Saturday, September 01, 2007

Hore 2 September 2007


Waspadai Kejahatan!

Teman-teman, belum lama ini kita mengetahui adanya penculikan terhadap teman kita Raisya Ali. Untung penculiknya sudah tertangkap. Wah, seram juga ya kalau kita menjadi korban penculikan. Bukan hanya penculikan, banyak juga jenis kejahatan yang mengancam anak-anak seperti kita. Nah, agar kita terus merasa aman, kita ikuti tips-tips berikut ini yuk!


Patuhi Petuah
Kita jangan pernah bosan jika orangtua dan guru-guru memberi nasehat demi keselamatan kita. Bukan hanya mendengarkan, sebaiknya kita mematuhi petuah mereka. Misalnya orangtua melarang kita bepergian sendiri, sebaiknya kita patuhi. Begitu juga jika guru kita melarang kita menggunakan perhiasan mahal ke sekolah, ya dipatuhi saja. Kadang-kadang kita merasa bosan dan jengkel karena diberi petuah terus. Tapi percaya deh, semua petuah orangtua semata-mata demi kebaikan kita.
Petuah yang diberikan kepada kita biasanya bersumber dari pengalaman dan pengamatan mereka. Jadi, mereka tidak asal-asalan menasehati kita. Terutama agar kita selamat dari segala bentuk kejahatan nantinya.

Jangan Pamer
Kalian pernah memaksa orangtua membelikan handphone untuk dibawa ke sekolah? Atau memakaii jam tangan mahal yang sedang nge-trend itu ke sekolah? Wah, sebaiknya tidak usah. Tanggalkan barang-barang berharga kalian jika ke sekolah. Apalagi jika kalian pulang-pergi ke sekolah tanpa diantar orangtua.
Barang berharga, apalagi perhiasan, sangat mengundang orang lain berbuat jahat pada kita. Mereka ingin memilikinya tapi tidak mampu membeli. Akhirnya, timbul pikiran jahat di kepala mereka. Biasanya mereka lalu akan merencanakn kejahatan mereka itu dan mengincar kita sebagai korbannya. Hiiy, mendingan tidak usah pakai yang mahal-mahal ke sekolah daripada jadi korban kejhatan.

Waspadai Orang Asing
Tiba-tiba ada orang yang tidak kalian kenal berusaha mendekati kalian lalu mengajak kalian ngobrol. Hm, sebaiknya jika kalian sedang sendirian, hati-hati bicara dengan orang asing.
Katakan pada mereka,” Maaf, saya tidak kenal bapak. Saya tidak boleh bicara dengan orang asing.”
Setelah itu, kalian harus menjauh dari tempat itu dan tetaplah berada di tempat yang ramai. Orang asing tidak hanya harus diwaspadai bukan hanya karena bertanya, jika mereka memberi kita sesuatu juga harus kita tolak, apalagi makanan. Jangan-jangan makanan itu sudah diberi narkoba sehingga besoknya kita jadi ketagihan.
Pokoknya, kalian jangan takut dikatakan tidak sopan dengan berhati-hati terhadap orang asing, Jika kemudian orang asing itu kemudian orang baik-baik, kita bias meminta maaf. Yang penting kita harus tetap waspada.


Berkelompok
Jika kalian hendak bepergian jauh tanpa orangtua, sebaiknya jangan pergi sendiri. Ajaklah teman-teman untuk pergi bersama. Berkelompok lebih baik ketimbang pergi sendirian. Apalagi jika kalian pergi ke tempat yang belum kalian kenali dengan baik.
Bila tujuan kalian adalah pusat keramian seperti mall atau tempat wisata, sebiaknya kalian cari tahu dulu letak pos keamanan. Jika nanti ada suatu kejahatan terjadi, kalian segera tahu ke mana harus melapor.


Segera Ceritakan
Apakah di jalan menuju sekolah kamu pernah dimintai uang jajan oleh seseoang? Atau ada orang yang mencurigakan di sekitarmu? Jangan ragu-ragu untuk menceritakannya kepada orangtua kalian. Dengan demikian, orangtua kita bias segera mencegah kejahatan yang menimpa kita lho.
Kadang-kadang kita takut melapor karaena kita diancam. Tapi jika kita diam saja, mereka akan semakin ebrani berbuat jahat terhadap kita.

Nah, sekarang kalian harus lebih waspada ya. Eits, bukan berarti kita tidak boleh main di luar rumah. Yang penting kita waspada saja.

(benny rhamdani)

No comments: