Friday, August 02, 2013

Hore, 4 Agustus 2013





Adakah yang akan mudik? Wow, tentunya akan menambah pengalaman baru. Walaupun mudik
biasa dilakukan setiap tahun, tapi setiap perjalanan akan menemukan pengalam yang berbeda. Nah, biar tetap asyik mudiknya, ada beberapa hal yang harus kita siapkan. Biar perjalanan mudik kita tidak terganggu.

Kebutuhan Utama

Cobalah untuk membantu Ibu membuat daftar kebutuhan yang kita perlukan, antara lain : pakaian, makanan dan minuman, obat-obatan, peralatan makan, minum, mandi, bantal, bedak, tempat air panas, tisu basah dan kering,  ataupun alas tidur. Semua kebutuhan dalam perjalanan sebaiknya ditaruh dalam tas tersendiri agar mudah untuk dijangkau.


Jangan lupa untuk memeriksa ulang daftarnya. Siapa tahu ada yang terlewat. Tanyakan juga kepada Ayah. Siapa tahu ada yang kita dan Ibu lupakan.




Makanan Kecil
Nah ini yang tak kalah penting. 
Sediakan makanan kecil yang kita suka untuk di perjalanan. Tapi harus diingat, jangan makanan yang tidak membuat kita mabuk di jalan. Buah-buahan adalah salah satu makanan sehat yang bisa kita bawa untuk perjalanan. Oh iya, sediakan juga minuman, atau sebaiknya sih air putih secukupnya.

Fungsi makanan ini agar kita tidak bosan. Juga untuk mengganjal saat perut lapar, sementara jalanan lagi macet, sehingga susah untuk mencapai rumah makan.



Kantong Muntah

Kamu suka mabuk di jalan? Jika demikian, sediakan kantong muntah jika sewaktu-waktu kita mengalami mabuk selama perjalanan. Usahakan berhenti setiap 2 jam sekali agar kita  mendapatkan oksigen dari udara segar di luar mobil.

Kalau kamu tidak suka mabuk juga tetap harus disediakan. Siapa tahu tiba-tiba kondisi badan kita berubah. Tiba-tiba masuk angin, misalnya. Kantng muntah juga bisa dipakai orang dewasa. Iya, masih anyak orang dewasa yang suka mabuk di perjalanan.

Ungkapkan
Ungkapkan hala-hal yang membuatmu tidak nyaman kepada Ayah dan Ibu.
Misalnya, ingin buang air, lapar/haus, ada yang dirasa sakit.  Dengan demikian Ayah dan Ibu melakukan tindakan, misalnya beristirahat dulu atau minum obat. Jika kita pergi dengan adik bayi, jangan lupa untuk memeriksa popok si kecil yang belum bisa bicara.


Teman Perjalanan

Biar tak bosan di perjalanan, sediakan mainan, beberapa cerita dongeng dan CD yang biasa kita nyanyikan.  Bertanya atau minta agar Ibu menceritakan tentang daerah-daerah yang dilewati, misalnya makanan khasnya, adat istiadat, atau mungkin sejarahnya.

Nah, itu yang bisa kita lakukan di perjlanan mudik. Oh, iya jangan lupa berdoa saat akan berangkat. Di perjalanan berdoa juga tidak apa-apa. Semoga perjalanan mudik kalian lancar ya!

No comments: