Saturday, October 16, 2010

CERNAK, 17 Oktober 2010


PENCURI PAPAN 'DIJUAL'

Nina sedang makan pizza dingin untuk makan siang di rumah Max Juli. Udara sangat panas.

Bu Decker, ibu Max, datang. "Menyebalkan," katanya. "Ingat rumah tua di Norton Drive? Ibu sudah mengiklankannya dan memasang papan DIJUAL di halamannya. Tadi ibu lewat sana, dan papan itu hilang. Ini adalah yang ketiga kalinya dalam satu bulan."


"Mengapa ada orang yang mencuri
papan DIJUAL itu?" Nina bertanya. “Untuk apa sih papan itu?"


"Siapa yang tahu?"
Bu Decker menuang segelas limun. "Mungkin ada anak-anak yang mencurinya untuk membangun sesuatu."


Max menyikut Nina. "Mau
ke sana?"


"Tidak
ada petunjuk apapun," kata Bu Decker. "Hanya ada dua rumah di jalan itu. Seorang wanita tua, Bu Stearns, tinggal di rumah sebelah kosong."


"Mungkin dia melihat sesuatu," kata Nina. "Mari kita tanya."

Setengah jam kemudian Nina dan Maz bersepeda menuju Norton Drive. Sebuah truk pick-up diparkir di depan rumah kosong. Seorang pria berdiri di trotoar.

"Kalian tahu tentang tempat ini?" ia bertanya. "Saya dari luar kota, dan keponakan saya telah memeriksa rumah ini bulan lalu. Tapi saya tidak tahu apakah ini adalah rumah yang ia maksud. Tidak ada tanda-tanda. "


"Rumah ini dijual," kata Max. "Ibu saya adalah agen real estate."

"Bagus! Ceritakan nama dan perusahaannya? Saya ingin bertanya tentang properti ini. Paulus memberitahu saya bahwa rumah-rumah di bagian kota ini terjual cepat."

Begitu Max selesai memberinya informasi, pria itu pergi. Nina menatap truk itu. "Paulus mungkin telah mengambil papannya. Mungkin dia tidak ingin orang melihat rumah itu dijual sampai pamannya punya kesempatan untuk melihatnya. Kita bisa meletakkan sesuatu di belakang sebuah truk."


Max mengangguk. "Mari kita tany
a Bu Stearns jika ia melihat sesuatu pagi ini."

Bu Stearns membuka pintu setelah keduanya mengetuk pintu. Rambutnya sudah memutih, tapi masih berdiri tegak. "Oh, saya pikir saya tahu siapa yang mungkin telah mengambil papan itu," katanya. "Freddie Swanson. Dia tinggal satu blok dari sini. Keliahatnnya dia sedang membangun sesuatu di halaman rumahnya."

Bu Stearns membuka pintu sambil berbicara, sehingga Nina bisa mengintip ke dalam. Dia menyukai ruang tamu yang nyaman. Sofa dan kursi antik beludru. Sebuah lukisan besar menggantung di atas perapian penuh ukiran. Dan perapian yang masih menyala.


"Aku tahu Freddie," kata Max. "Dan aku tahu di mana dia tinggal
. Ayo kita melihatnya.."

Freddie sedang menempatkan mesin pemotong rumput di garasi ketika mereka sampai di rumahnya. Dia mengusap alisnya, saat ia berbicara dengan mereka. "Mengapa saya harus mengambil papan itu?" ia bertanya.

Nina menatap ke garasi. Lalu ia melihat rumah pohon kasar dibangun di halaman.


Nina dan Max berbicara saat mereka kembali ke rumah. Bu Decker sedang mencuci piring ketika mereka masuk.

"Kami tahu siapa yang mengambil papan tanda dijual itu," kata Nina.

Hm, menurut kalian siapa ya?

Bu Stearns adalah pelakunya.
Papan yang digunakan untuk rumah pohon Freddie terlalu tua. Sedangkan papan yang dipakai tanda DIJUAL selalu baru. Bu Stearns menyalakan perapian di hari yang panas sangat mencurgakan. Dia tidak ingin tetangga dekat, jadi dia sengaja mengambil papan dan membakarnya di perapian. Dia ingin tidak seorang pun tahu rumah itu dijual.

(benny rhamdani)

No comments: