Friday, August 06, 2010

HORE, 8 Agustus 2010



Jadi Penulis Cilik Yuk!


Wah, ternyata sekarang banyak lho anak-anak yang sudah menulis dan membuat buku. Sebut saja Ayunda, Izzati, Alya Nabilla dan lain-lainnya. Hm, kalian juga bisa seperti mereka menjadi penulis cilik trekenal. Tentu saja ada beberapa syarat yang harus kalian lakukan.

Cinta Menulis dan Membaca

Menulis dan membaca adalah kegiatan yang tidak bisa dipisahkan. Kalau kalian ingin pandai menulis, maka kalian juga harus suka membaca. Coba diingat-ingat berapa banyak lama kamu membaca dalam seminggu? Masih lebih banyak menonton televisi, kah? Wah, jika begitu kalian harus kurangi. Tambah lagi waktumu untuk membaca.

Mulailah belajar menulis dengan membuat ringkasan buku yang kamu baca juga komentar kamu atas buku tersebut. Tidak usah terlalu panjang dulu. Yang penting, kamu harus menulis dengan jujur apa yang kamu rasakan.

Misalnya kamu membaca buku Cinderella, lalu kamu tidak suka, kamu harus menulis tidak suka. Tapi harus dijelaskan juga mengapa kamu tidak suka buku itu. Apakah karena terlalu sedih atau karena banyak kalimat yang tidak kamu mengerti. Begitu juga ketika kamu membaca buku yang kamu anggap bagus, kamu harus kasih alasan komentarmu.

Kamu bisa juga membuat kisah buatanmu yang mirip dari buku cerita yang baru dibaca. Misalnya saja, bagaimana kalau sepatu Cinderella tidak dibuat dari kaca, melainkan kulit ular. Atau bagaimana kalau Harry Potter datang ke rumahmu. Dengan merancang sendiri cerita yang berbeda, kamu sudah berlatih memainkan imajinasimu.

Rajin Berlatih

Seperti halnya penari, penyanyi ataupun atlet, mereka bisa sukses kalau rajin beraltih dan disiplin. Begitu juga kalau kamu mau jadi penulis terkenal. Kamu harus rajin berlatih menulis.
Tulislah semua hal yang ingin kamu tulis. Misalnya kamu habis berperahu di sungai Musi lalu menemukan pengalaman lucu atau menyedihkan, atau kamu ingin menulis cerita tentang temanmu yang tidak mampu membayar uang sekolah. Tulislah apa yang ada di pikiranmu, juga yang kamu rasakan.

Simpan baik-baik karyamu. Jika sudah waktunya, kamu bisa tunjukkan karyamu itu kepada Mama, Papa, Kaka atau teman-temanmu. Mintalah komentar mereka. Oh iya, jangan marah kalau mereka mengatakan karyamu tidak bagus. Itu artinya kamu harus semakin giat berlatih.

Cobalah membandingkan tulisanmu dengan karya tulis penulis lainnya. Karena sebelumnya kamu sudah biasa mengamati buku bacaanmu, kamu akan dengan mudah mencari kelamahan tulisnmu. Mungkin idenya terlalu biasa, mungkin kalimatnya terlalu sulit dimengerti, atau mungkin tokoh-tokohnya kurang menarik. Nah, kamu tinggal menyempurnakannya.


Kirimkan

Jika teman-temanmu sudah banyak yang menyukai karyamu, itu artinya hasil tulisanmu sudah bagus. Nah, langkah berikutnya kamu tinggal mengirimkan karyamu itu ke Koran atau majalah. Minta bantuan orangtua dan guru untuk mencari tahu caranya.

Memang, tidak mudah agar tulisan kita bisa dimuat di majalah dan Koran. Apalagi majalah dan Koran terkenal, sebab pengirimnya banyak. Tapi kalau memang tulisanmu bagus, pasti redaksi Koran atau majalah itu akan memuat karyamu. Oh iya, sambil menunggu karya tulismu dimuat, terus kirim karyamu yang lain. Jangan menunggu pemuatan satu tulisan saja.

Kamu juga bisa memuatnya di majalah dinding sekolah. Jangan berkecil hati kalau hanya dimuat di majalah dinding, karena banyak penulis terkenal yang memulai dengan menjadi penulis majalah dinding sekolah. Setidaknya, rasa percaya dirimua akan tumbuh perlahan untuk terus menerus.

Selain mengirim ke Koran atau majalah, kamu juga bisa mengikuti lomba penulisan. Minta guru dan orangtua untuk memberitahumu jika ada lomba penulisan untuk anak-anak. Minta juga bimbingan orangtua dan guru untuk mengikuti lomba, sebab dalam lomba penulisan biasanya ada tema-tema tertentu yang harus kamu tulis.

Kecil-Kecil Punya Karya

Salah satu seri yang saat ini tengah digemari adalah buku Kecil-Kecil Punya Karya. Buku ini ditulis oleh anak-anak usia 12 tahun ke bawah. Kalian bisa mengirim karya tulis kalian untuk seri ini. Pokoknya selain ceritanya harus baguis, juga harus asli karya kalian sendiri.

Oh iya, bahkan para penulis Kecil-Kecil Punya Karya ini setahun sekali melakukan konferensi lho. Tentu acaranya sangat asyik.

Nah, ayo kita mulai berlatih menulis dari sekarang!

(ben)

No comments: