Thursday, August 07, 2008

Hore, 10 Agustus 2008



Apa sih Kidal?



Apakah ada teman kalian yang seringkali mengerjakan sesuatu dengan tangan kiri? Nah, kalau ada, bisa diperkirakan teman kalian itu adalah orang kidal. Di beberapa negara, orang-orang kidal ini merayakan Hari Kidal setiap tanggal 13 Agustus lho!

Orang yang kidal memang lebih banyak menggunakan tangan kirinya daripada tangan kanannya. Ia biasanya menggunakan tangan kirinya untuk berbagai pekerjaan seperti misalnya untuk menyisir rambut, memasak, dll. Menulis tidak dapat digunakan untuk menentukan apakah seseorang kidal atau bukan, karena ada juga orang yang kidal menggunakan tangan kanannya untuk menulis.


Kira-kira 8–15% dari penduduk dewasa adalah kidal. Berbagai penelitian menunjukkan bahwa tangan kidal lebih umum ditemukan di kalangan laki-laki daripada perempuan. Dibandingkan dengan masyarakat umum, tangan kidal lebih sering muncul di kalangan kembar identik.

Otak memiliki koordinasi pengaturan antara dua bagian tubuh kiri dan kanan, dan aktifitas ini bekerja secara silang dari sananya. Otak kanan akan mengatur bagian tubuh kiri manusia sedangkan otak kiri akan mengatur bagian tubuh kanan manusia.

Kecenderungan menggunakan tangan kiri pada keadaan kidal menurut banyak ahli berhubungan dengan cara kerja otak kanan, dengan penjelasan bahwa pada keadaan ini ada sedikit ketidakseimbangan dimana otak kanan lebih mendominasi aktifitas otak kiri. Namun mereka juga menilai ketidakseimbangan ini bukanlah sebagai suatu gangguan.



Petinju Kidal

Petinju bertipe kidal adalah petinju dengan gaya tidak konvensional, dengan posisi tangan dan kaki kanan ada di bagian depan, sedang posisi tangan dan kaki kiri ada di bagian dalam.

Kekuatan pukulan utama petinju kidal ada pada tangan kiri, namun tidak menutup petinju yang secara alamiah kidal tidak bertinju dengan gaya kidal, melainkan bertipe ortodoks dengan berbagai tujuan, antara lain mengelabui lawan. Contoh orang kidal yang bertinju dengan gaya ortodoks adalah "The Golden Boy" Oscar DeLa Hoya.

Petinju Ellyas Pical, "Marvelous" Marvin Hagler, Michael Moorer, Chris Byrd adalah petinju bertipe kidal. Lawan kata petinju kidal adalah petinju bertipe ortodoks.

Ada juga petinju yang sebenarnya tidak kidal tapi bertarung dengan gaya kidal, contohnya Pernell "Sweet Pea" Whitaker dan Hector "Macho" Camacho.

Istilah bahasa Inggris untuk petinju kidal adalah "southpaw boxer"

Jangan Diledek

Keadaan kidal yang melalui serangkaian pemeriksaan tidak memiliki kelainan neurologis di luar keseimbangan pengaturan otak kiri dan kanan terhadap dua sisi tubuh. Jadi sebenarnya hingga sekarang tidak dianggap sebagai suatu penyakit.

Dalam bersalaman, menerima sesuatu ataupun makan, dalam aturan kalangan tertentu yang berhubungan dengan pandangan sopan-santun dalam adat-istiadat masyarakat. Sebuah riset menyebutkan bahwa sebagian kecil kasus kidal juga dibarengi rasa minder akibat lingkungan yang memaksa pemiliknya untuk sedapatnya menggunakan tangan kanan mereka, termasuk di sekolah dan di rumah.

Ada juga beberapa anak kidal yang minder karena sering diledek teman-temannya. Sebagian malah karena sering dibentak oleh keluarganya, sehingga sering tak berani berekspresi. Berkaitan dengan efek samping ini para ahli menganjurkan suatu sistem pelatihan dengan tidak melakukan pemaksaan.

Tokoh Kidal

Presiden Amerika selama 3 periode berturut-turut kidal semua. Dari Ronald Reagan (presiden ke-40), George H.W. Bush (ke-41), Bill Clinton (ke-42). Pemimpin kidal terkenal lainnya adalah Joan of Arc, Alexander the Great, Julius Caesar, Napoléon Bonaparte, Raja Louis ke XVI, Ratu Victoria.

Orang terkenal lainnya, Pangeran Charles, Pangeran William, Fidel Castro (pemimpin Kuba), Lord Baden-Powell (founder gerakan Pramuka). Dari kalangan musisi ada Phil Collins (Genesis), Noel Gallagher (Oasis), Martina McBride, Paul McCartney (the Beatles).

Seniman ternama yang kidal antara lain Michelangelo, Raphael, Leonardo da Vinci. Aktor dan akktrisnya adalah Charlie Chaplin, Tom Cruise, Robert DeNiro, Angelina Jolie, Nicole Kidman, Lisa Kudrow , Diane Keaton, Marilyn Monroe, Sarah Jessica Parker, Robert Redford, Keanu Reeves, Julia Roberts, Slyvester Stallone, Bruce Willis, Oprah Winfrey.

Di jajaran olahragawan kidal ada Diego Armando Maradona (sepakbola), Oscar de la Hoya (tinju), Valentino Rossi (balap motor), Monica Seles (tenis).

Nah, kalian sendiri kidal atau bukan?

(ben)

No comments: