Friday, December 17, 2010

HORE, 19 September 2010


Liburan di Musim Hujan



Bulan Desember selalu penuh hujan. Wuah, padahal liburan telah tiba. Hmm, apakah karena hujan kita tidak jadi berlibur ya? Hujan boleh jadi mengganggu kenyamanan waktu liburan bersama keluarga kita. Tapi, jika keluarga kita sudah mempersiapkan diri, musim hujan bukan jadi halangan untuk melewatkan liburan. Apa saja yang mesti diperhatikan saat liburan di musim hujan?


Kenali Lokasi


Yuk, ikut bersama orangtua mengenali lokasi yang akan dituju. Bisa saja daerahnya sudah pernah kita kujungi. Kalau begitu lebih mudah mengenalinya. Tapi kalau baru, ya kita bisa buka-buka internet. Carilah informasi sebanyak mungkin tentang kebiasaan cuaca di sana.


Kondisi di musim hujan di daerah tujuan bisa jadi berbeda satu sama lain. Ada wilayah tertentu yang curahnya hujan tinggi, sementara daerah lain tidak. Di wilayah pegunungan biasanya curah hujan tinggi. Bukan tidak mungkin air dari langit mengguyur tiada henti.


Rencana Kegiatan


Nah, selain membuat rencana kegiatan utama liburan, kita buat juga cadangannya. Buat list aktivitas yang nyaman buat kita. Bagi sebagian orang liburan di dalam ruangan lebih menyenangkan karena tidak terkena hujan. Sementara, bagi sebagian lainnya aktivitas di luar ruangan sambil diguyur hujan justru dirasa lebih seru.


Jenis kegiatan di dalam ruangan susun sebanyaknya, semisal dari nonton DVD bareng, baca buku, main game, atau apa saja. Tentu saja kita juga bisa menyusun kegiatan di luar tapi tidak jauh dari rumah, biar kalau mendadak hujan kita tidak kehujanan.


Tetap Jaga Kesehatan


Paling menyebalkan kalau kita justru sakit saat liburan. Wuah, apalagi kalau keterusan sampai saat masuk. Di musim hujan bakteri, virus, kuman, dan jamur tumbuh subur. Penyakit mudah menyerang, terutama mereka yang kondisi fisiknya lemah.


Stamina yang bagus tentu membuat tubuh lebih kuat menghadapi serangan penyakit. Baik juga kalau kita sekeluarga melakukan vaksinasi virus tertentu seperti malaria, demam berdarah, atau flu. Lazimnya vaksinasi dilakukan 1 minggu atau 3 hari sebelum berangkat liburan.


Jangan lupa minta ibu membawa obat. Obat-obatan ringan akan sangat membantu dalam kondisi-kondisi tertentu. Lazimnya obat-obatan wajib yang biasa dibawa adalah obat sakit kepala, flu, dan diare. Selain itu, lengkapi kotak obat dengan pelengkapan pertolongan pertama pada kecelakaan seperti obat antiseptik, alkohol, kapas, balsam, minyak gosok, dan lain-lain.


Jangan sepelekan pakaian. Bawalah beberapa baju hangat, sweater, atau jaket. Pastikan pula payung atau jas hujan sudah masuk dalam tas. Tak kalah penting juga pelindung tas (rain cover). Jangan sampai barang-barang penting di dalam tas basah dan rusak. O,iya, jangan lupa kaos kaki. Barang kecil yang satu ini sangat membantu menghangatkan badan di wilayah dingin.


Segera Mandi


Jika kita sedang berada di luar ruangan, dan hujan turun, sebaiknya segera berteduh. Tapi jika kita kehujanan, jangan lupa segera mandi. Mandilah sehabis hujan-hujanan meski suhu udara dingin. Bilaslah tubuh dari kepala hingga ujung kaki. Mandi akan menyegarkan tubuh kita. Jika tidak tahan dengan air dingin gunakanlah air hangat.


Tentu saja setelah itu jangan lupa menghangatkan tubuh. Bisa dengan susu hangat atau minuman lain yang kalian suka. Isi juga perut dengan makanan sehat agar tidak kembung atau masuk angin.


Ayo! Jangan takut liburan meskipun musim hujan!



(ben)

No comments: