Saturday, July 23, 2016

Hore AKu Tahu, 24 Juli 2016


Tas Sekolah Kesayangan




Saat libur sekolah sudah usai, ingatlah dan praktikkan beberapa hal di bawah ini. Agar kita terhindar dari nyeri punggung.

Pilih tas punggung
Sekali lagi, hindari tas selempang. Kenapa? Karena penggunaan tas selempang membuat beban hanya tertumpu pada satu bagian pundak, sehingga tidak seimbang. Membuat pundak tertarik, dan memicu sakit leher, pundak, punggung. Sebaliknya, tas punggung akan membagi beban ke kedua punggung. Jadi, jangan  menggunakan tas selempang, sekalipun bentuknya lucu.

Gunakan tas beroda
Selain tas punggung biasa, kita juga bisa memilih tas punggung beroda sehingga dapat memudahkan  untuk membawa tasnya. Namun, pastikan terlebih dahulu bahwa kita tidak perlu melewati tangga untuk sampai ke dalam kelasnya. Karena penggunaan tas sekolah beroda dan mengangkatnya pada saat menaiki tangga juga bisa memicu sakit punggung.

Gunakan tas dengan benar.
Penggunaan tas punggung juga perlu ditunjang dengan pemakaiannya yang benar. Atur kedua tali ransel sehingga pas dengan tubuh. Atur juga tinggi tas setidaknya 5 cm dari atas pinggang. Jika tas punggung sekolah kita memiliki sabuk pinggang, kencangkan dengan baik namun tetap tidak terlalu ketat. Sehingga kita dapat merasa nyaman.

Perhatikan beratnya.
Selain cara penggunaan, perhatikan juga apa saja yang anak kita bawa. Jangan sampai  membawa beban berlebih.Guna menghindari nyeri punggung, jangan membawa tas dengan berat lebih dari 10% berat badan kita. Bisa kan menghitungnya?

Pilih bentuk tas dengan tali yang tepat.
Tas punggung juga harus dipilih dengan benar. Pilih tas punggung dengan tali pundak agak lebar dan memiliki bantalan yang empuk. Selain itu, cari tas yang memiliki rangka plastik. Rangka ini dapat membantu dalam membagi beban di dalam tas, sehingga  merasa nyaman saat membawa tasnya.

. Studi menunjukkan bahwa sebagian besar cedera penggunaan ransel terjadi karena penggunaannya yang tidak benar. Misalnya karena tersandung ransel, cedera bahu karena salah dalam mengangkat ransel yang berat, atau kita bermain-main dengan mengayunkan tasnya hingga mengenai tubuh sendiri.

Selamat menyayangi tas kamu.



No comments: