Friday, March 07, 2014

Hore, 9 Maret 2014





Cara Cepat Memahami,Mengingat Dan Menghafal Pelajaran



Nah, menghadapi masa-masa ujian tengah semester ini, bagaimana cara belajar kalian? Ii ada beberapa tips yang bisa kamu tiru lho.






Membaca 
Membaca adalah kunci belajar agar kita mengerti. Bacalah materi baru 2 kali dalam satu hari, yakni sebelum saat serta setelah materi itu diterangkan. Otak yang telah memproses materi itu sejumlah 3 kali akan tersimpan cukup lama di otak.

Mengertinya 
Belajar yang benar itu bukan hanya sebatas menghapal, namun mesti mengertinya. Kamu bisa saja menghafal 100% semua detil pelajaran, namun yang lebih utama yaitu apakah mengerti  semua materi yang dihafal itu? Supaya yang dipelajari itu tak cepat dilupakan, alangkah baiknya untuk mengerti dahulu garis besar materi pelajaran sebelum saat anda menghafal.

Mencatat
 Kamu mesti mengambil intisari atau rangkuman dari tiap-tiap pelajaran yang telah dibaca. Kalimat kunci tersebut yang kelak bermanfaat waktu ujian kelak lantaran kita telah mengingatnya. Dengan mencatat beberapa hal utama itu, beberapa besar bakal kita ingat.

Menghafalkan kalimat kunci 
Kadang-kadang, kita diharuskan menghafal materi yang demikian banyak. Tetapi ada cara untuk menyiasatinya yakni denga bikin keyword. Buat kalimat kunci dari tiap-tiap hafalan supaya gampang diingat pada waktu otak anda memanggilnya. Umpamanya, keyword untuk nama warna pelangi yaitu ‘Mejikuhibiniu’, yang berarti merah, jingga, kuning, hijau, biru, nila, serta ungu.

Tentukan saat belajar yang tepat 
Belajar yang paling enak yaitu pada waktu tubuh  fresh. Saat belajar yang dikerjakan tiap-tiap orang itu berlainan. Namun umumnya, pagi hari adalah saat yang pas untuk berkonsentrasi penuh. Kita dapat memakai saat ini untuk memproses materi-materi baru. Sisa-sisa daya dapat dipakai untuk mengulang pelajaran serta kerjakan pekerjaan rumah.

Bangun situasi belajar yang nyaman 
Beberapa hal yang dapat bikin situasi belajar kita nyaman, Satu diantara cara yang dapat kita kerjakan yakni menentukan area yangsunyi supaya dapat berkonsentrasi. Tetapi ada juga orang yang belajar sembari dengarkan musik kesukaannya. Beragam cara itu dapat kita kerjakan seandainya dapat bikin nyaman serta terus berkonsentrasi.

Membuat grup belajar 
Bila jemu belajar sendiri, maka kita dapat membuat grup belajar. Buat grup belajar yang beranggotakan 5 orang. Lalu, tiap-tiap orang dengan cara bergilir menerangkan materi yang dikuasainya pada semua anggota yang lain. Situasi belajar seperti ini pastinya bakal jadi nyaman serta seru.

Beristirahat 
Belajar boleh-boleh saja namun jangan sempat lupa juga sediakan saat untuk beristirahat. Sesudah 30-45 menit belajar di rumah, kita mesti selekasnya beristirahat untuk melemaskan tubuh serta pikiran. Janganlah memaksakan belajar bila pikiran tengah jemu lantaran cuma menghabiskan waktu saja.

Selamat belajar ya.

No comments: