Friday, January 09, 2009

HORE, 11 Januari 2009

Mengenal si Kuda Belang

Jika kalian sudah nonton film Madagascar, maka kalian akan melihat kuda belang alias Zebra. Warnanya yang belang mengingatkan kita pada tuts-tuts piano. Banyak sekali yang penasarn dengan warnanya. Oh iya, ternyata ada juga lho hewan persilangan Zebra dengan kuda biasa.

Kuda (Equus caballus atau Equus ferus caballus) adalah salah satu dari sepuluh spesies modern mamalia dari genus Equus. Hewan ini telah lama merupakan salah satu hewan ternak yang penting secara ekonomis, dan telah memegang peranan penting dalam pengangkutan orang dan barang selama ribuan tahun.

Kuda dapat ditunggangi oleh manusia dengan menggunakan sadel dan dapat pula digunakan untuk menarik sesuatu, seperti kendaraan beroda, atau bajak. Pada beberapa daerah, kuda juga digunakan sebagai sumber makanan. Walaupun peternakan kuda diperkirakan telah dimulai sejak tahun 4500 SM, bukti-bukti penggunaan kuda untuk keperluan manusia baru ditemukan terjadi sejak 2000 SM.


Zebra



Zebra adalah binatang dari famili kuda yang tubuhnya berbelang-belang hitam dan putih. Penyebaran habitat di Afrika Selatan, Afrika Barat dan Afrika Timur. Ada tiga jenis zebra yaitu : zebra gunung, zebra dataran dan zebra primitif.



Nama ilmiah: Equus zebra untuk zebra gunung; Equus quagga untuk zebra dataran dan Equus grevyi untuk zebra primitif. Belang-belang pada tubuh zebra dapat membantu sistem pertahanan zebra terhadap predator.Belang zebra dapat membingungkan predator yang akan memangsanya.

Zebra memiliki "warna disruptif" seperti beberapa katak pohon dan ular belang. Belang pada tubuh zebra memecah kontur rata hewan,menyamarkan bentuk asli zebra.Ketika zebra bergerak, pola itu lebih membingungkan lagi. Berbeda dengan kuda polos biasa. Para ilmuwan berpendapat bahwa belang pada zebra terjadi karena evolusi, baik variasi maupun seleksi alam.

Silang


Quagga yang menyerupai zebra dan pernah ditemukan dalam jumlah besar di Afrika Selatan. Quagga dapat dibedakan dari zebra lain dengan memiliki tanda pada bagian depan tubuh.


Quagga merupakan campuran dari kuda dan zebra, kemungkinan dari perkawinan silang alamiah. Nama Quagga berasal dari kata Khoikhoi untuk zebra. Quagga punah akibat perburuan oleh manusia yang berusaha mendapat daging dan kulitnya.


Selain Quagga, ada pula Zorse yang merupakan kawin campur antara zebra dan kuda. Biasanya kebanyakan Zorse merupakan kawin campur antara ibunya adalah seekor zebra dan bapaknya adalah seekor kuda. Umumnya perkawinan silang dilakukan dengan campur tangan manusia.



Wah betapa uniknya ya fauna di alam ini. Sebagai manusia. Ada baiknya kita melestarikan keberadaan mereka. Seba, jika mereka punah, kita hanya bisa menyaksikannya di film-film animasi.

(ben)

No comments: