Friday, December 16, 2011

HORE, 18 DESEMBER 2011


5 Toko Buku Paling Menakjubkan


 Kalian suka membaca buku? Kalau suka membaca buku biasanya kita suka ke toko buku. Seperti apa toko bukua yang kalian sering kunjungi?

Ternyata di luar ngeeri sana, banyak lho toko buku yang bentuknya tidak seperti toko. Ruangannya besar dan megah. Hm, toko buku apa saja itu?


Toko buku “Boekhandel Selexyz Dominicanen”, Belanda. Toko buku ini awalnya sebuah Gereja tua berusia 8 abad yang disulap menjadi sebuah toko buku. Namun, arsitektur bangunannya tetap dipertahankan, hanya ada sedikit tambahan unsur modern di beberapa sudut ruangannya. Oleh karena, jika Anda berkunjung ke sana, Anda tak hanya akan menikmati buku-buku lengkap dan berkualitas tapi juga arsitektur Gereja kuno yang kaya akan nilai-nilai sejarah, religiusitas dan keindahan.



Toko buku “El Ateneo”, Argentina. Toko buku ini berada di Ibu Kota Argentina, Buenos Aires. Toko buku ini awalnya sebuah teater megah bernama Gran Teatro Splandid yang dibuka pertama kali pada Mei 1919. Langit-langitnya yang megah memayungi gedung ini dibangun oleh seniman terkenal asal Italia bernama Nazareno Ornaldi dan pilar-pilarnya yang kokoh dan arstistik hasil garapan seniman tersohor bernama Troiano Troiani. Baru pada tahun 2000, teater seluas 2000 m ini diubah menjadi toko buku dengan sedikit renovasi di bawah arahan arsitek terkenal bernama Fernando Manzone. Pada tahun 2007, tercatat lebih 700.000 buku telah terjual di sana dengan pengunjung lebih dari satu juta orang pertahun. Pada tahun 2008, sebuah majalah terkenal Inggris bernama Guardian menempatkan toko buku ini sebagai salah satu dari sepuluh toko buku terbaik dunia.


Toko buku “Shakespeare & Company”, Perancis. Toko buku ini didirikan pada tahun 1919 di Paris oleh Sylvia Beach. Setahun setelah didirikan, toko buku ini langsung menarik perhatian masyarakat dan banyk digemari, khususnya oleh para penulis di sana. Sehingga, penulis dan seniman dari “Generasi Yang Hilang” seperti Ezra Pound, Ernest Hemingway, Scott Fitzgerald, George Antheil,, Man Ray, William S Burroughs, James Joyce dan Ford Madox menjadikan toko buku ini sebagai markas mereka dalam menulis, membaca atau pun berdiskusi. Toko buku ini dikenal sebagai rujukan terbaik dunia dalam buku-buku bidang sastra berbahasa Inggris.   


Toko buku “Livraria Lello”, Portugal. Toko buku ini sangat tua. Ia telah berdiri sebagai toko buku sejak tahun 1881. Keunikan toko buku ini yaitu di tengahnya terdapat tangga kayu  megah yang menjulur kokoh ke lantai atas dan bercabang-cabang ke seluruh bagian ruangan  di lantai atas. Para pecinta buku Eropa banyak yang menjuluki tangga megah itu sebagai  “tangga menuju surga”. Ini merupakan toko buku terindah di Portugal dan salah satu toko  buku terindah di dunia. Bangunan toko buku ini dirancang oleh arsitek terkenal bernama  Xavier Esteves.



Toko buku “Cafebreria El Pendulo”, Meksiko. Meksiko tak hanya terkenal dengan  mafia-mafianya yang hingga kerap menyulikan CIA. Namun, di sana juga terdapat salah satu  toko buku menakjubkan di dunia bernama Cafebreria El Pendulo. Yang unik dari toko buku  ini, interiornya dipenuhi hiasa bunga dan tanaman indah. Sehingga, Anda tak perlu untuk ke  taman atau pantai untuk membaca buku dengan nyaman dan sejuk. 

Percayalah, kita akan betah berlama-lama di kelima toko buku itu. Tentu saja kita tidak bisa hanya membaca, tapi juga membeli buku yang dijual di sana.

(ben/net)

No comments: