Friday, February 03, 2017

Hore, 5 Februari 2017

Mengenal Jenis Anyaman



Kalian tahu anyaman? Anyaman adalah serat yang dirangkaikan hingga membentuk benda yang kaku, biasanya untuk membuat keranjang atau perabot. Anyaman seringkali dibuat dari bahan yang berasal dari tumbuhan, namun serat plastik juga dapat digunakan.

Bahan yang digunakan bisa bagian apapun dari tanaman, misalnya inti batang tebu atau rotan atau keseluruhan ketebalan tanaman, seperti misalnya dedalu. Bahan lainnya yang terkenal digunakan sebagai anyaman adalah gelagah dan bambu. Biasanya rangkanya dibuat dari bahan yang lebih kaku, setelah itu bahan yang lebih lentur digunakan untuk mengisi rangka.

Anyaman bersifat ringan tetapi kuat, menjadikannya cocok sebagai perabot yang sering dipindah-pindah. Anyaman sering digunakan untuk perabot di beranda dan teras. Berikut adalah jenis-jenis anyaman.

Anyaman Mengkuang, terbuat dari daun mengkuang, contoh: tikar, tudung saji, dan lain-lain.



Anyaman Pandan, terbuat dari daun pandan duri, contoh: tikar sembahyang, hiasan dinding.

Anyaman Buluh, terbuat dari jenis-jenis buluh yang sesuai, contoh: bakul untuk bekas pakaian, nyiru, beg dan lain-lain.

Anyaman Rotan, terbuat dari rotan yang telah diproses, contoh: bakul untuk bekas pakaian, tempat buaian anak dan lain-lain.

Anyaman Lidi, terbuat dari lidi kelapa, contoh: lekar.

Anyaman Ribu-ribu, terbuat dari tanaman paku pakis ribu-ribu, contoh: tempat tembakau, bakul, dan lain-lain.

Ayaman juga bisa dipelajari lho. Biasanya kita belajar di sekolah dengan menggunakan kertas terlebih dahulu. Belakangan juga sering kita lihat karya daurulang berupa tas yang sebnarnya anyaman dari plastik kemasan.

Nah, adakah kalian yang ingin belajar menganyam?

No comments: