Friday, June 10, 2011

CERNAK, 12 Juni 2011


Pengganti Tommy



Ibu khawatir dengan keadaan Ino. Seminggu telah berlalu sejak hilangnya anjing mereka, Tommy, namun Ino masih belum bisa melupakannnya.


Ino menyayangi Tommy yang telah menjadi sahabat setianya selama lima tahun. Tommy telah menjadi bagian dari keluarga karena ia adalah anjing yang penurut dan terlatih.


Selama liburan musim panas, keluarga biasanya akan pergi ke Baroda, kota tempat tinggal kakek-nenek Ino. Karena sulit mengajak Tommy, orang tua Ino menitipkan Tommy kepada tetangga, Pak Rao. Tommy cukup senang tinggal karena Rao sangat menyukai anjing juga. Dia adalah pemilik dari tiga anjing menggemaskan. Tapi tahun ini, Bapak Rao juga sedang melakukan perjalanan, sehingga Tommy harus ditinggalkan di rumah paman Ino. Tidak seperti Pak Rao, Paman Sharma tidak menyukai anjing.


Begitu Ino kembali dari Baroda, dia bergegas pergi untuk menjemput Tommy. Sesampai di rumah Paman Sharma dengan ayahnya, Ino mendengar kabar yang sangat menyedihkan. Tommy melarikan diri.


Ino tertegun. Saat ia berdiri di sana, dengan air mata mengalir di wajahnya, paman Sharma mengatakan bahwa suatu hari, pintu gerbang terbuka dan Tommy melarikan diri.


Ino kembali rumah. Ayahnya berjanji untuk mendapatkan anjing lain, tapi Ino hanya mengatakan, "Saya hanya ingin saya Tommy."


Keesokan harinya, Minggu yang terang dan cerah. Ino bangun pagi-pagi, menggosok gigi, mandi, menelan sarapan dan pergi berjalan-jalan di kebun. Kebun itu besar dan penuh dengan pohon-pohon besar dan burung-burung berwarna-warni. Tiba-tiba, dia mulai berteriak, "Mami, Mami datang ke sini."


Ibu lari ke luar.


“Lihat apa yang kutemukan!" Ino menunjuk burung yang terbaring di tanah. Salah satu sayapnya terluka. Burung kecil itu mencicit keras kesakitan.


Ino bertanya, "Mami, mengapa dia tidak bisa terbang?"


"Sayapnya luka, Ino. Mamitidak yakin apakah dia akan bisa terbang lagi."


“Bolehkah aku merawatnya?” Ino bertanya penuh harap.


"Oke Tetapi, pertama kita harus bawa ke rumah klinik hewan."


Ino semangat membawanya ke klinik hewan. Dokter membalut sayap burung dan memberi resep obat untuk rasa sakit. Dokter mengatakan sayap burung akan sembuh dalam waktu semingggu.


Kembali ke rumah, Ino membuat sarang kecil. Ino memanggil burung itu Mito. Untuk pertama kalinya sejak Tommy melarikan diri, Ibu menemukan semangat Ino lagi.


"Mami, apa makanan Mito?" tanya Ino.


"Biji-bijian, kacang-kacangan, serangga kecil," jawab ibunya.


Pada awalnya, Mito sangat ketakutan. Ia tidak makan banyak dan mencicit sepanjang hari. Tapi tak lama kemudian Mito hilang semua ketakutan dan berani mematuk biji-bijian dari tangan Ino. Ino sangat senang. Mito sudah mulai melompat di sekitar rumah, dan bahkan melompat ke tangannya dan duduk di bahunya.


Beberapa hari kemudian, sayap Mito sembuh. Ino begitu senang dengan Mito dan telah melupakan Tommy.


Dalam waktu seminggu, Mito menjadi cukup kuat. Suatu hari, ketika makan, Ino bertanya, "Mami, boleh kan Mito tinggal di sini?"


Ibu sudah mengira hal ini. Dia menjawab dengan lembut, "Aku juga berharap kita bisa menjaga Mito Tapi begitu benar-benar sembuh, ia akan terbang ke rumahnya sendiri."


Ino berpikir. "Bagaimana jika kita kurung Mito dalam sangkar agar tidak bisa terbang.?"


Ibunya menatap langsung ke mata Ino dan bertanya, "Ino, apakah kamu suka jika kamu dikurung sepanjang hari dan tidak diperbolehkan pulang?"


Ino menggeleng. Tak lama kemudian, Mito benar-benar pulih sehat. Meskipun membuatnya sedikit sedih, Ino mengatur acara pelepasan Mito di kebun. Mito terbag ragu-ragu ke pohon terdekat dan kemudian terbang pergi ke langit terbuka.


Ino sedih sepanjang hari. Dia merindukan Mito. Dia tidak makan banyak di malam hari. Dia mencoba untuk tidur, tapi tidak bisa. Ketika ia membolak-balikkan berbaring di tempat tidurnya, ia tiba-tiba mendengar suara. Ada sesuatu yang mengepak di luar jendela. Ino tidak bisa melihat jelas. Dia perlahan-lahan membuka jendela dan … itu Mito!


Mito telah kembali. Dia terbang liar di sekitar ruangan dan kemudian duduk di tangan Ino. Ino bergegas keluar dari kamarnya berteriak, "Mito kembali!"


Orangtuanya keluar dari kamar mereka. Ino menari sukacita. Mito juga tampak bahagia.


Ino bertanya, "Sekarang Mito kembali sendiri. Jadi aku boleh merawatnya?"


Orangtuanya saling memandang, dan tersenyum. "Tentu saja, sayang," jawab ayahnya.


Ino pergi dengan sukacita. Orangtuanya terlihat senang dan tahu bahwa itu adalah keputusan yang tepat.


(benny rhamdani)

No comments: