan letih.

Nah, itu dulu tips agar puasa kita sehat dan menyanangkan. Apakah kalian punya tips yang lain? Jangan pelit ya berbagi dengan taman-teman kalian.

(benny rhamdani)

No comments: