Friday, December 24, 2010

HORE, 26 Desember 2010



Manusia Salju


Salju adalah air yang jatuh dari awan yang telah membeku menjadi padat dan seperti hujan. Salju terdiri atas partikel uap air yang kemudian mendingin di udara atas jatuh ke bumi sebagai kepingan empuk, putih, dan seperti kristal lembut kepingan salju, pakis seperti kristal es, kelompok dari kesemuanya.


Pada suhu tertentu (disebut titik beku, 0° Celsius), salju biasa meleleh dan hilang. Proses saat salju berubah secara langsung ke dalam uap air tanpa mencair terlebih dulu disebut menyublim. Proses lawannya disebut pengendapan.

Saat salju membeku, sering kali menjadi pecahan kecil yang disebut "kepingan salju". Salju merupakan prasyarat buat kegiatan olah raga musim dingin seperti ski dan kereta luncur.


Di dunia, salju biasa terjadi pada negeri beriklim subtropis dan sedang. Namun, ada juga daerah tropis yang bersalju, yakni di Pegunungan Jayawijaya dan Barisan Sudirman di Papua, Indonesia.


Manusia Salju


Manusia salju atau snowman adalah sebuah patung berbentuk mirip manusia yang dibuat dari salju. Manusia salju dibuat oleh anak-anak dibantu keluarganya di perayaan musim dingin.




Salju menjadi cocok untuk dibentuk ketika mendekati titik lebur. Hal ini memungkinkan untuk membentuk sebuah bola salju yang besar hanya dengan menggulungnya, sampai menjadi ukuran yang diinginkan. Jika bola salju mencapai bagian bawah rumput mungkin akan mencabut beberapa rumput, kerikil, dll. Membuat manusia salju sulit karena menempel. Jadi waktu terbaik untuk membangun manusia salju biasanya pada sore hari terpanas berikutnya setelah hujan salju dengan jumlah yang cukup.


Di Eropa dan Amerika Utara, manusia salju dibangun dengan tiga bola menggambarkan batang tubuh, kepala, dan tubuh bagian bawah.


Selain membentuk tubuh, biasanya juga dibuat tambahan manusia salju. Tambahan bisa dengan batu, batubara, tongkat, dan sayuran. Wortel atau buah yang sering digunakan untuk hidung, tongkat untuk senjata dan batu untuk mata. Beberapa anak lebih suka memberi manusia salju pakaian (syal, jaket, topi). Tapi anak-anak lain memilih untuk tidak meninggalkan risiko dicuri atau rusak karena salju yang mencair.


Manusia salju biasanya dibangun dengan dua bola di Asia Timur. Di Jepang, mereka menyebut manusia salju dengan Yuki Daruma.




Sejarah gagal untuk mendokumentasikan manusia salju pertama. Cerita bermunculan pada April 2004 yang mengklaim bahwa manusia salju pertama dibangun pada tahun 1809 oleh Vernon N. Paulus dan anak perempuannya yang berumur sembilan tahun bernama Yetty. Namun, Bob Eckstein, penulis sejarah manusia salju mendokumentasikan dari abad pertengahan, dengan meneliti penggambaran artistik di museum Eropa, galeri seni, dan perpustakaan. Dokumentasi paling awal yang dia temukan adalah ilustrasi dari sebuah karya berjudul Kitab Jam dari 1380, ditemukan di Den Haag.


Rekor untuk manusia salju terbesar di dunia didirikan pada 2008 di Bethel, Maine Amerika Serikat. Salju-wanita berdiri setinggi 37,21 meter, dan diberi nama untuk menghormati Olympia Snowe, Senator AS yang mewakili Maine.




Rekor sebelumnya juga dibangun di Bethel, Maine, pada bulan Februari 1999. Manusia salju yang bernama "Angus, Raja Gunung" untuk menghormati gubernur saat itu, Angus King. Manusia salju itu berdiri setinggi 34,62 meter dan beratnya lebih dari 4.080 ton.


Tanpa Salju


Di Negara seperti Indonesia yang tidak turun salju, biasanya hiasan manusia salju dibuat dari bludru dan lainnya. Ada juga yang membuatnya dari patung es. Biasanya kita bisa melihat hiasan boneka salju di mal-mal menjelang perayaan natal.

(ben)


1 comment:

ade anita said...

anak bungsuku dapat tugas bikin kliping gambar-gambar yang menggambarkan 4 musim di dunia; dan ketika mencari gambar musim salju dia menunjuk pada gambar manusia salju dan ketika aku klik.. ternyata ini blogmu. :)
Apa kabar pak?