Friday, November 14, 2014

Horeee, 16 November 2014

Makanan Sehat di Musim hujan



 Musim hujan mulai  berlangsung.  Cuaca ini rawan bagi tubuh terserang flu atau penyakit musim lainnya. Tubuh kita  perlu asupan beragam vitamin dan zat gizi lain, seperti selenium, seng, probiotik, serat, atau asam amino. Akhir pekan jadi waktu yang cocok bagi  kita  untuk memanjakan diri dengan asupan makanan yang bergizi. Berikut ini daftar makanan yang bisa meningkatkan daya tahan tubuh.

 Yoghurt
Studi Universitas Vienna, Austria, menyebutkan mengkonsumsi 2 ons yoghurt sehari sama efektifnya dengan mengkonsumsi obat kekebalan tubuh. Makanan ini mengandung bakteri sehat yang menjaga usus dan salurannya dari penyakit karena bakteri dan kuman.


Oat atau Barley
Oats dan barley mengandung serat khusus yang disebut beta-glucan yang berfungsi sebagai antioksidan dan antimikroba. Dua zat ini sangat penting untuk melindungi sel dari kerusakan karena molekul tidak stabil atau mikroorganisme.

Bawang Putih
Jenis bumbu ini mengandung bahan aktif allicin yang melawan infeksi dan bakteri. Satu penelitian di Inggris menyimpulkan konsumsi bawang putih membuat kemungkinan terserang flu turun 66 persen dibandingkan tak mengkonsumsinya. Penelitian lain menunjukkan bahwa orang yang makan lebih dari enam siung bawang putih seminggu maka pertumbuhan kanker perutnya juga melambat sepertiga dibanding tak mengkonsumsi.

Ikan
Ikan mengandung selenium. Zat ini membantu sel darah putih memproduksi sitokin, jenis protein yang membersihkan tubuh dari virus flu. Ikan jenis salmon, mackerel, dan herringmengandung lemak omega-3 yang mengurangi peradangan, meningkatkan aliran udara, dan melindungi paru-paru dari flu dan infeksi pernapasan.

 Daging Sapi
Daging sapi adalah sumber seng yang sangat baik. Seng membantu perkembangan sel-sel darah putih. Mereka yang kekurangan seng ringan lebih rentan terhadap infeksi.

Ubi JalarBahan makanan ini kaya vitamin A yang membantu membangun jaringan ikat kulit. Jaringan ini adalah pertahanan pertama dalam memerangi infeksi bakteri dan lainnya. Dengan demikian, kesehatan kulit tetap baik dan terjaga.

Jamur
Jamur meningkatkan produksi dan aktivitas sel darah putih. Jamur shitake, maitake, dan jamu reshi adalah beberapa jamur yang baik untuk sistem kekebalan tubuh.

 Berries
Jenis-jenis berries, seperti blackberry, raspberry, blueberry, dan stroberi mengandunganthocyanin. Zat ini yang memperkuat sistem kekebalan tubuh dan melawan penyakit.

Teh
Dalam sebuah penelitian Harvard, mereka yang minum lima cangkir teh hitam sehari selama dua minggu memiliki sepuluh kali kekuatan dalam melawan virus interferon dalam darah dibandingkan dengan peserta yang minum minuman panas biasa. Teh hitam dan hijau sama-sama mengandung L-theanine, asam amino yang larut dalam air yang membangun protein dan sistem kekebalan tubuh.

 Sup Ayam
Sup ayam, makanan utama ketika sakit, membersihkan hidung tersumbat dan mengurangi lendir seperti obat batuk. Sup ayam juga memiliki agen anti-inflamasi.

No comments: