Friday, May 09, 2014

Hore, 11 May 2014

Mengenal Sejarah Tas Ransel



Ransel adalah sebuah wadah atau tempat yang dipakai di punggung seseorang dan dilindungi oleh dua tali yang memanjang vertikal melewati bahu, tetapi ada juga pengecualian, contohnya tas ransel yang dibuat untuk benda-benda ringan biasanya hanya membutuhkan satu tali. Tas ransel digunakan si pemakai untuk memudahkannya dalam membawa bawaan yang dimau sesuai kebutuhan. Teknologi yang dipakai pun diformulasikan khusus sesuai kebutuhan si pemakai.

Tas ransel biasanya lebih dipilih daripada tas tangan untuk mengangkat benda berat, karena terbatasnya berat untuk mengangkat benda berat untuk waktu yang lama. Bayangkan jika memakai tas tangan yang mengandalkan kemampuan tangan untuk menahan beban, pasti tidak akan sanggup dan akan terjadi timpang. Tas ransel yang besar dapat mengangkat beban berat hingga 10 kg, biasanya mengandalkan berat yang sebagian besar dari badan mereka, memakai kekuatan pinggul dan meninggalkan kekuatan bahu untuk menstabilkan muatan, dikarenakan pinggul lebih kuat dari bahu, dan menambah keseimbangan.

Pada zaman dahulu, tas ransel ditujukan untuk membawa tangkapan dari pemburu-pemburu untuk memudahkan perjalanan. Jika buruan yang mereka tangkap semakin besar, pemburu akan membaginya, membungkusnya, lalu membawanya. Tasnya sendiri terbuat dari berbagai kulit binatang dan dijahit agar membuat satu wadah yang solid.

Di banyak negara, tas ransel ditujukankan kepada siswa sekolah , dan merupakan cara utama transportasi bahan pendidikan ke dan dari sekolah. Dalam konteks ini mereka kadang-kadang dikenal sebagai tas sekolah. Pembelian ransel sesuai modis, menarik, dan bermanfaat adalah ritual back-to-school penting bagi banyak siswa.

Tas ransel sekolah pada umumnya kurang memiliki pinggiran kaku daripada ransel untuk kegiatan outdoor, dan hanya mencakup beberapa kantong di samping tempat penyimpanan utama. Sementara tradisional sangat sederhana dalam desain, ransel sekolah sering dibuat dengan tali bahu empuk dan punggung serta sebagai penguat tambahan untuk menahan sejumlah besar buku teks berat, serta fitur keselamatan seperti panel reflektif untuk membuat pemakainya kemasan lebih terlihat di malam hari. Tali pinggang bantalan juga dapat diberikan untuk mendistribusikan berat di seluruh tubuh. 

Beberapa ransel tersebut dirancang khusus untuk wanita tidak lebih besar dari tas khas, dan biasanya berhubungan dengan wanita yang lebih muda.

Tas ransel roda adalah ransel dengan roda di bagian bawah dan memperluas menangani. Karena desain mereka, ransel ini mengurangi ketegangan pada pengguna, meskipun tali bahu dapat digunakan untuk membawa paket untuk jarak pendek ketika dataran tidak cocok untuk roda. Ransel ini yang paling umum digunakan saat bepergian dengan pesawat udara atau kereta api.
Untuk Pemakaian Profesional



Tas ransel adalah bagian standar dari peralatan beban tentara, khususnya infanteri, di sebagian besar negara. Setiap prajurit bisa membawa senjata tambahan, amunisi, ransum, obat-obatan, tenda atau bahan penampungan lainnya, dan pakaian ekstra. Banyak unit polisi taktis, serta pemain dari permainan pertempuran militer gaya seperti paintball dan airsoft, gunakan ransel militer gaya dan anyaman untuk menyimpan peralatan dan amunisi. .

Ransel kadang-kadang digunakan sebagai koper, terutama karena carry-on bag untuk perjalanan pesawat. Ransel merupakan bagian penting dari gigi dari trekker outdoor dan backpacker perkotaan, memungkinkan mobilitas lebih dan kekompakan dari akan tersedia bagi seseorang membawa sebagian besar peralatan dan pakaian dalam koper.

No comments: