Thursday, July 10, 2008

Hore Aku Tahu!, 13 Juli 2008



Tidak terasa sebentar lagi liburan sekolah akan berakhir. Teman-teman akan kembali masuk sekolah. Kembali bertemu dengan teman lainnya, bertemu dengan guru dan bertemu dengan pelajaran-pelajaran. Buat siswa-siswi, hari pertama masuk sekolah merupakan satu peristiwa penting. Ada rasa senang yang meluap-luap karena akan pakai sepatu, baju, tas yang serba baru. Tapi ada juga yang cemas membayangkan sekolah yang bakal dimasukinya. Semua ini mengganggu stabilitas emosi. Apalagi untuk adik-adik yang baru mau masuk Sekolah Dasar.


Nah, berikut ini ada tips buat teman-teman dalam menghadapi hari pertama masuk sekolah. Apa saja tips nya? Berikut adalah beberapa tips yang bisa teman-teman coba pada hari pertama masuk sekolah.

Siap-siap
Sebelum tidur, persiapkan perlengkapan sekolahmu, seperti tas, buku, alat tulis, sepatu, dan seragam sekolah. Jangan sampai besok pagi kalian kelabakan mencari sepatu, atau ternyata seragam kalian kusut karena menyimpan sembarangan. Semua perlengkapan sekolah di simpan di tempat yang mudah kalian temukan. Sebisa mungkin kalian yang mempersiapkan. Jangan selalu mengandalkan Mama atau pembantu.


Tidurlah Lebih Awal

Jika selama liburan kalian biasanya tidur menjelang tengah malam, segera hentikan. Tidur lebih awal agar besoknya dapat bangun lebih pagi dari biasanya sehingga persiapan ke sekolah tidak tergesa-gesa. Lebih baik kalian bangun lebih awal dari biasanya. Jika perlu kalian minta ingatkan kepada siapapun di rumah untuk membangunkanmu. Atau pasang saja alarm pembangun tidur.

Sarapan

Sarapan pagi itu sangat penting. Jangan lupa sarapan lho! Nggak usah terlalu kenyang. Nanti mengantuk. Tapi jangan terlalu sedikit juga ya! Cobalah minta kepada Mama minta menu istimewa untuk sarapan hari pertama. Tentu saja janan yang mahal atau aneh.

Diantar Orangtua
Beberapa di antara kita biasanya akan diantar dan dijemput oleh orangtua agar bisa beradaptasi dahulu dengan teman-teman dan lingkungan sekolah. Tidak usah malu kalau diantar Ayah ataupun Ibu dengan angkot ataupun motor butut. Eit, bukan berarti pula kalau diantar orangtua kalian jadi tidak mandiri. Umumnya, hari pertama masuk sekolah jam belajar belum berjalan seperti sebelumnya. Gunakan waktu tersebut untuk berkenalan dengan teman sebangku dan sekelas. Jika waktu sekolah usai, tunggulah orangtua menjemputmu. Jangan pulang sendirian.

Selalu Tersenyum
Tebarkan senyummu agar teman-teman baru tidak segan berkenalan denganmu. Terakhir, ceritakanlah pengalaman pertama kalian masuk sekolah kepada orangtua kalian.

Nah, kalian sudah siap ke sekolah, kan?

(ben)

No comments: