Sunday, August 24, 2008

HORE, 31 Agustus 2008



Si Manusia Kelelawar


Hai, kalian pernah mendengar superhero bernama Batman? Ya, dia tentu saja berbeda dengan Superman.

Batman (mulanya disebut the Bat-Man) adalah tokoh fiksi pahlawan super yang diciptakan oleh seniman Bob Kane dan penulis Bill Finger dan diterbitkan oleh DC Comics. Tokoh ini pertama muncul di Detective Comics #27 (Mei 1939). Identitas rahasia Batman adalah Bruce Wayne, seorang pengusaha kaya. Ia menyaksikan pembunuhan orangtuanya waktu masih kecil dan tergerak untuk memerangi kejahatan dengan berbagai senjata ciptaan sendiri. Batman beroperasi di Gotham City, dibantu oleh butler nya Alfred Pennyworth dan rekannya Robin. Tidak seperti superhero kebanyakan, dia tidak memiliki kekuatan super, ia hanya menggunakan intelejensi, ketrampilan sebagai detektif, ilmu pengetahuan dan tekhnologi, kekayaan, ketangkasan fisik, dan intimidasi dalam memerangi kejahatan.

Batman menjadi karakter terkenal dengan cepat setelah perkenalan dan akhirnya mendapatkan judulnya sendiri, Batman. Setelah dasawarsa pemakaian judul tersebut, perbedaan karakter telah muncul. Akhir tahun 1960-an serial Batman di televisi karakter Batman di rubah menjadi lebih estetis selama bertahun-tahun sampai ceritanya usai. Banyak kreator-kreator menciptakan untuk mengembalikan karakter Batman kepada cerita awalnya yang suram dan gelap, puncaknya di tahun 1986 mini series Batman: The Dark Knight Returns, di tulis oleh seniman Frank Miller dan kesuksesan sutradara Tim Burton Batman 1989 membantu menghidupkan kelamnya karakter Batman ini. Sebagai simbol kultur, Batman telah di daftarkan dan di adaptasikan ke dalam berbagai media, dari radio sampai televisi dan film, dan muncul di macam-macam merchandise yang dijual di seluruh dunia.


Penciptaan

Di awal tahun 1938, kesuksesan Superman di Action Comics membuat gerakan cepat para editor di the comic book division of National Publications (yang akan menjadi DC Comics) meminta superhero-superhero untuk dibuat judulnya. Dengan cepat, Bob Kane menciptakan "the Bat-Man". kolaborator Bill Finger mengingatkan Kane
“ ...punya ide untuk tokoh yang bernama 'Batman' dan dia mau melihat gambaran tokoh tersebut. Saya mendatangi Kane dan dia telah menggambar seorang tokoh yang penampilannya mirip sekali dengan Superman dengan celana ketat kemerah-merahan, saya percaya, memakai boot...tidak memakai sarung tangan...dengan topeng domino, berayun pada seutas tali. Batman memiliki sayap yang kokoh sedang mengembang, seperti sayap kelelawar. Dan di bawahnya ada tanda besar...BATMAN."


Sejarah karakter fiksional

Cerita Batman telah mengalami bermacam-macam revisi, di aspek kecil maupun besar. Beberapa elemen dari tokoh kisah tersebut ada yang tidak berubah. Sarjana William Uricchio dan Roberta E. Pearson menulis di awal tahun 90-an, "Tidak seperti tokoh-tokoh fiksional yang lainnya, Batman tidak memiliki catatan dalam periode tertentu, tetapi berada dalam sebuah text tetap di waktu yang sama tampil lebih dari 5 dekade."

Cerita selalu berpusat pada keadaan kisah awal Batman. Sebagai anak kecil, Bruce Wayne takut dan trauma melihat kedua orang tuanya, Doctor Thomas Wayne dan istrinya Martha di bunuh oleh perampok di depan matanya. Ini yang membuatnya untuk membasmi kejahatan di kota Gotham sebagai Batman. Di tahun berikutnya, 26 Juni menjadi tanggal berdirinya sosok Batman (Batman Confidential #14), tanggal tersebut adalah tanggal dimana pembunuhan itu terjadi dan Batman tiap tahun selalu mengunjungi tempat kejadian perkara kedua orang tuanya mati.

Pearson dan Uricchio juga menulis diluar kisah asli dan seperti pengenalan Robin, " Sampai sekarang, kisah yang pasti dan penambahan dan penyebab, membuatnya menjadi orang suci, sebuah upaya penambahan oleh para editor Batman seperti Dennis O'Neil yang memastikan konsisten dan kontinuitas antar cerita.



Ketrampilan, bakat dan sumber-sumber

Tidak seperti superhero kebanyakan, Batman tidak memiliki kekuatan super dan sebagai gantinya memiliki pengetahuan yang luas di bidang ilmiah, ahli dalam hal reserse, ahli dalam olah raga. Batman memiliki kondisi fisik di atas manusia normal tangkas dalam beberapa macam hal, ahli bela diri, akrobatik, kekuatan dan ahli dalam meloloskan diri. Keintelektualan yang tiada bandingnya; Batman adalah salah satu ilmuwan, insinyur, ahli kriminologi, dan taktisian terhebat, begitu pula dengan ahli dalam hal penyamaran, sering mengumpulkan informasi di bawah identitas Matches Malone. Dia dihormati sebagai salah satu detektif terhebat dalam DC Universe, dari pada perkelahiannya dengan musuh-musuhnya, Batman sering menggunakan kecerdikan dan perencanaan untuk memperdayai musuh-musuhnya. Dalam cerita JLA yang dibuat oleh Grant Morrison, Superman menjelaskan bahwa Batman adalah "pria paling berbahaya di Dunia," dia dapat mengalahkan sekelompok mahluk asing yang berkekuatan super hanya seorang diri dalam menyelamatkan sahabatnya yang sedang di tawan.

Batsuit

Kostum Batman menggabungkan sosok kelelawar untuk menakuti para kriminil. Perincian kostum Batman berkali-kali selalu berubah melalui bermacam-macam cerita dan media, tetapi elemen yang tetap dan tak berubah hanya jubah yang membentuk sayap kelelawar, topeng yang menutupi sebagian besar wajah dan memiliki kuping seperti kelelawar, logo kelelawar di dada, di tambah sabuk peralatan. Warna kostum biasanya biru dan kelabu, walaupun biasanya pewarnaan disesuaikan dengan cara seni komik itu di warnai.

Batman diciptakan oleh Bill Finger dan Bob Kane memiliki jubah dan topeng hitam dan kostum kelabu, tetapi setelah di rembugkan ahirnya di warnai hitam dengan ditambahkan pencahayaan biru. Batman selalu di gambarkan memakai jubah dan topeng hitam, seperti yang terlihat di film Batman karya Tim Burton, pada saat tahun 1960-an diacara televisi Batman memakai warna biru dan kelabu, dan memiliki petualangan prosa. Pewarnaan ini telah di klaim oleh Larry Ford, dalam Place, Power, Situation, and Spectacle: A Geography of Film, menjadi pengembalian simbol sandi pewarnaan, yang mana para penjahat selalu memakai baju berwarna hitam.

Sarung tangan Batman selau ada tiga sirip yang menonjol keluar dari samping. Bentuk elips berwarna kuning mengelilingi logo kelelawar di dada karakter ditambahkan pada tahun 1964, dan menjadi simbol pahlawan ini, sangat berhubungan dengan merah dan simbol "S" kuning Superman. Penampilan secara menyeluruh dari karakter, secara menyeluruh panjang dari kuping topeng dan jubahnya, sangat bervariasi tergantung dari seniman yang membuatnya. Dennis O'Neill mengatakan, "Boleh kita katakan bahwa Batman memiliki dua ratusan kostum yang tergantung di Batcave, sehingga kostum tersebut tidaklah harus sama...Semua orang suka menggambar Batman dan semua orang menginginkan ciri khas Batman karya mereka masing-masing."

Peralatan

Batman di lengkapi dengan persenjataan canggih yang sangat banyak dalam memerangi kejahatan, designnya selalu menggunakan motif kelelawar. Ahli cerita Batman Les Daniels menyebutkan Gardner Fox dengan memciptakan konsep persenjataan Batman dengan memperkenalkan sabuk perlengkapan di Detective Comics #29 (Juli 1939) dan senjata bertema kelelawar pertama adalah batarang dan batgyro di komik Detective Comics #31 and #32 (September; Oktober, 1939).

Kendaraan utama Batman adalah Batmobile, yang menggambarkan mobil hitam dengan tambahan aksesoris yang memberi kesan sebuah sayap kelelawar. Kendaraan Batman yang lain termasuk Batplane (alias Batwing), Batboat, Bat-Sub dan Batcycle. Dalam penyebutan, kaliamt awalan "Bat" (contoh Batmobile atau Batarang) jarang sekali digunakan oleh Batman sendiri, ketika menggunakan peralatannya, terutama sekali setelah beberapa penggambaran di (Batman live-action television show and the Super Friends animated series tahun 1960-an) dilaksanakan di acara bagian campy.

Di acara televisi tersebut Batman memiliki memiliki persenjataan yang mencantumkan nama-nama "Bat" yang menggelikan, seperti bat-computer, bat-scanner, bat-radar, bat-cuffs, bat-pontoons, bat-drinking water dispenser, bat-camera dengan menggunakan bat-filter, bat-shark repellent bat-spray, and bat-rope. Di cerita "A Death in the Family" ceritanya memberi kesan bahwa cerita yang suram dan dia tidak mungkin mengadaptasikan kalimat awalan "bat' untuk peralatannya.

Batman menyimpan peralatan yang terpenting di sabuknya. Selama bertahun-tahun selalu di tunjukkan perlengkapan yang bermacam-macam yang tak pernah akan habis untuk menghadapi musuh-musuhnya. Versi lainnya dari sabuk untuk menyimpan ada berbagai bentuk, kantong atau selinder keras yang mengelilinginya.


Penjahat

Batman menghadapi bermacam-macam musuh dari penjahat biasa sampai ke penjahat super berpenampilan aneh. Banyak musuh Batman yang diciptakan dari aspek karakter pahlawan dan pengembangannya, sering mengalami kisah asli yang tragis yang mebuat mereka menjadi seorang penjahat. Musuh Batman yang paling keras kepala adalah Joker, seorang badut kriminal yang memiliki "personifikasi irasional" menggambarkan penentangan terhadap Batman. Antagonis lain yang selalu berulang-ulang termasuk Catwoman, the the Penguin, Two-Face, the Riddler, Scarecrow, Mister Freeze, Poison Ivy, Ra's Al Ghul,Bane dan lain-lainnya.


Nah, kalian juga bisa kok jadi Superhero! Tidak perlu memakai topeng. Kalian cukup menjaga lingkungan sekitar agar bersih dan nyaman, nah kalian akan mendapat gelar juga Pahlawan Lingkungan!

(ben)

No comments: