Friday, December 02, 2011

HORE, 4 Desember 2012


Tips   Belajar Seru!


Hai, kalian sudah belajar? Tahu nggak sih kalau belajar itu ternyata juga ada tipsnya lho. Nah, tips ini dirangkum dari beberap orang yang selalu berhasil dengan ujian di sekolah. Kalin mau mengikutinya? Silakan saja.



Suasana Menyenangkan


Saat belajar, kita harus menciptakan suasana yang  nyaman dan tenang untuk belajar. Karena  jika ingin materi yang kamu pelajari itu masuk ke otak, kamu harus tenang dan dalam keadaan yang nyaman. Sehingga nggak mengganggu konsentrasi. Belajar di luar ruangan mungkin adalah pilihan yang cukup baik, karena selain lebih fresh, kita juga bisa lebih tenang dan nggak penat dalam belajar.


Belajar tenang bukan berarti kamu cuman boleh belajar sendiri. Sekali-kali belajar kelompok juga asyik lho. Cobalah buat kelompok belajar sekitar tiga orang. Memang kadang ada bercanda dan ngobrolnya. Tapi sesekali nggak apa-apa kok.




Garis Besar


Jika membaca bahan pelajaran yang baru, jangan langsung menceburkan diri kedalamnya. Kita bisa lebih meningkatkan pemahaman bila melihat sepintas garis besarnya. Lihatlah semua subjudul, keterangan gambar dan ringkasan yang ada. Jika membaca bacaan yang cukup panjang, maka bacalah dahulu kalimat pertama dari setiap paragrafnya.

Cara ini bisa membuat kita mudah mengingat pelajaran. Coba kita lakukan berulang-ulang dalam membaca. Manfaatkan waktu belajar seefektif mungkin. Jika sudah lelah, ya kita istirahat dulu. Minum the atau makan camilan juga boleh.





Catat Intisari


Cobalah kita meringkas materi dari setiap bahan pelajaran ke dalam sebuah catatan kecil, maka akan sangat membantu mengingat bahan pelajaran itu. Pada saat kita menulisnya, kita pasti membaca materinya lagi, bener kan? Itu akan membuat kita cepat hafal materinya. Sebaiknya catatan itu ditulis kedalam buku kecil atau kertas yang bisa dibawa kemana-mana, sehingga bisa dibaca kapan dan dimanapun berada.

Oh iya, dibandingkan membaca saja, kegiatan menulis jauh lebih praktis untuk menghapal. Jadi, jangan tunda-tunda membuat ringkasan pelajaran. Terutama mata pelajaran yang banyak hapalannya.




 
Berlatih Mengingat


Agar lebih mudah, kita ingat sebaiknya materi yang akan kita hafal itu diubah menjadi sebuah singkatan atau kata kunci (Mnemonics) dengan formulasi yang mudah diingat-ingat. Seperti MeJiKuHiBiNiU untuk singkatan-singkatan dari warna pelangi, yaitu Merah, Jingga, Kuning, Hijau, Biru, Nila dan Ungu. Walaupun kamu jika menghafal langsung dalam 1 minggu sudah lupa, dengan menggunakan mnemonics seperti ini kamu bisa ingat sampai puluhan tahun lamanya.


Banyak cara untuk mengingat lho. Makin asyik dengan membuat permainan begini. Belajar jadi lebih menyenangkan, hapalan jadi mudah diserap otak.




Belajarlah dengan tekun dan rutin

Belajar tepat waktu dan serius juga sangat berpengaruh dalam peningkatan prestasi belajar. Apabila kamu jarang belajar maupun  hanya belajar jika akan ada ulangan pasti prestasinya tak akan maksimal. Jadi belajarlah dengan tekun dan rutin selagi ada waktu untuk belajar. Juga jangan belajar dengan tergesa-gesa pada hari terakhir sebelum ulangan, cara belajar seperti itu hasilnya juga nggak akan maksimal.

Jadi, kalian sudah belajar belum hari ini?

(ben/net)

No comments: