Friday, October 25, 2013

HORE, 27 Oktober 2013



Manfaat Buah Apel





Kalian suka makan apel? Itu bagus. Ternyata, apel banyak manfaatnya lho. Berbagai penelitian manfaat buah apel dirangkum dalam tulisan ini. Secara garis besar, apel merah dan hijau mengandung  antioksidan,  senyawa melawan penyakit.
Berikut adalah 10 manfaat dari apel:
Gigi Lebih Putih dan Sehat
Sebuah apel tidak akan menggantikan sikat gigi Anda, namun menggigit dan mengunyah apel merangsang produksi air liur dalam mulut Anda, mengurangi kerusakan gigi dengan menurunkan tingkat bakteri.

Cegah Bermacam Kanker
Para ilmuwan dari American Association for Cancer Research,  setuju bahwa konsumsi apel yang  kaya flavonol dapat membantu mengurangi resiko terkena kanker pankreas hingga 23 persen. Para peneliti di Cornell University telah mengidentifikasi beberapa senyawa triterpenoid-in-apple peel yang memiliki aktivitas anti-pertumbuhan ampuh melawan sel kanker di hati, usus besar dan payudara. Penelitian sebelumnya mereka menemukan bahwa ekstrak dari apel utuh dapat mengurangi jumlah dan ukuran tumor mammae pada tikus. Sementara itu, National Cancer Institute di AS telah merekomendasikan asupan serat tinggi untuk mengurangi risiko kanker kolorektal.

Jantung  Lebih Sehat
Sebuah lembaga penelitian telah mengaitkan asupan serat larut tinggi dengan penumpukan lambat plak kaya kolesterol di arteri Anda. Senyawa fenolik yang ditemukan di kulit apel juga mencegah kolesterol yang masuk dan  memperkuat di dinding arteri Anda. Ketika plak membangun di dalam arteri, mengurangi aliran darah ke jantung Anda, yang menyebabkan penyakit arteri koroner.

Mencegah Batu Empedu
Batu empedu terbentuk ketika terlalu banyak kolesterol dalam empedu Andasehingga mengeras.  Hal ini sangat lazim pada penyandang  obesitas. Untuk mencegah batu empedu, dokter menyarankan diet tinggi serat untuk membantu Anda mengendalikan berat badan dan kadar kolesterol.
Usir Diare dan Sembelit
Apakah Anda tidak bisa pergi  atau tidak bisa berhenti ke toilet?  Serat yang ditemukan dalam apel dapat membantu keduanya. Serat dapat menarik air keluar dari usus Anda atau menyerap kelebihan air dari kotoran Anda.

Mencegah Wasir
Wasir adalah urat bengkak di saluran pembuangan anal sehingga terjadi pembengkakan pembuluh darah yang  sangat menyakitkan. Hal ini  disebabkan oleh terlalu banyak tekanan di daerah panggul dan dubur. Serat dapat mencegah Anda dari mengejan terlalu banyak ketika pergi ke kamar mandi dan dengan demikian membantu meringankan wasir.
Mengendalikan Berat Badan
Banyak masalah kesehatan yang berhubungan dengan kelebihan berat badan, di antaranya penyakit jantung, stroke, tekanan darah tinggi, diabetes tipe 2. Untuk mengelola berat badan dan meningkatkan kesehatan Anda secara keseluruhan, dokter menyarankan diet kaya serat.
Mendetoksifikasi Hati
Kita  terus-menerus mengkonsumsi racun, apakah itu dari minuman atau makanan, dan hati Anda bertanggung jawab untuk membersihkan racun ini dari tubuh Anda. Untungnya, salah satu yang terbaik-dan termudah-hal yang dapat Anda makan untuk membantu mendetoksifikasi hati Anda  adalah makan buah seperti apel.
Meningkatkan Sistem Kekebalan
Apel merah  mengandung antioksidan yang disebut quercetin. Studi terbaru menemukan bahwa kuersetin dapat membantu meningkatkan dan memperkuat sistem kekebalan tubuh Anda, terutama ketika Anda sedang stres.
Mencegah Katarak
Studi jangka panjang baru-baru ini menunjukkan bahwa orang yang memiliki diet kaya buah-buahan yang mengandung antioksidan seperti apel, memiliki risiko lebih kecil 10 sampai 15 persen  kemungkinan terserang katarak ketimbang yang tak pernah makan apel.

No comments: