Friday, June 27, 2014

HORE, 20 Juli 2014

Manfaat Puasa Untuk Anak


Bulan Ramadhan telah tiba.Adakah di antara kalian yang berpuasa? Jika belum, yuk kita belajar berpuasa. Sebab, puasa itu ternyata banyak sekali manfaatnya untuk anak-anak seperti kita.

Untuk yang baru pertama belajar puasa, cobalah tanyakan kepada orangtuamu hal-hal yang bisa membatalkan puasa. Nah, itulah yang harus kamu ingat. Puasa tidak hanya menahan haus dan lapar, tapi juga menjaga hati dan pikiran kita.

Jika kamu sudah siap puasa, kamu harus siap untuk sahur. Jadi, jangan tidur terlalu malam agar tak mengantuk saat sahur nanti. Mengantuk saat sahur akan membuat kita kurang nafsu makan dan minum. Padahal sahur itu perlu lho.

Saat berpuasa kita juga harus menjaga aktivitas agar tidak membuat kita cepat letih dan kehausan. Hindari juga berada terlalu lama di bawah cahaya matahari langsung. Waktu bermain di luar rumah sedikit dikurangi sampai kita terbiasa.

Segeralah berbuka puasa ketika waktunya tiba. Dengan demikian tubuh kita segera mendapat asupan yang berharga untuk kesehatan kita. Eits, tapi jangan terburu-buru dan berelbihan ya.


Lebih Sehat

Puasa melatih kita  mengendalikan emosi,  mendidik  berdisiplin, jujur, dan mengendalikan diri sebab harus menahan haus dan lapar pada waktu tertentu.

Dengan berpuasa kita juga membangun empati. Umpamanya, kita jadi   belajar lebih menghargai makanan, juga memahami saudara-saudara lainnya yang tidak bisa makan setiap hari.




Tahukah kalian, puasa juga melatih kita rajin beribadah? Tidak hanya puasanya, tapi banyak ibadah lainnya misalnya salat berjamaah, mengaji bersama, hafalan doa dan sebagainya.

Nah, ini manfaat puasa dari sisi kesehatan.  Puasa menyeimbangkan tubuh, utamanya sistem pencernaan. Dengan berpuasa, tubuh akan mengalami detoksifikasi-membuang racun-racun dalam tubuh dan membersihkan alat pencernaan.

Kalian ingin lebih sehat? Nah, puasa itu menjadikan seorang anak lebih sehat. Sebab, kita tidak mengonsumsi jajanan tidak sehat dan pola makan akan diatur orangtua dan nilai gizi pun diperhatikan.



No comments: