Friday, June 26, 2015

Hore, 28 Jun 2015

Ramadhan memiliki ciri khasnya tersendiri, termasuk dari makan-makanannya. Saat bulan Ramadhan tiba, banyak makanan yang tadinya tidak terlalu populer jadi mendadak populer di bulan suci ini. Seperti beberapa buah-buahan ini yang paling sering ditemukan kalau di bulan Ramadhan. Padahal, di bulan biasa-biasa saja mereka tidak banyak diburu orang, tapi ketika mulai memasuki bulan suci Ramadhan, mereka jadi buruan banyak orang.

Kolang-Kaling



Cemilan kenyal yang satu ini sangat banyak dicari di bulan puasa. Pasalnya, buah yang berasal dari biji pohon aren ini suka dijadikan bahan utama kolak atau minuman yang berbahan dasar santan dan gula aren. Kolak itu sendiri termasuk minuman yang banyak dijajankan ketika bulan puasa. Kita
bisa melihatnya sendiri di pinggiran jalan banyak penjual kolak ketika bulan puasa.

 Timun Suri



Saat bulan biasa saja, Anda dapat menemukan timun suri dengan mudah. Tapi ketika di bulan Ramadhan, tingkat penjualan timun suri meningkat tajam. Banyak masyarakat memburu buah ini karena dagingnya yang suka dicampurkan dengan sirup atau es buah untuk berbuka puasa.

 Kelapa

Minuman segar sangat diburu masyarakat untuk berbuka puasa, salah satunya air kelapa. Jadi, jangan heran kalau penjualan kelapa di bulan puasa meningkat, karena masyarakat banyak yang membutuhkan buah kelapa untuk dijadikan minuman segar beserta daging kelapanya yang enak juga.

Kurma

Sudah tak diragukan lagi buah yang satu ini selalu meledak di pasaran. Beberapa hari sebelum puasa, buah kurma sudah tampak memenuhi pasar. Bahkan beberapa pedagang memanfaatkan momen ini dengan menyajikan buah kurma dengan merek tertentu agar harganya lebih mahal. Ya, buah kurma seolah menjadi ikon bulan Ramadhan. Bukan Ramadhan namanya kalau tidak ada kurma di rumah.

Blewah

Selain timun suri, buah blewah juga sering dijadikan campuran untuk minuman segar berbuka puasa. Buah blewah juga dipercaya bisa menyembuhkan sariawan yang kerap dialami beberapa orang yang menjalankan ibadah puasa.

No comments: