Friday, October 18, 2013

Hore 20 Oktober 2013



Pilihlah Jajanan Sehat

Apakah di sekolahmu ada kantin tempat jajan? Atau malah tukang jualan di depan sekolahmu? Eh, sebaiknya kita tahu lho tentang cara memilih jajanan sehat . Caranya, kita jarus  kenalan  dengan  beberapa jenis zat berbahaya yang biasa digunakan pada jajanan di sekitar kawasan sekolah.

Nah ini ada beberapa cara yang bisa kita lakukan:

- Perhatikan bentuk makanan. Kita sebaiknya  menghindari jajanan berwarna 'ngejreng' atau menyolok mata. Bahan pewarna yang digunakan bisa jadi bukan pewarna makanan tetapi bahan pewarna tekstil. Biasanya banyak digunakan untuk jajanan seperti kerupuk dan saos sambal.

Ini beberapa contoh akibat makanan yang menggunakan zat pewarna berbahaya:
1. Jika terhirup dapat menimbulkan iritasi pd saluran pernapasan.
2. Jika terkena kulit dapat menimbulkan irirtasi pada kulit.
3. Jika terkena mata akan dapat menimbulkan iritasi pd mata,dan jika tertelan dapat menimbulkan keracunan, air seni berwarna merah/merah muda.



- Perhatikan label atau kotak kemasan. Jajanan kita dikatakan aman, jika pada labelnya tercantum nama produk, jenis bahan, berat bersih, nama dan alamat produsen atau importir, masa kadaluarsa, dan nomor pendaftaran (MD, ML,ST atau P IRT).





- Agar tidak  jajan di sekolah, lebih baik bawakan bekal dari rumah. Mintalah Mama kalau tidak repot untuk menyiapkan jajanan  buatan rumah untuk di bawa ke sekolah. Makanan buatan rumah bisa bervariasi dari ke hari.

- Pandai-pandai pilih makanan yang bersih. Lihat situasi sekitar, apakah banyak serangga yang hinggap dimakanan. Jika berada di tempat kotor otomatis akan banyak serangga yang datang dan menempel di makanan. Ini juga berbahaya buat kesehatan, sebab seperti halnya lalat yang hinggap seringkali membawa mikroba jahat penyebab penyakit.





No comments: