Friday, February 01, 2008

Hore, 3 Februari 2008


Ayo Ikut Kompetisi!


Hai, kalian pernah melihat pertandingan sepakbola, kompetisi menyanyi atau olimpiade matematika? Atau malah kalian pernah mengikuti salah satu pertnadingan? Wah, hebat! Ya, jika kalian sudah berani mengikuti sebuah jang pertandingan berarti kalian benar-benar luar biasa. Masalah menang atau kalah, itu urusan berikutnya.

Memupuk Semangat Juang
Salah satu manfaat penting ketika kita mengikuti sebuah kompetisi adalah kita menumbuhkan semangat juang. Karena kita ingin tampil baik dan menang, tentunya kita harus berjuang. Kita harus rajin berlatih. Pokoknya, harus bisa menyingkirkan rasa malas.
Cobalah lihat teman-teman kita yang sering mengikuti suatu kompetisi. Mereka umumnya sangat disiplin lho. Disiplin berlatih, disiplin pula menjaga kesehatan mereka. Nah kita bisa pula memulai hidup disiplin bila kita sering mengikuti kompetisi. Bila ingin mengikuti lomba modelling, kita akan disiplin berlatih berjalan, berlatih bergaya di depan kamera. Jika ingin jadi juara menyanyi harus disiplin berlatih olah vokal, sukur-sukur juga bisa berlatih alat musik.

Terbiasa Menerima Kritik
Orang yang sering mengikuti kompetisi biasanya sering menerima kritik dan saran dari orang lain. Lhat saja di acara Mamamia. Ada komentator yang memberi kritik dan saran. Kadang terdengar pedas. Tapi dengan terbiasa mengikuti kompetisi kita akan terbiasa mendengarnya. Tentunya, kritik dan saran yang membangun bisa kita terima untuk memperbaiki kekurangan kita.
Tidak semua kritik itu jelek. Mungkin cara orang yang menyampaikannya saja yang tidak kita suka. Tapi, biasakanlah kita mendengar pesan kritiknya. Bukan orangnya atau cara menyampaikan. Orang yang mau menerima kritik akan bisa maju lebih cepat dibandingkan mereka yang tidak suka dikritik.

Terbiasa Menang dan Kalah
Tujuan kita mengikuti sebuah kompetisi biasanya adalah kemenangan. Sebab, jika menang biasanya kita akan mendapat hadiah yang berharga. Tapi bukan berarti kalau kalah kita tidak dapat apa-apa lho. Pengalaman adalah sesuatu yang jau lebih berharga dibandingkan materi.
Mereka yang sering ikut kompetisi akan terbiasa menghadapi situasi menang dan kalah. Jika kalah dan gagal, mereka tidak langsung menyerah atau patah semangat. banyak orang yang mudah patah semangat karena tidak dilatih untuk menerima kekalahan atau kegagalan.
Bukan hanya itu. Dengan terbiasa menang, kita juga akan terlatih untuk hidup tidka sombong. Kemangan bukanlah sesuatu yang bisa dijadikan kita sombong. Dengan sering menang kita bisa melatih kepekaan terhadap orang-orang yang kalah dan gagal di sekitar kita.

Terbiasa Sportif
Sikap utama yang harus dimiliki seseorang yang terbiasa mengikuti kompetisi adalah sikap sportif atau jujur. Mereka yang terbiasa mengikuti kompetisi akan berusaha meraih kemanangan dengan cara-cara yang jujur. Dengan demikian dalam kehidupan sehari-hari pun mereka akan terbiasa jujur.
Sikap sportif juga berarti mau menerima kekalahan dirinya serta menghargai kemenangan orang lain. Mereka yang tidk dilatih mengembangkan sikap sportif sejak kecil, suatu saat nanti akan sulit menerima kenyataan pahit. Semisal ketika kalah dalam pemilihan kepala daerah.

Melatih Emosi
Jika kita sering mengikuti kompetisi, kita akan terlatih untuk mengendalikan emosi kita. Yah, kita akan terbiasa dengan suasana tegang, sedih, gembira dan kesal. Karena terbiasa, kita akan tahu bagaimana cara mengatasi ketegangan, cara mengatasi gugup di depan orang banyak. Kita juga akan terbiasa mengalami kesedihan karena gagal da tentunya akan berguna jika kita bisa mengatasinya.

Membina Hubungan
Oh iya kalian jika mengikuti kompetisi akan terlibat dengan banyak orang. Misalnya saja dengan Ibu atau Ayah. Atau mungkin dengan kakak, serta saudara kita lainnya. Mereka akan mengantar dan mendukung kita. Tentu hal ini akan membuat hubungan kita semakin manis. Barangkali juga kita akan semakin dekat dengan oarang-orang di luar keluarga seperti teman, guru dan pelatih kita. Betapa menyenangkan jika banyak orang yang mendukung kita.
Kita juga bisa mendapat banyak teman dari sesama peserta sebuah kompetisi. Saat dipanggung atau di arena, mereka bisa saja menjadi lawan kita. tapi setlah itu kita bisa berteman dengan mereka.

Nah, siapa di antara kalian yang belum pernah mengikuti kompetisi? Mulai saja dengan mengikuti lomba di sekolah atau tempat tinggal kalian. Ikutlah kompetisi yang sesuai dengan hobi atau kesukaanmu. Jika suka menyanyi ya ikutlah kompetisi menyanyi, begitu juga bagi yang suka menulis ataupun membaca puisi.

(benny rhamdani)

No comments: