Friday, July 18, 2008

Hore, 20 Juli 2008



Yuk Kita Rayakan Hari Anak Nasional!

Tahukah kalian, setiap tanggal 23 Juli kita merayakan peringati Hari Anak Nasional? Ketetapan tersebut dibuat oleh Presiden Soeharto pada 19 Juli 1984. Wah, sudah lama juga ya kita punya Hari Anak Nasional. Tapi kok masih banyak teman-teman kita yang belum tahu.

Oh iya, Hari Anak juga dirayakan di banyak negara lho. Umumnya, negara-negara komunis seperti Cina dan pecahan Uni Soviet mereka merayakan pada 1 Juni. Sementara PBB menetapkan Hari Anak se-Dunia dirayakan setiap 20 November.

Hm, bagaimana ya, anak-anak di Negara lain merayakan hari istimewa mereka itu? Kita lihat yuk!

Jepang: Bendera Ikan

Hari Anak adalah salah satu hari libur resmi di Jepang yang jatuh tanggal 5 Mei. Hari libur ini merupakan serangkaian hari libur di akhir April dan awal Mei yang disebut Golden Week (Minggu Emas) di Jepang.

Hari Anak-anak diperingati sejak tahun 1948 dan ditetapkan dengan undang-undang hari libur Jepang (Shukujitsu-hō) untuk "menghormati kepribadian anak, merencanakan kebahagiaan anak sambil berterima kasih kepada ibu."

Hari Anak-anak dulunya disebut Hari Anak Laki-laki, sehingga hari libur ini pada prakteknya diwarnai tradisi untuk anak laki-laki. Perayaan khusus untuk anak perempuan disebut Hina Matsuri dan dirayakan pada 3 Maret yang bukan hari libur.

Tradisi kuno Tiongkok mengenal perayaan yang berkaitan dengan musim yang disebut di Jepang sebagai sekku. Sejak zaman dulu, bulan ke-5 kalender Tionghoa diisi dengan kegiatan mengusir roh-roh jahat. Tanggal 5 bulan 5 dikenal sebagai Tango no sekku dan merupakan hari untuk merayakan kesehatan dan pertumbuhan anak laki-laki.

Selama perayaan Hari Anak-anak, di rumah keluarga yang memiliki anak laki-laki terdapat tradisi memajang replika yoroi (pakaian ksatria zaman dulu) dan kabuto (helm samurai). Keluarga yang memiliki anak laki-laki juga memasang koinobori (bendera berbentuk ikan mas). Pada bendera ikan mas yang paling besar digambarkan anak laki-laki super kuat Kintarō sedang menunggang ikan emas. Kabuto, Yoroi, dan tokoh Kintarō digunakan sebagai simbol harapan anak laki-laki yang sehat dan kuat. Kue yang dimakan selama perayaan adalah kue chimaki dan kashiwamochi.

India: Liburan

Hari Anak di India merupakan hari libur besar. Mereka merayakannya setiap tanggal 14 November, bertepatan dengan tanggal lahir Perdana Menteri pertama Pandit Jawaharlal Nehru. Ya, Nehru memang dikenal sebagai tokoh nasional yang sangat dekat dan menyayangi anak-anak.

Jika Hari Anak tiba, umumnya anak-anak akan ditraktir orangtua mereka nonton film ataupun makan siang. Ada juga yang merayakan di sekolah dengan acara tarian dan nyanyian. Yang tak kalah seru, biasanya para guru membuat pementasan khusus buat murid-murid mereka di Hari Anak.

Sebagian anak-anak di India ada yang merayakannya dengan menonton acara teve yang khusus hari itu hanya menayangkan acara anak-anak sepanjang hari.

Selain di Jepang dan India, Hari Anak juga dirayakan di China. Setiap 1 Juni emreka mendapat hari libur. Mereka juga akan mendapat bingkisan hadiah di Hari Anak. Di Polandia yang juga merayakan setiap 1 Juni, Hari Anak dipusatkan di taman-taman kota dengan mengelar aneka atraksi dan pertunjukkan untuk anak. Di Turki setiap 23 April mengundang anak-anak dari berbagai Negara untuk merayakan Hari Anak Turki. Mereka merayakan dengan memberi hadiah untuk pemimpin Turki lalu dihibur dengan tarian dan nyanyian.

Wah, seru ya! Hm, bagimana kalian merayakannya? Bagimana kalau kita rayakan Hari Anak NAsional tahun ini dengan mematikan teve, lalu kita bermain bersmaa-sama di halaman dengan teman-teman. Biarkan dihari istimewa kita ini kita lepas dari telebisi. Mau, kan?

(benny)

No comments: