Friday, January 18, 2008

Hore Aku Tahu, 20 Januari 2008


Yuk, Belajar dari Naruto

Apakah kalian penggemar Naruto? Ya, tokoh manga (komik Jepang) ini sekarang sedang digemari banyak orang di seluruh dunia. Tidak hanya di Jepang ataupun di Indonesia lho. Penggemarnya mulai dari anak-anak sampai orang dewasa.

Tapi belakangan, banyak sekali orang yang mengeluh karena menganggap keranjingan Naruto ini sangat banyak ruginya. Banyak sekali anak-anak yang meniru adegan kekerasan dari anime (film kartun) Naruto. Wah, padahal banyak sekali yang dapat kita petik pelajarannya dari Naruto.

Tekun Belajar

Hal yang harus kita pelajari ketika menyukai Naruto adalah ketekunan belajar. Ya, hal tersebut bisa kita lihat dari kisah Naruto yang terus mau berlatih dan belajar hingga dia dapat menjadi tokoh jagoan yang hebat.

Sebenarnya gambaran Naruto tak beda jauh dengan sosok pencipta Naruto yakni Masashi Kishimoto. Pria yang lahir di Daerah Okayama pada 8 November 1974 ini telah berlatih membuat manga sejak sebelum masuk sekolah dasar karena memang sejak kecil dia bercita-cita menjadi pembuat manga terkenal. Salah satu seri komik yang disukainya sejak kecil adalah Doraemon.

Masashi banyak belajar dari tokoh mangaka (pembuat manga) yang disukainya. Termasuk karya Akira Toriyama yang membuat Dragon Ball. Dia tidak pernah marah dan putus asa ketika coretan tangannya banyak dicela orang. Masashi juga terus belajar dengan tekun sesuai hobinya itu, meski banyak majalha yang menolak karyanya.

Barulah pada 1996, Masashi mempublikasikan karyanya untuk pertama kali yakni manga Karakuri peda penerbit Shueisha. Pada 1996, dia menyerahkan manga Naruto untuk diterbitkan majalah manga mingguan Shunen Jump. Tidak diduga karyanya banyak yang menyukai hingga ia mendapat penghargaan khusus Hop Step sebagai mangaka baru yang sangat disukai pembaca.

Ninja Remaja

Naruto bercerita seputar kehidupan tokoh utamanya, Naruto Uzumaki, seorang ninja remaja yang berisik, hiperaktif, dan ambisius; dan petualangannya dalam mewujudkan keinginan untuk mendapatkan gelar Hokage, ninja terkuat di desanya.

Dalam tubuh Naruto, tersegel seekor monster rubah ekor sembilan yang pernah menyerang dan hampir menghancurkan desa Konoha. Karena monster yang ada dalam tubuhnya itulah, ia dijauhi oleh penduduk desa di masa kecilnya hingga ia bertekat membuktikan kepada masyarakat di Konoha bahwa ia akan menjadi Hokage agar ia bisa diakui di desa itu, sekaligus menjadi incaran ninja-ninja yang menginginkan kekuatan Kyuubi, si rubah ekor sembilan. Naruto adalah putra dari Hokage ke-4 yang bernama Minato Namikaze.

Kebanyakan nilai-nilai dalam cerita Naruto ditampilkan secara melalui dialog ataupun tingkah laku tokoh-tokohnya, hal ini membuat Naruto menjadi cerita yang menarik dan mudah dipahami. Nilai yang paling sering muncul dalam cerita Naruto adalah persahabatan, perasaan saling memahami dan saling melindungi, kesetiaan, kesepian.

Naruto, pada awal cerita, merupakan seseorang yang terkucil dan tidak memiliki teman. Ia rela berbuat apapun termasuk menjadi badut di kelasnya untuk mendapatkan teman. Begitu juga dengan Kakashi, yang kehilangan semua temannya; Sasuke, yang seluruh anggota keluarganya dibunuh; Gaara, yang dibenci oleh semua orang di desanya bahkan oleh keluarganya sendiri; Iruka, yang orang tuanya terbunuh Kyuubi; Hinata, yang kekurangan kasih sayang dari keluarganya, dan masih banyak yang lain.

Kisah-kisah tentang pengorbanan dan persaingan (rival) juga sering muncul. "Pengorbanan demi sesuatu yang berharga" begitu menonjol pada episode menyelamatkan Kirigakure dan ujian Chuunin. Sementara itu, nilai persaingan diisi dengan persaingan antara Naruto dengan Sasuke, Kakashi dengan guru Guy, Sakura dengan Ino, Jiraiya dan Tsunade dengan Orochimaru dan lain-lain.

Istilah

Buat kalian yang baru menggemari Naruto. Mungkin akan menemukan beberapa istilah yang kurang dimengerti. Nah, untuk membantunya, berikut pengertian beberapa istilah yang sering disebutkan di kisah Naruto

Berikut istilah-istilah yang sering digunakan dalam cerita ini:

Bijuu : Siluman yang berasal dari cakra yg berjumlah besar, berjumlah 9 ekor (Ichibi, Nibi, Sanbi, Yonbi, gobi,rokubi,nanabi, hachibi, dan Kyuubi). Dan menurut para penduduk yang desanya memiliki Bijuu, satu tebasan ekor mereka dapat menyebabkan Tsunami,Gempa, dan bencana besar lainnya.

Chakra: Tenaga yang mengalir dalam tubuh yang tersimpan setelah latihan keras dan bisa digunakan untuk berbagai macam hal; terutama untuk mengeluarkan jutsu.

Hokage: (ho = api) ninja pemimpin/terkuat di negara Api. Negara-negara lainnya memiliki kage-kage yang lain semacam Kazekage dll.

Jinchuuriki: Orang yang ditubuhnya tersegel bijuu.

Jutsu: Jurus, teknik, sesuatu yang digunakan oleh ninja sebagai serangan maupun pertahanan. Dibagi menjadi tiga, yaitu taijutsu, ninjutsu, dan genjutsu. Yang dimaksud dengan taijutsu adalah teknik dasar ninja berupa gerakan fisik seperti melompat, memukul, atau menendang. Ninjutsu adalah teknik ninja yang menggunakan chakra untuk mengeluarkan jutsu-jutsu dengan elemen tertentu. Sedangkan genjutsu adalah teknik ninja yang mampu membawa musuhnya ke dalam dunia ilusi. Sebenarnya masih ada satu jurus lagi yang disebut fuinjutsu atau jurus segel, contohnya segel yang ada pada tubuh sasuke yang bisa membuatnya lebih kuat meski hanya bisa sampai joutai 2 dan segel yang berada pada naruto tempat kyuubi berada.

Kuchiyose: Kuchiyose atau "hewan panggilan" (summon) adalah hewan yang dapat dipanggil untuk kemudian digunakan untuk menyerang sebagai senajta ninja. Contohnya adalah ketika Kakashi memanggil sepasukan anjing (dog pack) untuk membantunya melawan Zabuza (versi anime: episode 6 hingga episode 12 dan versi manga dari jilid 3 hingga jilid 6), Jiraiya memangil keluarga katak Gamabunta (raja katak),Gamaken dll., Orochimaru memanggil Manda (raja ular raksasa), Tsunade memanggil Katsuyu (Siput raksasa) dan Naruto memanggil katak yang merupakan anak dari Gamabunta yaitu Gamakichi (kadang-kadang datang bersama adiknya Gamatatsu yang akhirnya cuma mengganggu saja). Summon juga dapat digabungankan atau berubah bentuk bila bersatu dengan pemanggilnya.

Kunoichi: Ninja perempuan. Seperti Sakura, Ino, Hinata, Tenten, Temari, Tayuya,Tsunade, Shizune, dan masih banyak lagi yang pokoknya ninja perempuan.

Shinobi: Sebutan lain untuk ninja.

Nah, sebaiknya meskipun kalian menyakui Naruto, jangan samapai kalian lupa belajar. Soalnya, kalau sudah baca komik atau menonton filmnya,kita bias keasyikan dan lupa waktu. Kalau sudah begitu, orangtua kita pasti tidak suka.

(benny rhamdani)

1 comment:

aji ferall said...

memang benar banyak dbisa dipetik
contohnya perjuangan pantang menyerah, bagaimana menghadapi suatu masalah yang sangat berat dan kelihatan tak mungkin selesai.

dan keberanian mengambil langkah dan keputusan walau dianggap aneh dan berbeda dari orang lain

lihat juga dong blog ku yang berantakan di http://ajiferall.blogspot.com