Friday, August 30, 2013

Cernak, 1 September 2013


 

Ayah Jodi Tukang Sampah


Hari ini Bu Mira  ingin agar  murid-muridnya bercerita tentang cita-cita . Bu Mira meminta Billy menjadi  pertama.

     "Ayahku bekerja di bank," kata Billy."Kurasa aku ingin bekerja di bank juga. Ada banyak uang di bank."

     " Orang tua saya memiliki toko kelontong," kata Emmy. "Papa
yang melayani pembeli dan Mama  jadi kasir. Tapi aku ingin menjadi seorang pilot maskapai penerbangan . "

     
Kemudian tiba giliran Jodi.

     S
iti tiba-tiba berteriak,"Ayah Jodi tukang sampah!"

     Semua
murid di kelas tertawa terbahak-bahak. Kecuali Jodi. Dia merasa wajahnya berubah merah terang . Dia memandang  seluruh isi kelas. Beberapa anak bahkan memegang hidung mereka .

        "Diam
, anak-anak. Tidak ada gunanya meledek teman sendiri," kata Bu Mira yang membuat tawa itu berhenti. "Kalian harus tahu, menjadi petugas kebersihan adalah mulia. Apa jadinya jika lingkungan kita penuh sampah? Sampah adalah masalah yang serius . Kalian harus meminta kepada Jodi . Dan setelah itu , kalian semua Ibu tugaskan menulis surat kepada  ayah Jodi, bahwa kalian menghargai pekerjaan ayah Jodi menjaga kota kita agar bersih."

     Seisi kelas kemudian berkata," Maaf, Jodi. " Tapi Jodi merasa mereka tidak bersungguh-sungguh . Dia juga tahu tak seorang pun ingin menulis surat kepada ayahnya.

     Bu Mira mengajak Jodi mengikutinya ke taman sekolah. Jodi pun mulai terisak. Dia tidak ingin menangis di depan semua orang , tapi ia tidak bisa menahannya. Bu Miraberlutut dan memberi saputangannya . "Maafkan Ibu, Jodi," katanya ."Apapun pekerjaan orangtua kita, selama tidak meruhikan orang lain adalah sesuatu yang harus dibanggakan . Tidak ada yang salah dengan menjadi petugas kebersihan.

ooOOoo

     Ayah
melihat ada yang aneh selama melihat Jodi di rumah. Ayah  pun masuk ke kamar Jodi. "Apa yang terjadi, Jodi? Mengapa kau begitu sedih ?"

     Jodi tidak ingin menceritakan
yang dialaminya tadi  pagi. Dia malu dan tidak ingin menyakiti perasaan ayahnya . Ayahnya duduk di tempat tidur , meletakkan tangan di bahu Jodi . "Tidak apa-apa , Sayang. Kalau kamu ingin merahasiakannya, tidak harus memberitahu Ayah. Apakah ini rahasia?"

     " Ini bukan rahasia. Anak-anak lain menertawakanku karen
a ayah tukang sampah. Mereka mengatakan pekerjaan ayah  kotor dan bau tidak enak. Mereka bilang aku juga bau."

     Jodi  menatap ayahnya . Dia tidak tampak marah, sakit hati atau sedih .

   "Teman-temanmu tidak tahu betapa menyenangkan menjadi seorang tukang sampah. Begini saja, besok ikut ayah bekerja ya. Besok Sabtu kamu kan libur.”

     
Keesokan paginya Jodi ikut ayahnya berangkat kerja pagi-pagi sekali.  Mereka menuju ke pool  truk sampah. Aromanya membuat Jodi  mengerutkan hidungnya .

     "Jangan khawatir , Nak.
Kamu akan terbiasa untuk itu . Dalam waktu lima menit kamu tidak akan mencium sesuatu . Hidungmu cukup pintar untuk tahu kapan  mematikan dirinya sendiri," kata ayah Jodi.

     
Semua pekerja di sana menyapa Jodi ramah. Ayah meminta Jodi menceritakan kejadian yang dialami di sekolah. Semuanya tersenyum, lalu berbisik-bisik.

     “Berikan semua alamat teman-teman sekelasmu kepada kami,” kata eberapa teman Ayah.

    Jodi pun menuliskannya di secarik kertas. Semua petugas kemudian membaca dan mengingatnya. Kemudian Jodi mengikuti ayah naik truk sampah bekeliling ke sudut-sudut kota. Ayah bekerja dengan saung tangan dan sepatu bot. Dia tampak gagah ketika mengangkut sampah-sampah di setiap blok perumahan ke dalam truk.

    Hari itu Jodi benar-benar mendapat pengalaman yang menyenangkan. Namun tanpa sepengetahuan Jodi, beberapa teman Ayah melakukan aksi boikot. Mereka tidak mengangkat sampah dari rumah-rumah teman Jodi. Itu dilakukan selama tiga hari. Jadinya rumah mereka dipenuhi sampah dan bau.

   Para orangtua pun melapor ke dewan kota, lalu dewan kota bertanya kepada pengelola sampah kota. Ayah Jodi yang menjelaskan. Akhirnya dewan kota malah menyalhkan orangtua yang tidak mau mengajarkan anaknya untuk menghargai pekerjaan tukang sampah.

  Para orangtua pun dating ke rumah Jodi bersama anak-anak mereka. Mereka meminta maaf kepada Jodi dan ayah Jodi. Tentu saja Jodi dan ayahnya memaafkan.

  Sejak itu tak ada lagi yang menghina pekerjaan ayah Jodi sebagai tukang sampah, eh … petugas kebersihan.

OOooOO

No comments: