Friday, March 04, 2011

HORE, 6 Maret 2011




Restoran Tertua dan Tertinggi


Kalian tentu sudah mengenal atau pernah mengunjungi tempat yang bernama restoran. Benar, restoran merupakan tempat dimana pengunjung datang untuk makan. Dalam berbagai adegan film klasik China maupun Koboi, sejarah restoran digambarkan sejalan dengan keberadaan hotel maupun penginapan.


Sejarah penginapan jauh lebih tua ketimbang restoran. Para pelancong umumnya lebih mudah menemukan penginapan atau tempat akomodasi ketimbang warung makan atau restoran. Apalagi restoran sebagai jasa yang menyediakan makanan, cukup beragam bentuk, konsep, maupun layanan yang diberikannya. Restoran pun tak jarang disebut pula dengan nama rumah makan.


Bahasa Perancis


Restoran sebagai tempat dimana pengunjung duduk di sebuah kursi dan meja tersendiri untuk menyantap makanan setidaknya telah muncul sejak abad 18 di Eropa. Meskipun demikian, tampaknya belum ada suatu kesepakatan pasti sejak kapan sejarah restoran berawal. Bahkan sejumlah negara mengklaim sebagai awal munculnya konsep restoran modern seperti dikenal sekarang ini.




Istilah restoran atau restaurant berasal dari kata dalam Bahasa Perancis restaurer yang berarti untuk memulihkan atau mengembalikan. Mungkin maksudnya, memulihkan atau mengembalikan tenaga setelah beristirahat dari perjalanan dengan menyantap makanan yang disajikan.


Dalam konsep restoran ini, biasanya terdapat sejumlah layanan yang diberikan, seperti koki sebagai juru masak, kursi dan meja tersendiri sebagai tempat untuk menyantap makanan, pelayan, serta daftar menu.


Menurut catatan Guiness Book of The Record, Sobrino de Botin, sebuah restoran di Madrid, Spanyol tercatat merupakan restoran tertua di dunia karena telah berdiri sejak tahun 1725. Di Lisbon, Portogal, sebuah restoran bernama Tavares juga mengklaim telah berdiri dan dibuka sejak tahun 1784 dan mengaku sebagai restoran tertua kedua di dunia. Begitu juga Zum Franziskaner yang terdapat di Stockholm, Swedia mengklaim sebagai restoran yang berdiri dan beroperasi sejak tahun 1421.


Restoran Perancis


Dari sejumlah catatan tentang sejarah restaurant juga ditemukan adanya bukti bahwa Raja henry III dari Perancis pernah melakukan makan di sebuah restoran bernama Tour d’Argent di Paris pada tahun 1582.


Di negara yang dikenal dengan cita rasa masakannya ini juga ditemukan adanya restoran yang memiliki menu special berupa masakan sup yang cukup dikenal bernama Boulanger yang diketahui pernah berdiri pada tahun 1765.


Namun konsep restoran modern dalam bentuk yang standar seperti dikenal saat ini mulai muncul sekitar tahun 1782 adalah Grand Taverne de Londres, sebuah restoran di Paris yang didirikan oleh Antoine Beauvilliers. Bahkan Beauvilliers menuliskan dan membukukan perjalanan sukses restorannya dalam sebuah buku yang kemudian menjadi sangat terkenal L’Art du cuisinier yang terbit tahun 1814.


Meskipun demikian, sejarah restaurant dalam konsep yang lebih sederhana sebagai bisnis masakan ternyata telah dijalankan dan dipraktekkan masyarakat di Kaifeng China pada abad 11. Saat itu, bisnis restoran ini dijalankan dalam bentuk katering makanan yang dibuat berdasarkan pesanan dan dikirimkan untuk melayani para pedagang.


Restoran Tertinggi


Restoran tertinggi di dunia adalah At.mosphere yang mulai beroperasi 21 Januari 2011. Restoran tersebut terletak di atas gedung tertinggi di dunia Burj Khalifa di Dubai. Restoran At.mosphere itu berada di ketinggian 442 meter di lantai 122 Burj Khalifa.



Restoran tersebut bisa menampung 210 tamu. Para tamu itu harus menggunakan elevator untuk mencapai restoran tersebut. Perjalanan menggunakan elevator itu memakan waktu 57 detik.


Menu yang ditawarkan restoran tertinggi di dunia itu adalah makanan Eropa. Para tamu disarankan untuk memesan tempat sebelum datang ke restoran tersebut. At.mosphere memecahkan rekor yang sebelumnya dipegang CN Tower Bar di Toronto. Restoran tersebut berada di ketinggian 346 meter.


(ben)

No comments: