Friday, September 23, 2016

Hore, 25 September 2017

Lima Macam Cara Memasak

Siapa yang suka memasak? Memasak adalah kegiatan menyiapkan makanan untuk dimakan dengan cara memanaskan pada bahan makanan agar bahan makanan tersebut bisa dikonsumsi. 

Memasak terdiri dari berbagai macam metode, teknik, peralatan, dan kombinasi bumbu dapur untuk mengatur rasa memudahkan makanan untuk dicerna dan mengubah makanan dari segi warna, rupa, rasa, tekstur, penampilan dan nilai nutrisi. 

Memasak secara umum adalah persiapan dan proses memilih, mengatur kuantitas, dan mencampur bahan makanan dengan urutan tertentu dengan tujuan untuk medapatkan hasil yang diinginkan. Memanaskan bahan makanan umumnya, walaupun tidak selalu, perubahan bahan makanan tersebut secara kimiawi, mengakibatkan adanya perubahan rasa, tekstur, penampilan, dan nilai nutrisi.

Nah, berikut adalah cara memasak yang umum.

 Menggoreng, yaitu mengolah makanan dengan cara memasukkan bahan makanan ke dalam minyak panas. Biasanya makanan yang digoreng cepat dihidangkan. Kalian pasti sering melihat seperti ayam goreng, pisang goreng, dan sebagainya. Hati-hati jangan terlalu banyak makanan yang digoreng ya.
 
Merebus, yaitu mengolah bahan makanan dengan merendam bahan atau masakan ke dalam air yang panas. Paling sering kita lihat adalah jenis sayur, seperti sop, sayur asem, dan banyak lagi. Paling mudah untuk belajar memasak adalah merenus telur.


Mengukus, yaitu memasak dengan menggunakan uap air dan menggunakan alat seperti kukusan, dandang, panci, dan lain-lain. Cara memasak seperti ini dianggap paling sehat karena gizinya tidak banyak yang hilang.
    
Menumis, yaitu memasak dengan menggunakan sedikit minyak olahan dan ditambah sedikit cairan sehingga sedikit berkuah/basah. Cara ini biasanya juga sangat dianjurkan karena tidak merusak gizi makanan. Sebab biasanya cara memasaknya tidak memakan waktu lama.
    
Membakar, yaitu memasak secara langsung di atas bara api, biasanya teknik ini disebut memanggang. Nah, kalian juga pasti menyukai cara memasak yang satu ini. Paling mudah adalah membakar sate. Kalian tinggal membolak-balik agar tidak gosong. Tapi jangan banyak-banyak makan daging yang terbakar ya.


    
Memanggang dengan oven (bake), yaitu memasak makanan dengan memasukkan ke dalam alat pembakaran seperti oven dan Oven mikrogelombang dan alat lainya. Biasanya yang menggunakan cara ini adalah kue, roti, dan banyak lagi. Kalian pasti akan melihat saat ibu memasak kue untuk lebaran ataupun natalan.

Menyangrai, yaitu memasak di wajan tanpa air maupun minyak goreng, tetapi langsung tersentuh dengan wajan, ada juga yang menggunakan media pasir untuk menyangrai.



No comments: